Asupan Gizi yang Sehat di Saat Buka Puasa

Untuk berbuka puasa, Fit Friends dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna dan diserap, mengonsumsi karbohidrat , seperti buah-buahan padat air (jeruk, anggur, semangka) akan menghentikan keadaan katabolik dan membuat sel kamu lebih mudah menerima protein dan nutrisi lainnya.

skata-1634782911.jpg

Secara tradisional, puasa Ramadhan dibuka dengan kurma dan air yang dari sudut pandang nutrisi, merupakan pilihan yang sangat baik. Kurma tidak hanya mengandung gula alami yang bertindak sebagai sumber energi langsung bagi tubuh, kurma juga kaya akan potassium, mineral dan elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Mengutip dari Journal of Medical Nutrition dan Nutraceuticals, pada saat berbuka puasa, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat simple.

Perlu dibatasi makanan yang terlalu manis, asin, dan berlemak. Makanan manis membuat tubuh memproduksi insulin lebih banyak sedangkan fungsi insulin adalah memasukkan gula dari darah ke sel sebagai sumber energi. Jika insulin banyak dan melimpah, gula darah masuk ke dalam sel dan kadarnya di dalam darah menjadi rendah.

Fit Friends wajib mengkonsumsi makanan bergizi seimbang saat berbuka puasa dengan komposisi dari total asupan kalori harian seperti keterangan sebagai berikut : 45% - 50% bersumber dari makanan dengan karbohidrat IG rendah 20% - 30% bersumber dari protein (kacang-kacangan, ikan, unggas atau daging tanpa lemak) <35% bersumber dari lemak (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh gkamu) <10% bersumber dari lemak jenuh dan harus dibatasi

Dengan memahami asupan gizi seimbang yang baik Fit Friends dapat menikmati Ramadhan secara positif dan sehat dengan menghindari makan berlebihan saat berbuka puasa untuk menjaga tubuh, berat badan, dan metabolisme tetap sehat dan menghindari masalah pencernaan.

Referensi: https://jmnn.org/article.asp?issn=2278-1870;year=2013;volume=2;issue=2;spage=63;epage=68;aulast=Jaleel;type=3 https://alchemyfoodtech.com/blog-healthy-eating-during-ramadan/ https://www.nutrition.org.uk/putting-it-into-practice/food-seasons-and-celebrations/a-healthy-ramadan/ https://www.dhakatribune.com/feature/health-wellness/177236/what-to-eat-for-iftar