5 Manfaat Pilates yang Wajib Anda Coba

Highlights.

5 Manfaat Pilates yang Wajib Anda Coba

Salah satu olahraga yang wajib Anda coba untuk untuk meningkatkan kekuatan inti dan kebugaran. Pilates terdiri atas berbagai gerakan yang berfokus pada perut, pinggang, panggul, dan paha. Pilates juga menggunakan latihan pernapasan yang sangat bagus untuk meningkatkan pikiran. Namun untuk melakukannya, sebaiknya dibantu oleh instruktur. Anda bisa mengikuti kelas Pilates untuk bisa melakukannya dengan tepat. 

Berikut 5 manfaat pilates untuk kesehatan tubuh Anda: 

  1. Meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan 

Jika melakukan olahraga pilates dengan teknik yang benar, maka olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan serta tubuh akan menjadi lebih fleksibilitas. Pilates dapat menantang otot Anda dengan teknik yang tidak dilakukan oleh jenis olahraga lain. Olahraga pilates harus dilakukan secara rutin karena efektif untuk meningkatkan glutes. Selain itu, latihan pilates akan membuat otot penstabil bekerja. 

Latihan pilates secara sistematis akan membawa Anda untuk melakukan teknik olahraga dengan berbagai postur. Sehingga olahraga pilates dapat membantu Anda dalam menemukan standard titik lemah Anda. Hal tersebut yang membuat olahraga pilates merupakan olahraga yang menantang.  

Olahraga pilates juga akan menguji tubuh Anda dalam proses mengangkat beban. Jika dilakukan secara rutin, olahraga pilates akan menjadi jauh lebih mudah dilakukan. Fokus penuh pada gerakan terkontrol menghasilkan latihan kekuatan yang intens sehingga Anda akan mahir dalam melakukan berbagai postur pilates. 

  1. Mengurangi sakit punggung

Jika Anda sering mengalami sakit punggung, maka Anda disarankan untuk melakukan latihan pilates. Dengan melakukan olahraga pilates, Anda akan mendapat manfaat seperti memperkuat otot-otot yang menopang tulang belakang, memperbaiki postur dan mengurangi stress. Selain itu, pilates secara efektif juga dapat mengurangi nyeri punggung pada banyak orang.

Program olahraga pilates dinamis dilakukan selama 4 minggu, sehingga dapat membangun kekuatan dan keseimbangan bagi tubuh Anda. Melakukan olahraga memang tidak mudah, dibutuhkan motivasi dan niat agar Anda mempunyai keinginan untuk berolahraga, terutama olahraga pilates. 

  1. Bergerak lebih efisien

Pilates melatih Anda untuk bergerak lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melatih gerakan yang dilakukan selaras beserta mekanika tubuh, maka akan mengurangi risiko cedera saat berolahraga. Gerakan pilates umumnya menggabungkan gerakan fungsional untuk membantu Anda dalam bergerak lebih bebas beserta dengan koordinasi yang lebih baik. 

Salah satu manfaat luar biasa dari latihan pilates secara teratur adalah tubuh yang terkondisi dengan baik, seimbang, dan bebas cedera. Latihan pilates juga melengkapi latihan kekuatan intensif untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Latihan pilates baik untuk dijadikan rutinitas olahraga setiap minggunya.

  1. Mengurangi stress

Seberapa sering Anda meluangkan waktu untuk bernapas dan fokus ke dalam? Pilates memaksa Anda untuk melakukan hal itu. Melakukan pengaturan pernapasan dengan baik merupakan cara untuk memfasilitasi relasi atau aktivasi otot. Gerakan pilates harus dilakukan secara benar dan fokus. Hal tersebut dapat meningkatkan kesadaran akan tubuh Anda dan koneksi pikiran tubuh yang lebih kuat.

Meskipun ini adalah latihan fisik yang sangat berbeda dari yoga, pilates dapat memiliki manfaat menenangkan serupa dengan olahraga yoga. Selama seminggu Anda rutin melakukan olahraga pilates, maka Anda akan merasakan “perbaikan besar” bagi tubuh. Jika Anda bekerja di kantor dengan duduk di belakang meja sepanjang hari, maka tidak jarang Anda akan merasakan rasa sakit dan nyeri punggung bawah hingga leher dan bahu yang tegang. Hal tersebut dapat menambah tingkat stress Anda. 

Dengan memperkuat otot-otot pendukung, terutama di sekitar inti Anda, Pilates dapat membantu mengurangi rasa sakit dan sesak serta meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

  1. Perbaiki postur tubuh 

Kekuatan inti adalah fokus utama pilates, tetapi itu bukan satu-satunya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa glutes adalah kelompok otot terbesar di tubuh, tetapi bagi banyak orang otot-otot ini kurang aktif. Pilates mengajarkan Anda untuk mengaktifkan dan melatih otot glute, yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak energi di setiap latihan dan mempercepat tujuan pembakaran lemak.

Saat membangun kekuatan otot, Anda juga akan meningkatkan nada dan definisi, serta keseimbangan keseluruhan otot di seluruh tubuh. Pikirkan kaki yang panjang dan ramping, perut yang terpahat, dan bokong yang kokoh.

Selain itu, dengan mempromosikan postur yang baik dan membuat Anda tegak (bahkan ketika Anda terjebak duduk di kantor sepanjang hari), sehingga pilates membantu Anda bergerak lebih mudah dan lancar, bahkan pilates memungkinkan Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.