Functional Training di Bulan Puasa?

Fit Friends pasti pernah mendengar istilah functional training kan? Istilah ini sering dijumpai di gym, konten sosial media dan video-video latihan online. Functional Training atau latihan fungsional adalah salah satu metode latihan yang berkembang dan disukai oleh para fitness enthusiast di seluruh dunia.

Istilah Latihan Fungsional sebenarnya pertama kali digunakan pada akhir tahun 1990-an kemudian berkembang menjadi trend latihan sejak 2010 sampai saat ini. Latihan fungsional berakar pada dunia rehabilitasi dimana para terapis fisik akan meresepkan latihan fungsional kepada pasien mereka untuk mengembalikan kekuatan otot atau fungsi area tubuh ke tingkat kebugaran yang memungkinkan mereka untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Definisi latihan fungsional sendiri beragam, namun pada dasarnya disepakati bahwa latihan fungsional adalah metode atau jenis latihan yang gerakan-gerakannya meniru gerakan sehari-hari dan memungkinkan seseorang untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau olahraga dengan lebih baik.

Latihan fungsional dapat dilakukan menggunakan alat-alat seperti TRX Suspension, Kettlebell, ViPR, Medicine Ball dsb atau tanpa alat seperti menggunakan beban berat tubuh sendiri. Buat Fit Friends yang menjalankan ibadah puasa juga wajib coba latihan fungsional di gym tempat berlatih ya, selain untuk memberikan variasi latihan dan tantangan yang berbeda, latihan fungsional ini punya banyak manfaat.

DSC05546.JPG

Mengutip dari International Journal of Sports Science and Arts, Helwan University - Mesir, puasa dan latihan functional training rutin menyebabkan banyak perubahan pada tingkat komposisi tubuh, yaitu penurunan persentase lemak tubuh, penurunan angka BMI dan peningkatan persentase massa otot serta BMR

Latihan fungsional Ini juga akan meningkatkan keseimbangan otot, stabilitas sendi dan mobilitas dan koordinasi gerak tubuh yang lebih baik. Nah, dengan kondisi energi yang terbatas oleh karena berpuasa jangan kehilangan motivasi untuk berolahraga.

Dengan kesederhanaan pola gerakan dan alat latihan yang dibutuhkan juga intensitas latihan yang rendah functional training dapat menjadi solusi buat Fit Friends untuk tetap mengejar body goalsnya.

Referensi: https://eijssa.journals.ekb.eg/article_279700_2fe2f8e355a23fd160a25f7d18634360.pdf https://doi.org/10.21608/eijssa.2022.146804.1166