10 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Olahraga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Bahkan menurut Healthline, olahraga dengan teratur terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kronis dan membuat mood jadi lebih baik.

Saat ini sudah banyak orang yang semakin sadar untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Jadi, melakukan olahraga telah menjadi kebutuhan yang harus dilakukan secara rutin.

Tidak masalah jika saat ini kamu belum mulai rajin berolahraga. Pasalnya, tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat, lho.

Nah, supaya lebih yakin untuk memulai hidup sehat, coba simak dulu apa saja manfaat dari olahraga yang bisa kamu dapatkan berikut ini!

10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

10 manfaat olahraga bagi tubuh - freepik.jpg

Olahraga bukan hanya bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, loh. Secara umum, olahraga bisa menjaga tubuh agar tetap sehat.

Setiap orang juga bisa menentukan tujuan berbeda saat berolahraga. Secara umum, berikut ini manfaat olahraga bagi tubuh kamu.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Saat berkeringat, tubuh kamu akan mengeluarkan racun yang bahaya bagi kesehatan. Suhu tubuh yang meningkat juga menurunkan risiko pertumbuhan bakteri.

Olahraga juga bisa meningkatkan aliran sel darah putih yang memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit.

2. Memperkuat Tulang

Gerakan saat kamu berolahraga akan memberi tekanan pada tulang. Kepadatan tulang akan meningkat sehingga tulang makin kuat.

Olahraga juga menjadi cara yang mudah untuk menjaga kepadatan tulang yang baik dan tetap kuat seiring bertambahnya usia.

3. Melatih Otot Yang Kuat

Olahraga adalah cara terbaik untuk melatih otot. Beberapa jenis olahraga permainan juga akan terasa menyenangkan dan tidak terasa seperti sebuah keharusan. Pada saat yang sama, hal ini akan membuat otot lebih kuat dan kencang.

4. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Berlari dan melakukan olahraga aerobik seperti zumba membuat tubuhmu tetap mendapat asupan oksigen yang baik.

Jantung akan memompa lebih cepat sehingga otot-otot jantung lebih kuat untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Menurunkan Kolesterol

Aktivitas fisik yang tinggi akan membantu menjaga kadar kolesterol yang rendah. Para atlet seperti Cristiano Ronaldo diketahui memiliki kadar kolesterol yang sangat rendah bahkan setelah melalui usia tiga puluh tahunan.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Saat berolahraga, kamu akan mendapatkan peregangan dan melatih semua gerakan yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini adalah cara terbaik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Pikiran

Sering stres karena aktivitas sehari-hari atau pekerjaan di kantor? Olahraga bisa jadi salah satu solusi untuk menyegarkan pikiran.

Kamu bisa melatih diri untuk bersikap tenang dan berpikir dingin. Hal ini tentunya bisa membantu kamu agar tidak cepat stres.

8. Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan menjadi salah satu masalah yang bisa berdampak pada kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

Jika melakukan aktivitas olahraga secara intensif sambil menjaga pola makan, kamu bisa membakar kelebihan berat badan untuk tubuh yang ideal.

9. Melatih Kerja Sama dan Problem Solving

Olahraga dengan pelatih atau personal trainer juga melatih kerja sama, loh. Saat kamu sudah berhasil mencapai tujuan bersama, artinya komunikasi berjalan efektif.

Secara tidak langsung, kamu juga bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengatasi masalah.

10. Meningkatkan Kepercayan Diri

Setiap orang tentu memiliki tujuan yang berbeda saat berolahraga. Apa pun tujuannya, kamu akan mampu mengembangkan kepercayaan diri ketika berhasil mencapainya.

Hal ini menjadikan olahraga sebagai sebuah proses pembelajaran yang asyik dan bermanfaat.

Nah, banyak banget manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan jika berlatih dengan teratur.

Agar tidak bosan, kamu juga bisa memilih olahraga apa saja yang paling nyaman untuk dilakukan secara rutin.

Yuk, daftar jadi member FIT HUB, kamu bisa coba beberapa jenis kelas dan mencoba peralatan gym yang sesuai dengan tujuan olahragamu!