Turunkan Tekanan Darah dengan Olahraga

Highlights.

Turunkan Tekanan Darah dengan Olahraga

Selain memperbaiki pola makan dan gaya hidup, penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi perlu untuk rutin berolahraga untuk dapat mengontrol tekanan darah. Olahraga menjadi salah satu kunci untuk membantu pemulihan bahkan mencegah berbagai penyakit. Walaupun saat ini, tekanan darah Anda normal, namun risiko hipertensi bisa saja terjadi jika tidak dijaga.

Lantas, apa saja jenis olahraga yang dapat membantu menjaga tekanan darah untuk penderita hipertensi maupun tidak? Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan.

1. Spinning atau Bersepeda

Bersepeda atau spinning dapat membuat jantung Anda bekerja lebih baik dalam memompa darah sehingga tekanan darah dapat menurun secara signifikan. Selain itu, bersepeda juga dapat membuat berat badan Anda lebih terkontrol. bagi Anda dengan berat badan berlebih, bobot tubuh akan lebih terkontrol.

Jika tidak bisa atau tidak sempat bersepeda, Anda dapat mengikuti kelas spinning di FIT HUB setiap Senin – Jumat.

2. Yoga

Mungkin banyak yang tidak mengira kalau Yoga juga bisa meringankan tekanan darah tinggi. Intensitasnya yang rendah dan latihan pernapasan yang ada di Yoga tidak hanya dapat mengurangi stres tetapi juga banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, yoga menjadi salah satu aktivitas fisik yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat mengatasi tekanan darah tinggi.

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau instruktur yoga untuk mengetahui gerakan yoga apa saja yang cocok untuk Anda agar tetap aman dan manfaat yang kita dapatkan bisa lebih maksimal.

3. Latihan di Gym

Olahraga lain yang bisa dilakukan untuk Anda yang hipertensi yaitu berolahraga di gym. Gym adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi dengan tersedianya Personal Trainer yang dapat membantu Anda.

Sebaiknya sebelum berolahraga lakukanlah pemanasan terlebih dahulu, hal ini dapat membantu Anda bergerak lebih baik dan menghindari cedera. Anda juga sebaiknya melakukan pendinginan di akhir olahraga, hal ini dapat membuat detak jantung Anda kembali normal secara bertahap. Anda dapat melakukannya selama 10 menit. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.