Gasuka Minum Kopi? Tapi Lemes Sebelum Latihan? Minum Teh Aja

Why-Does-Tea-Make-You-Nauseated-4x3-11186feb90ad4a04a7516121d955947a.png Kopi biasanya dikonsumsi sebelum latihan sebagai pre workout, karena kopi memiliki kandungan kafein yang berfungsi untuk meningkatkan fokus selama latihan, meningkatkan performa latihan, meningkatkan mood, dan metabolisme..

Tapi tidak semua orang suka kopi karena rasanya yang pahit, kopi juga biasanya dikonotasikan berbahaya untuk orang yang punya penyakit lambung. Sehingga tidak jarang juga orang menghindari kopi. Terus ada gak sih alternatif lain sebagai pengganti kopi untuk latihan? Ada, yaitu teh!

Kok teh? Yes, karena teh juga mengandung kafein! Walaupun tidak sebanyak kandungan kafein pada kopi. Rata-rata kandungan kafein pada satu gelas black tea (237 ml) adalah 14 mg hingga 70 mg sedangkan kopi memiliki kandungan 95 mg hingga 200 mg kafein.

Tentunya kandungan kafein teh tergantung dari variasi teh nya. Selain sebagai alternatif pengganti kopi, teh juga memiliki manfaat lain. Sebuah studi pada manusia menunjukkan bahwa teh dapat berkontribusi pada pengurangan risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa bentuk kanker juga mengenai promosi kesehatan mulut dan fungsi fisiologis lainnya.

Jadi gimana? Mau coba konsumsi teh untuk ngeboost workout kamu?

Referensi: https://jurnal.fk.umi.ac.id/index.php/umimedicaljournal/article/view/22 https://doi.org/10.33096/umj.v2i2.22