Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Articles

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Memenuhi kebutuhan nutrisi sebelum berolahraga sangat penting bagi tubuh. Hal tersebut akan membuat tubuh lebih berenergi, tetapi di sisi lain jika berlebihan akan membuat perut penuh dan menimbulkan ketidaknyamanan saat berolahraga. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga. Berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi sebelum berolahraga:

  1. Pisang

Bagi Anda yang hanya memiliki waktu singkat sebelum memulai olahraga, buah pisang bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mengkonsumsi pisang selama 5 hingga 10 menit sebelum berolahraga. Dilansir dari kompas.com, pisang mempunyai kandungan karbohidrat yang mudah dicerna dan dapat memberi tenaga tanpa membebani Anda yang ingin memulai aktivitas olahraga.

Selain itu, buah pisang termasuk dalam sumber antioksidan dan kalium yang baik untuk mencegah kram otot selama melakukan aktivitas olahraga. Anda juga bisa menambahkan topping saat makan buah pisang, seperti menambahkan dua sendok makan selai kacang dan madu bisa menjadi pilihan yang baik. 

  1. Biji-bijian

Biji-bijian utuh adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang menyuplai banyak energi untuk Anda yang sedang berolahraga. Karbohidrat yang dihasilkan biji-bijian ini lebih lambat dilepaskan ke aliran darah, sehingga bagi Anda yang mengkonsumsi biji-bijian tidak akan membuat kenaikan kadar gula yang cukup signifikan. 

Dikutip dari kompas.com, beberapa biji-bijian yang baik untuk dikonsumsi sebelum memulai olahraga seperti biji gandum utuh, beras merah, roti gandum utuh atau multigrain. 

Tekstur biji-bijian yang sulit untuk dicerna, sehingga disarankan mengonsumsi biji-bijian lebih baik satu jam sebelum berolahraga. 

  1. Oat

Jika Anda rutin berolahraga di pagi hari, satu mangkuk oatmeal cocok menjadi makanan pembuka. Kandungan dalam oatmeal mirip dengan biji-bijian. Oat juga menyediakan banyak energi bagi tubuh yang lambat dilepaskan ke aliran darah.

Anda bisa menambahkan topping seperti buah-buahan berserat tinggi ke dalam mangkuk oatmeal sebagai sarapan. Selain menu sarapan Anda bervariasi, kombinasi antara oat dan buah-buahan berserat tinggi akan membuat gula darah lebih stabil dan Anda merasa berenergi lebih lama. 

Sebaiknya mengkonsumsi oatmeal yaitu satu jam sebelum berolahraga. Hal tersebut dikarenakan tubuh membutuhkan waktu lama dalam mencerna oatmeal. 

  1. Yogurt dan Buah

Jika Anda punya waktu hanya setengah jam sebelum melakukan olahraga, maka yogurt dan buah cocok untuk dikonsumsi. Disarankan yogurt yang Anda konsumsi merupakan yogurt plain atau tanpa pemanis tambahan. Makanan ini tidak hanya menjadi sumber karbohidrat saja, tetapi yogurt juga menjadi cairan dan protein sekaligus. 

Ketika mengonsumsi yogurt, Anda bisa mengkombinasikan yogurt dan buah menjadi smoothie agar lebih mudah dicerna. Kombinasi ini akan membuat Anda menjadi lebih berenergi dan tidak akan merasa lesu selama berolahraga. 

Buah-buahan menjadi sumber gula sederhana yang mudah dicerna sehingga baik untuk olahraga intensitas tinggi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.