Sumber Makanan Vitamin D Penting Untuk Tubuh

Highlights.

Sumber Makanan Vitamin D Penting Untuk Tubuh

Vitamin D menjadi satu-satunya sumber vitamin yang didapatkan ketika tubuh kita terpapar sinar matahari. Vitamin D bermanfaat untuk menutrisi tubuh. Namun, beberapa orang merasa kurang cukup memproduksi vitamin D dari paparan sinar matahari. Hal tersebut dikarenakan banyaknya aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan, sehingga tubuh tidak mendapatkan nutrisi vitamin D. 

Menurut Institut Kesehatan Nasional, vitamin D sangat penting bagi tubuh karena memiliki berbagai macam fungsi untuk kesehatan yang baik. Fungsi vitamin D yaitu membantu tubuh dalam menyerap kalsium, yang menjadi salah satu sumber nutrisi utama dalam membentuk tulang yang kuat.

Tidak hanya membantu dalam membentuk tulang yang kuat, fungsi vitamin D yang lainnya juga dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi vitamin D bermanfaat bagi otot untuk bergerak dan saraf untuk membawa pesan antara otak dan tubuh. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat sebagai sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. 

Menurut Healthline, rekomendasi vitamin D harian bagi orang dewasa yaitu 800 IU (20 mcg) per hari dari makanan. Jika tidak memperoleh paparan sinar matahari yang cukup bagi tubuh, maka vitamin D dapat diperoleh melalui asupan yang mengandung vitamin D dengan harus mendekati 1.000 IU (25 mcg) per hari.

Berikut beberapa makanan yang mengandung vitamin D:

  1. Kuning telur

Kuning telur mengandung vitamin D. Satu kuning telur memiliki kandungan 37 IU vitamin D. Jumlah IU bisa bervariasi, hal tersebut karena menyesuaikan dengan cara memelihara dan kondisi asupan hewan ayam. Contoh, jika ayam yang dipelihara di peternakan dan hidup di dalam ruangan, maka akan menghasilkan telur sekitar 37 IU. Berbeda halnya dengan ayam yang lebih banyak tinggal di luar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari. Maka ayam tersebut dapat menghasilkan telur hingga 148 IU ke atas. 

  1. Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Jumlah vitamin yang terkandung dalam salmon bervariasi, tergantung cara memeliharanya. Rata-rata, salmon liar memiliki 988 IU vitamin D per porsi 85 gram. Namun berbeda dengan salmon budidaya, porsinya mencapai 250 IU atau hampir seperempatnya.

  1. Jamur

Jamur merupakan jenis makanan yang bersumber dari tanaman dan mengandung vitamin D. Ketika jamur melakukan fotosintesis dan terkena sinar ultraviolet, maka jamur mendapatkan vitamin D, utamanya mengandung vitamin D2 yang sangat baik jika dikonsumsi oleh tubuh. 

  1. Hati sapi

Hati sapi juga menjadi sumber makanan yang mengandung vitamin D. Setiap 3,5 ons hati sapi, rata-rata mengandung 50 IU vitamin D. Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibanding dengan kandungan makanan lainnya. Namun, makanan ini dapat menjadi salah satu sumber vitamin yang baik jika dikonsumsi dengan porsi secukupnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.