Ingin Mengecilkan Perut? Patut Coba Senam Zumba

Highlights.

Ingin Mengecilkan Perut? Patut Coba Senam Zumba

Perut buncit memang menggangu penampilan dan membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut, selain mengatur pola makan, Anda juga bisa rutin olahraga. Salah satunya dengan gerakan Zumba. Gerakan ini cukup sederhana dan bisa Anda lakukan setiap hari.

Langkah pertama, melakukan pemanasan

Sebelum memulai olahraga, sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari risiko cedera. Melakukan gerakan pemanasan seperti lari di tempat selama satu menit, kemudian melanjutkan gerakan kaki ke kanan dan ke kiri dengan menyilangkan tangan selama satu menit. Pemanasan ini dapat membiasakan tubuh untuk bergerak lincah, sehingga tubuh bisa lebih lentur saat mengikuti zumba.

Selanjutnya, bisa memulai gerakan salsa

Setelah melakukan pemanasan, Anda bisa melakukan salsa. Ini gerakan inti yang tidak boleh dilupakan. Gerakan salsa pada zumba ini dapat membentuk bahu yang lebih bidang, pinggang menjadi lebih ramping, sekaligus mengencangkan otot tangan.

Caranya sangat mudah, pastikan posisi kedua tangan membentuk sudut siku-siku dan letakkan di samping tubuh. Kemudian, perlahan membuka kaki kanan sambil menggoyangkan pinggul dan menggerakkan seluruh tubuh ke arah kanan juga.

Selanjutnya rapatkan kedua kaki dengan pinggul yang masih bergoyang. Gerakan tersebut bisa dilakukan berulang dengan gerakan ke arah kiri. Selain bergerak kanan-kiri, Anda juga bisa bergerak maju mundur dengan manuver yang serupa.

Kemudian, melanjutkan ke merengue march

Selanjutnya, gerakan merengue march. Merengue ini merupakan gerakan termudah tapi tetap berguna untuk mengencangkan otot tangan dan membentuk pinggang.

Caranya dengan merentangkan kedua tangan, lalu tekuk tangan kanan ke bagian dalam tubuh sambil terus menggoyangkan pinggul. Lalu, gerakan di tempat kaki kanan dan kiri dengan menyesuaikan irama lagu senam yang diputar. Tekuk tangan kiri dan lakukan hal yang sama. Gerakan ini dilakukan secara statis dan bergantian.

Anda bisa melakukan gerakan merengue march yang lebih dinamis. Caranya yaitu dengan menekuk kedua tangan agar posisinya ada di samping dada, kemudian mengoyangkan tangan dan pinggul dengan posisi kaki dibuka satu per satu. Setelah kedua kaki dibuka, goyangkan tangan dan pinggul dengan menutup kembali kaki satu per satu. Ulangi gerakan ini selama beberapa menit. Agar dapat hasil yang maksimal, gabungkan gerakan statis dan dinamis dengan tempo cepat!

Berpindah ke beto shuffle

Gerakan beto shuffle ini memiliki fungsi untuk merampingkan pinggang dan mengencangkan otot lengan.

Mulai dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan rentangkan kedua tangan. Setelah itu, goyangkan pinggulmu dengan manuver kanan-kiri-kanan sebanyak dua kali dan pindah ke kiri-kanan-kiri sebanyak dua kali.

Melakukan gerakan beto shuffle ini dengan menggerakkan kedua tangan agar menyerupai putaran kipas angin. Anda juga bisa ikut menggoyangkan kedua kaki, tetapi disarankan untuk tidak beranjak dari tempat.

Gerakan selanjutnya yaitu kumbia

Gerakan kumbia ini lebih sulit di dalam zumba. Namun berfungsi untuk mengencangkan otot paha, merampingkan pinggang dan lengan, juga mengencangkan otot perutmu.

Pertama, rentangkan kedua tangan dan gerakan kaki kanan dari ke arah kiri depan di mana hanya ujung jari kaki kanan saja yang boleh menempel ke lantai.

Melakukan gerakan ini sambil menggoyangkan pinggul dan menggerakkan tangan sampai terlihat seperti gerakan tari. Pindahkan kaki dengan perlahan, lakukan maju dan mundur, selanjutnya gerakan ini dilakukan pada kaki kiri.

Sesi penutup dengan reggaeton

Penutup sesi senam zumba dengan gerakan reggaeton. Tidak hanya tarian latin, namun musik reggae juga bisa menjadi inspirasi dari gerakan zumba.  Gerakan reggaeton ini berfungsi untuk mengencangkan otot paha dan tangan. Jadi, bisa terlihat lebih ramping.

Gerakan ini bisa dicoba dengan menggerakkan kaki kanan selangkah ke depan lalu kembali pada posisi semula. Lalu, pindahkan ke kaki kiri selangkah ke depan, kemudian kembali ke posisi semula, lalu ditutup dengan kaki kanan bergerak dua langkah ke depan. Lakukan ini secara berulang pada kaki kiri.

Selain gerakan di atas, Anda juga bisa melakukan gerakan menyamping, yaitu dengan jalan ke samping kanan dua kali, lalu jalan ke samping kiri dua kali. Semuanya melakukan gerakan menyikut dengan menggunakan tangan berlawanan arah gerak.

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan pendinginan sambil mengatur napas secara bertahap. Sebenarnya gerakan zumba sangatlah bervariasi. Namun gerakan di atas menjadi gerakan dasar yang biasanya hampir selalu ada dalam kelas Zumba. Diiringi dengan musik dan berbagai tarian dapat menjadikan Zumba, olahraga yang juga menyenangkan.

Namun, untuk hasil yang maksimal Anda bisa mengikuti Anda bisa mengikuti kelas Zumba di FIT HUB dengan instruktur zumba profesional dan berbagai kelas lainnya juga. 

GET FREE TRIAL NOW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.