Ini 15 Jenis Buah yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badanmu!

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Ketika melakukan diet, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis buah yang efektif untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, buah-buahan tersebut bisa menjadi pengganti camilan yang sehat dan tentunya bisa menjaga diet tetap berjalan lancar.

Jenis buah-buahan tersebut memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga sistem pencernaan lebih sehat dan metabolisme tubuh pun jadi lebih seimbang.

Dengan begitu, tentunya berat badan bisa lebih cepat turun dengan menambahkan buah-buahan di dalam menu makanan untuk diet. Lantas, apa saja jenis buah untuk menurunkan berat badan yang wajib dicoba?

Yuk, cari tahu daftarnya di artikel ini!

15 Jenis Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Ini dia 15 jenis buah-buahan yang dapat membantu proses penurunan berat badanmu jadi lebih efektif!

1. Apel

apel - freepik.jpg

Buah apel adalah salah satu jenis buah untuk menurunkan berat badan yang efektif. Karena itu, menjadikan buah ini sebagai snack pada saat diet untuk menurunkan berat badan adalah angkah yang tepat.

Pasalnya, di dalam sebuah apel terdapat 85% kandungan air dan 5 gram serat. Dengan kandungan tersebut, apel bisa membuat tubuh kenyang lebih lama.

2. Grapefruit

Grapefruit adalah percampuran buah pomelo dan jeruk. Jenis buah ini juga sering dikaitkan dengan menu sehat untuk menurunkan berat badan.

Kandungan 51% grapefruit adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari yaitu vitamin C serta vitamin A. Grapefruit juga salah satu jenis buah yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga lebih lama melepaskan gula ke sistem tubuh.

3. Pisang

Pisang juga jadi salah satu menu buah favorit untuk bantu menurunkan berat badan. Pisang memiliki serat yang banyak serta bebas lemak sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Buah ini juga bisa digunakan sebagai makanan pengganti di malam hari atau sarapan saat sedang berencana menurunkan berat badan.

4. Semangka

Semangka memiliki kandungan 90% air dan serat tinggi sehingga bisa bantu turunkan berat badan.

Selain cocok dikonsumsi untuk diet, semangka juga bisa membantu tubuh untuk tidak dehidrasi karena kandungan airnya yang banyak.

5. Kiwi

kiwi - freepik.jpg Kiwi adalah salah satu jenis buah yang bisa menurunkan berat badan karena rendah kalori. Pasalnya, dalam 100 gram kiwi terdapat 61 kalori saja.

Tidak hanya itu, buah kiwi juga memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti berbagai vitamin dan serat.

6. Buah Pear

Selain semangka, buah pear juga salah satu buah yang kaya akan air dan bisa membantu dalam proses diet.

Buah pear memiliki banyak air dan serat sehingga bantu sistem pencernaan lebih baik dan merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa makan buah pear di pagi hari sebagai menu sarapan yang menyehatkan.

7. Pepaya

Buah pepaya juga disebut-sebut sebagai jenis buah yang efektif bantu menurunkan berat badan. Dalam buah pepaya terdapat enzim yang dapat meredakan gangguan pencernaan dan mengurangi kembung.

Walaupun rasanya manis, pepaya termasuk rendah kalori sehingga bisa dijadikan snack. Mengonsumsi buah ini juga bisa membuatmu kenyang lebih lama, lho.

8. Buah Beri

Dalam berbagai jenis buah beri terdapat nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta rendah kalori. Tidak heran buah beri juga masuk sebagai salah satu jenis buah yang bisa bantu untuk menurunkan berat badan.

Buah beri bisa dicampur di yoghurt, salad, atau roti sebagai snack atau sarapan pagi saat sedang diet.

9. Lemon

Lemon juga jadi salah satu buah untuk menurunkan berat badan yang efetif. Pasalnya, buah ini bisa dijadikan snack atau dicampur di dalam minuman selama diet.

Berbagai nutrisi yang juga terkandung dalam buah lemon dapat membantu penuhi asupan yang dibutuhkan tubuh. Kandungan tersebut di antaranya vitamin C yang bisa menjaga sistem imun dan serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan.

10. Alpukat

alpukat - freepik.jpg

Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan lemak dan kalori tinggi. Namun, bagaimana caranya buah ini bisa membantu turunkan berat badan?

Menurut Health, sebuah studi membuktikan bahwa 51 orang kelebihan berat badan yang mengonsumsi buah alpukat pada menu dietnya, akhirnya mengalami penurunan berat badan.

Selain itu, disebutkan bahwa konsumsi buah alpukat memberikan efek kenyang dan menekan nafsu makan.

11. Melon

Buah melon memiliki kandungan kalori yang rendah serta kaya akan serat. Tidak heran, jika melon juga disarankan sebagai pengganti makan malam atau snack saat sedang melakukan diet.

Walaupun rendah kalori, buah melon juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti serat, kalium, dan antioksidan yang berasal dari vitamin C.

12. Jeruk Bali

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam satu buah jeruk bali dengan berat 123 gram hanya memiliki 37 kalori.

Jeruk bali juga kaya akan air sehingga saat dikonsumsi dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan air pada tubuh selama sedang dalam masa diet.

13. Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang kaya akan mineral dan vitamin. Disebut sebagai salah satu jenis buah yang dapat membantu menurunkan berat badan, jambu biji juga mengandung banyak serat.

14. Nanas

Nanas kaya akan nutrisi dan juga rendah kalori sehingga cocok untuk dimasukkan ke dalam menu makanan untuk turunkan berat badan. Dalam buah nanas terdapat enzim yang dapat menghambat protein dan bantu membakar lemak.

15. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis - freepik.jpg Walaupun rasanya asam, jeruk nipis adalah salah satu buah yang bisa turunkan berat badan. Jeruk nipis akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh untuk bakar kalori lebih banyak dan bantu kurangi lemak pada tubuh.

Campurkan jeruk nipis dengan air hangat setiap malam untuk bantu proses penurunan berat badan ya!

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis buah yang efektif untuk menurunkan berat badan. Selain buah-buahan, kamu perlu tahu bahwa konsumsi sayur juga dapat bantu turunkan berat badan.

Saat melakukan diet, pastikan kamu menyusun menu makanan yang tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Terpenting adalah pastikan kamu mengonsumsi air mineral secara cukup agar tubuh tidak dehidrasi saat proses diet.

Selain menu makanan, proses penurunan berat badan akan lebih efektif saat kamu juga melakukan kegiatan fisik. Olahraga merupakan salah satu kegiatan fisik yang bisa bantu turunkan berat badan serta membentuk otot pada tubuh sehingga lebih kuat.

Tertarik untuk mencoba mulai berolahraga di gym? FIT HUB punya penawaran khusus untuk kamu! Saat ini, kamu bisa mendapatkan free trial di pusat kebugaran FIT HUB yang cabangnya ada di banyak kota

Dalam masa free trial ini, kamu bisa konsultasikan kebutuhan olahragamu dan akan diberikan penjelasan yang sesuai oleh membership consultant kami.

Tertarik? Klaim free trial mu sekarang pada di link ini.