Yuk Mengenal Caffeine dan Hubungannya Dengan Olahraga

Kafein adalah stimulan kuat dan senyawa organik alami yang ditemukan dalam daun teh, yerba mate, biji kopi, biji kakao, kacang kola, dan buah guarana. Semua itu termasuk dalam kelompok penghambat reseptor adenosin yang dikenal sebagai methylxanthines yang mempengaruhi sistem saraf pusat.

Adenosin adalah bahan kimia yang menumpuk perlahan di tubuh kamu sepanjang hari, menyebabkan kamu merasa mengantuk di malam hari, jadi kafein menghalangi proses ini untuk sementara, itulah sebabnya kamu merasa sangat terjaga dan waspada setelah minum kopi. d098f23246ec2b6c8853805081158e14.jpg

Kafein adalah zat ergogenic yang banyak digunakan atlet untuk meningkatkan energi, performa dan waktu pemulihan. Kafein dapat merangsang sistem saraf untuk meningkatkan kinerja selama 90 menit (terkadang lebih lama) setelah dikonsumsi.

Banyak manfaat positif yang bisa didapat jika menggabungkan kafein dengan olahraga, antara lain :

  1. Menjadi lebih waspada dan energik berkat peningkatan kadar noradrenalin.

  2. Waktu respons lebih singkat, sehingga membantu dalam olahraga yang membutuhkan reaksi cepat (seperti baseball atau tenis).

  3. VO2max kamu meningkat, memperluas kapasitas kamu untuk kinerja ketahanan intensitas tinggi, menurut sebuah studi tahun 2021.

  4. Kemampuan untuk menggunakan lemak sebagai bahan bakar meningkat, yang membantu kamu tetap bertahan selama latihan ketahanan.

  5. Kadar ion kalsium dalam sel otot meningkat, yang berarti kontraksi akan semakin kuat dan bertenaga selama latihan kekuatan otot.

  6. Konsumsi kafein beberapa hari setelah latihan kekuatan mengurangi efek nyeri dari nyeri otot yang tertunda (DOMS)

The International Society of Sports Nutrition (ISSN) berpendapat bahwa kafein secara konsisten terbukti meningkatkan daya tahan sebesar 2–4% dalam belasan penelitian yang menggunakan dosis 3–6 mg/kg massa tubuh.

Oleh karena itu, kafein adalah salah satu zat ergogenik yang paling menonjol dan digunakan baik oleh atlet maupun individu yang aktif dalam berbagai jenis olahraga dan aktivitas yang melibatkan daya tahan aerobik. Kafein telah terbukti bermanfaat bagi beberapa jenis olahraga daya tahan seperti bersepeda, lari dan berenang.

Jadi gimana? Mau nyobain ngopi sebelum latihan?

Referensi: https://journals.lww.com/nsca-jscr/Fulltext/2020/06000/Caffeine_s_Effects_on_an_Upper_Body_Resistance.19.aspx https://jissn.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12970-020-00383-4#citeas https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11583104/ https://www.scienceforsport.com/caffeine-and-sports-performance-pros-cons-and-considerations/ https://blog.nasm.org/nutrition/caffeine-performance