Ada Gula, Ada...

Sebetulnya gula adalah hal yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Gula diperlukan sebagai sumber karbohidrat untuk menghasilkan energi, meski begitu konsumsi gula perlu dibatasi karena jika berlebih akan berdampak buruk pada kesehatan.

Kita tahu bahwa konsumsi gula berlebih bisa berisiko terhadap kesehatan, namun meski begitu, bukan berarti Fit Friends dilarang mengkonsumsi gula lho, tapi perlu mengerti dan membatasi konsumsi gula per hari.

Asupan gula yang dibutuhkan untuk mencapai kesehatan tubuh adalah 10% dari kebutuhan kalori harian (200 kkal), atau setara dengan 4 sdm atau 50 gram per hari. Dan tahukah Fit Friends bahwa ternyata asupan gula yang baik juga dapat meningkatkan performa dalam berolahraga, yuk disimak.

shutterstock_281515502.webp

Ada studi yang menunjukan bahwa kelompok orang dengan pemberian air gula memiliki kebugaran jasmani yang lebih bagus dibandingkan kelompok yang hanya diberikan air mineral saja. kelompok dengan intervensi air madu memiliki VO2max yang lebih bagus dibandingkan kelompok control.

Selain mengandung karbohidrat, di dalam madu mengandung vitamin dan mineral dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi serta nutrisi sehingga dapat meningkatkan performa atlet selama melakukan latihan dan pertandingan. Selain itu madu juga memiliki manfaat yaitu sebagai antioksidan (selenium dan zinc) (Bogdanov et al., 2009). Menurut Moussa (2012) di dalam madu terdapat kandungan flavonoid dan asam fenolat yang secara signifikan sebagai antioksidan. Di dalam madu terkandung maltose, glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang merupakan gula alami maka dari itu madu adalah pilihan yang tepat digunakan sebagai sumber energi.

Salah satu kesimpulan dari penelitian menyatakan bahwa minuman manis mengandung gula dan dapat menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Mengonsumsi minuman yang mengandung karbohidrat akan dapat menjaga kadar elektrolit di dalam tubuh sehingga performa selama melakukan latihan akan tetap terjaga.

Sekarang Fit Friends jadi tahu lebih banyak tentang masalah yang dapat terjadi dan juga manfaat yang bisa didapat dari konsumsi gula, oleh sebab itu yuk kita bijak dalam mengatur makanan dan minuman manis kita sehari-hari.

Referensi: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0002916523188915 https://thewaitingroom.karger.com/tell-me-about/what-are-the-effects-of-sugar-on-health/?gclid=Cj0KCQiAzMGNBhCyARIsANpUkzOfjYoCENBlu0nTHR1PR102JvUcSHJel4ztqRm9OVLBvYxbSBxLusYaAtOiEALw_wcB https://doi.org/10.1093/ajcn/62.1.228S