Olahraga Bikin Awet Muda? Kok Bisa?

Highlights.

Olahraga Bikin Awet Muda? Kok Bisa?

Banyak orang ingin selalu terlihat awet muda meski usianya tidak lagi muda, berbagai perawatan dilakukan walaupun harus mengeluarkan biaya tinggi. Padahal, ada cara yang mudah dan terjangkau yang bisa dilakukan agar terlihat awet muda.

Ya, dengan rutin olahraga. Menurut studi, rutin olahraga selain menjaga kesehatan fisik dan mental, juga dapat memperlambat penuaan dan membuat kulit dan wajah tampak awet muda. Kok bisa? Yuk, lanjut kita bahas.

Kulit Menjadi Awet Muda

Rutin berolahraga memiliki manfaat bagi seluruh organ tubuh, termasuk pada kulit. Supaya semua zat-zat gizi dalam darah tiba ke permukaan kulit dan memberikan pengaruh, maka aliran darah harus lancar mengalir hingga ke ujung permukaan kulit. Salah satu hal yang membuat peredaran darah lancar yaitu dengan berolahraga.

Dilansir dari buku Sehat itu Murah, “Berolahraga dan bergerak badan syarat utama menyehatkan kulit. Perias kulit hanya lapisan semu. Maka menyehatkan kulit dari dalam jauh lebih penting,” ujar dr Handrawan Nadesul.  

Ada banyak jenis olahraga. Salah satu olahraga yang bisa Anda terapkan yaitu yoga. Menurut informasi yang didapatkan dari buku Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada tiga asana atau olah postur yang dapat melawan proses penuaan. Hal itu membuat Anda bisa menjadi awet muda dengan melakukan yoga. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan posenya dengan benar. Salah satu olah posturnya bernama Sirsasana. 

Pose sirsasana ini penting dalam olah postur yoga. Hal tersebut dikarenakan sirsasana mampu menyuplai darah dengan kaya oksigen ke otak. Menurut ahli yoga, otak yang sehat bisa membuat seluruh fungsi tubuh terjaga dan prima. Manfaatnya tidak hanya baik bagi fisik saja, tetapi juga psikis. Menariknya lagi, pose sirsasana ini baik juga untuk wajah. Dengan menerapkan pose ini, bisa membuat otot wajah mengalami sensasi dari gravitasi sehingga tidak akan mudah mengendur. 

Mencegah Masalah Kulit Akibat Stres

Stres sering menjadi pemicu terhadap masalah kulit. Dilansir dari halodoc, stres memicu berbagai respons fisiologis dalam tubuh yang dapat menimbulkan jerawat, eksim, peradangan, dan reaksi alergi pada kulit.

Sedangkan olahraga dapat mencegah atau mengatasi stres. Hal tersebut karena olahraga dapat menurunkan kadar hormon kortisol (hormone stress) dalam tubuh dan memberikan stimulus produksi hormone serotonin & endorfin yang membuat Anda merasa lebih rileks dan bahagia. 

FIT HUB menyediakan berbagai kelas kategori Mind & Body yang dapat membuat Anda lebih bersemangat dan bahagia. Diantaranya seperti kelas Belly Dance, Yoga, Bachata, Mat Pilates, dan lain sebagainya. Hanya dengan satu membership, Anda bisa menikmati semua kelas dan ngegym di FIT HUB tanpa batas.

GET FREE TRIAL NOW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.