Jangan Takut Otot Menyusut saat Puasa

FIT HUB

FIT HUB

Marketing Team

Fit Friends, kita paham berpuasa menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam karena kita menahan haus dan lapar selama lebih dari dua belas jam. Lalu apakah ketika kita berpuasa otot akan mengecil?

Sebagaimana kita ketahui berpuasa memiliki banyak sekali manfaat apalagi jika diimbangin dengan latihan yang sesuai, salah satunya yakni baik untuk sekresi pertumbuhan hormon. Puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH loh Fit Friends! Apa sih HGH itu?

HGH (Human Growth Hormone) adalah Hormon pertumbuhan atau somatotropin, juga dikenal sebagai hormon pertumbuhan manusia yang merangsang pertumbuhan, reproduksi sel, dan regenerasi sel. Hormon ini penting dalam perkembangan manusia. (https://en.wikipedia.org/wiki/Growth_hormone).

HGH (Human Growth Hormone) merupakan salah satu jenis hormon protein yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Berdasarkan penelitian, hormon ini dibutuhkan untuk banyak hal seperti metabolisme, pertumbuhan, penurunan berat badan, pertumbuhan tulang dan peningkatan kekuatan otot. Peningkatan kekuatan otot dapat distimulasi oleh latihan fisik/olahraga dan puasa.

Puasa secara alami akan meningkatkan kadar HGH. Ada sebuah penelitan yang menunjukan 9 pria yang berpuasa selama 2 hari. Hasilnya adalah peningkatan produksi HGH 5 kali lipat. Bayangkan jika kamu puasa selama satu bulan!

Penelitian lain menyebutkan, berpuasa selama 24 jam meningkatkan HGH pada pria sebanyak 2000% dan wanita sebanyak 1300%.

Jadi kamu gaperlu takut kehilangan massa otot yaaa, karena tubuh kita tidak se payah itu kok! selama kamu imbangi dengan olahraga beban , asupan protein yang cukup, serta istirahat!

Referensi: IHC Telemed, https://en.wikipedia.org/wiki/Growth_hormone.