Pengertian Atletik dan 13 Cabang-cabang Olahraganya

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Olahraga atletik sangat populer di dunia dan tak hanya di Indonesia saja. Pasalnya, cabang olahraga ini pasti dipertandingkan di ajang olahraga bergengsi dunia, seperti olimpiade.

Meski kamu bukan atlet, mengetahui beberapa hal tentang atletik mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar dunia olahraga. Karena alasan itu, atletik juga diperkenalkan bagi murid sekolah untuk pengembangan fisik di lingkungannya.

Lebih jelasnya, kamu bisa membaca informasi lengkap soal olahraga atletik yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Apa Itu Atletik?

apa itu atletik - freepik.jpg

Atletik adalah olahraga yang mencakup beberapa cabang olahraga lari, lompat, melempar, atau berjalan. Olahraga atletik juga dikenal dengan sebutan track & field yang mencakup nomor tunggal, nomor gabungan, dan nomor berbasis tim.

Perlombaan atletik pertama yang dipertandingkan dalam Olimpiade kuno adalah “stadion” yaitu lari cepat sekitar 192 meter dengan pemenang yang tercatat sejak 776 sebelum masehi.

Pertandingan Olimpiade kuno juga mencakup sejumlah perlombaan atletik seperti lari, lompat jauh, tolak peluru, dan lempar lembing.

Di Indonesia, atletik diperkenalkan sebagai pelajaran di sekolah oleh Belanda. Pada saat itu, klub didirikan klub atletik di kota-kota besar yang tersebar di Pulau Jawa. Pada 1917, sebuah organisasi atletik didirikan dengan nama Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU). Setelah kemerdekaan, asosiasi atletik pertama di Indonesia dibentuk pada 3 September 1950 di Semarang.

Macam-macam Olahraga Atletik

Macam-macam Olahraga Atletik - freepik.jpg

Untuk mengetahui berbagai nomor olahraga atletik, berikut ini beragam nomor lari, jalan, lempar, dan lompat.

1. Jalan cepat

Nomor olahraga jalan cepat umumnya dilakukan di lintasan lari atau jalan raya dengan panjang jalur 3.000 meter hingga 100 kilometer.

Berbeda dengan kompetisi lati, jalan cepat mensyaratkan salah satu kaki peserta harus meninjak tanah. Kaki yang melangkah ke depan harus lurus saat pertama kali menyentuk permukaan tanah.

2. Lari jarak pendek

Lari jarak pendek dilakukan dengan cara sprint atau berlari secepat mungkin dengan lintasan lari jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

3. Lari jarak menengah

Lari jarak menengah mencakup lari 800 meter, 1500 meter, dan 3000 meter. Nomor lari ini melatih kecepatan, stamina, dan pernapasan ekstra.

4. Lari estafet

Sebagai nomor kompetisi beregu, empatorang pelari akan bergantian terus menerus mencapai garis akhir. Nomor lari estafet yang dipertandingkan adalah 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter.

5. Lari gawang

Lari gawang merupakan jenis lari cepat dengan melompati gawang yang tingginya diatur pada ketinggian tertentu. Teknik dasarnya meliputi awalan, posisi kaki saat melompati gawang, cara mendarat, dan cara berlari kembali.

6. Tolak peluru

Olahraga tolak peluru adalah gerakan melontarkan atau mendorong peluru besi dengan satu tangan untuk mendapat jarak tolakan sejauh-jauhnya.

7. Lempar cakram

Lempar cakram merupakan nomor olahraga atletik yang dilakukan dengan melempar sebuah piringan dengan jarak sejauh mungkin. Lempar cakram bisa dilakukan dengan gaya samping dan gaya belakang dengan cakram berbahan kayu dan bersabuk besi.

8. Lontar martil

Lontar martil adalah nomor olahraga atletik untuk lemparan bola logam yang menjadi ajang kompetisi kekuatan untuk mendapat jarak lontar terjauh.

9. Lempar lembing

Lempar lembing merupakan nomor olahraga lempar dengan tongkat berujung runcing. Cara melempar bisa dilakukan dengan gaya Amerika, Finlandia, dan gaya penjepit.

10. Lompat jauh

Lompat jauh adalah aktivitas melompat ke arah depan dan jauh dengan satu tolakan kaki. Pemenang dari lomba lompat jauh adalah pelompat yang berhasil mendarat di bak pasir dengan jarak terjauh.

11. Lompat jangkit

Lompat jangkit merupakan rangkaian jalan yaitu awalan (approach), jingkat (hop), langkah (step), dan lompat (jump).

12. Lompat tinggi

Lompat tinggi adalah lompatan dengan memindahkan berat badan setinggi-tingginya melampau mistar lompatan yang tingginya sudah ditentukan pada ketinggian tertentu.

13. Lompat galah

Seperti namanya, lompat galah dilakukan dengan galah yaitu peralatan seperti tongkat yang berbahan logam, fiber, bambu, atau kayu. Lompat galah merupakan jenis lompatan yang dilakukan untuk mencapai ketinggian tertentu dengan bantuan galah untuk membantu mengangkat tubuh pelompat.

Kesimpulan

Atletik adalah olahraga yang mencakup empat nomor yaitu berjalan, lari, lompat, dan lempar dengan nomor tunggal, gabungan, dan nomor berbasis tim. Pertandingan olahraga atletik biasanya bertujuan untuk mencapai jarak terjauh atau catatan waktu tercepat dalam menempuh jarak atau ketinggian tertentu.

Meski bukan untuk pertandingan, mengetahui berbagai nomor olahraga atletik dapat menjadi variasi olahraga untuk rutinitas latihan. Kamu juga akan memiliki ketahanan yang baik untuk berolahraga atletik seperti lari maraton jika rutin berlatih di gym.

Jadi, daftarkan diri kamu jadi member FIT HUB untuk mendapat berbagai fasilitas olahraga yang lengkap!