Pengertian Abs Body dan Faktor yang Membentuknya

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Banyak jenis latihan yang bisa kamu targetkan saat datang ke gym. Salah satu latihan yang paling populer adalah membentuk abs body.

Abs body merupakan sebutan yang juga ditujukan untuk perut sixpack yang sering kali menjadi tujuan orang datang ke gym.

Menentukan tujuan olahraga dengan alasan penampilan bukanlah hal yang salah.

Secara tidak langsung, melatih otot perut yang sixpack juga akan melatih core dengan dada dan tulang belakang yang stabil selama beraktivitas sehingga mengurangi risiko cedera.

Apa Itu Abs Body?

Apa Itu Abs Body - freepik.jpg

Abs body adalah otot perut yang biasanya terlihat jelas saat tidak ada lemak di sekitar tubuh dan digantikan dengan otot.

Baik pria atau wanita bisa mendapatkan abs yang bagus, tapi hal ini juga ditentukan oleh faktor genetik dan hormonal. Terutama bagi wanita.

Bentuk perut yang bagus (abs body) bisa didapatkan dari kombinasi pola makan dan olahraga yang baik.

Pembentuk abs body ditentukan oleh beberapa kelompok otot yang berada di sekitar perut di antaranya sebagai berikut.

  • External obliques: Otot di sisi perut bagian atas yang mendukung torso untuk memutar dari sisi ke sisi.
  • Internal obliques: Bagian bawah perut dan luar perut yang bekerja dengan external obliques untuk mendukung gerakan memutar.
  • Rectus abdominis: Dua pita otot yang turun di sekitar tulang dada dan memberikan tampilan perut sixpack, fungsinya juga penting untuk menjaga postur dan pernapasan.
  • Transverse abdominis: Otot dalam yang bergerak dari sisi ke sisi dan lebih sulit dilihat, fungsinya memberikan stabilitas dan kekuatan pada torso.

Faktor yang Membentuk Abs Body

Faktor yang Membentuk Abs Body - freepik.jpg

Otot abs tidak hanya bisa didapatkan dengan latihan untuk otot perut saja, loh. Ada banyak faktor yang membentuk otot perut atau abs di antaranya sebagai berikut.

1. Hormon tubuh

Wanita memiliki lebih sedikit testosteron dibandingkan pria, padahal testosteron yang mendukung pertumbuhan otot.

Para wanita umumnya memiliki kadar hormon estrogen yang lebih tinggi daripada pria, sementara estrogen juga mempersulit pembakaran lemak.

Meski begitu, para wanita tetap dapat memiliki abs yang bagus. Namun, hal tersebut lebih sulit untuk dicapai dan mungkin memerlukan persentase lemak tubuh yang lebih rendah.

2. Latihan kardio dan otot perut

Melansir dari Medical News Today, latihan yang paling efektif untuk mengencangkan otot perut dan obliques adalah bicycle maneuver, captain’s chair, dan ball crunch.

Kamu juga perlu membakar cukup lemak tubuh agar bentuk perut lebih terlihat jelas. Lakukan latihan kardio untuk membakar lemak, termasuk lemak perut.

Beberapa jenis latihan kardio yang bisa kamu pilih di antaranya lari, bersepeda, dan mengikuti kelas aerobik seperti zumba atau dance.

3. Konsumsi protein tanpa lemak

Untuk membentuk otot perut, mungkin kamu juga perlu mengubah pola makan.

Konsumsi lebih banyak protein sebagai salah satu bahan utama pembentuk otot. Secara umum, kebanyakan orang membutuhkan sekitar 0,35 gram protein untuk setiap pon berat badan.

Pilihlah protein rendah lemak seperti ayam, kacang-kacangan, tahu, telur, dan sebagainya.

4. Konsumsi superfood setiap hari

Selain protein, konsumsi makanan padat nutrisi (superfood) juga bisa membantu menjaga kesehatan, menghilangkan lemak, dan membentuk otot.

Biasanya, superfood yang banyak dikonsumsi orang adalah kacang almond, buah beri, minyak zaitun, bayam, bubuk protein whey, atau roti gandum utuh.

5. Minum banyak air

Air bisa membantu mengurangi perut kembung sehingga terlihat lebih kencang.

Kebanyakan orang membutuhkan sekitar delapan gelas air setiap hari. Orang yang meminum cukup air biasanya terlihat dari warna urinnya yang berwarna kuning pucat.

Kesimpulan

Abs body adalah fitness goal yang ditujukan untuk mengencangkan otot perut.

Otot abs tidak hanya bisa didapatkan dari latihan otot dan kardio. Namun, juga pengaruh hormon, konsumsi makanan, asupan superfood, dan konsumsi air yang didapatkan oleh tubuh.

Agar bisa mengendalikan porsi latihan dan pola makan, yuk daftarkan diri kamu menjadi member FIT HUB. Kamu bisa mendapatkan fasilitas latihan yang lengkap atau bahkan arahan dari personal trainer (PT) untuk hasil latihan yang lebih optimal.