5 Cara Efektif Mengecilkan Bokong dengan Olahraga

Memiliki bokong yang terlalu besar kadang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Tidak jarang membuat orang mencari cara mengecilkan bokong dengan langkah mudah dan cepat.

Pasalnya, banyak orang mengira bahwa memiliki bokong yang lebih kecil akan membuat dirinya terlihat ramping.

Untuk mendapatkan bokong yang lebih ramping, kamu bisa memilih olahraga tepat yang berfokus pada pergerakan kaki dan panggul.

Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat untuk memaksimalkan latihannya. Yuk, cari tahu langkah yang tepat untuk mengecilkan bokong di bawah ini.

Gaya Hidup untuk Membantu Mengecilkan Bokong

Gaya Hidup untuk Membantu Mengecilkan Bokong - freepik.jpg

Pembesaran bokong biasanya terjadi dari penumpukan lemak pada bagian paha, pinggul, dan pinggang. Hal ini membuat bokong terlihat lebih besar dan bergelambir.

Cara untuk mengecilkannya tentu saja harus didukung dengan pola hidup sehat, seperti di bawah ini.

  1. Menjaga pola makan sehat dengan nutrisi tepat dan tidak berlebihan. Karbohidrat yang tidak digunakan oleh tubuh akan disimpan menjadi timbunan lemak di sejumlah bagian tubuh, termasuk bokong.

  2. Mengurangi asupan gula yang berisiko meningkatkan berat badan tubuh. Peningkatan berat badan tubuh biasanya akan disertai dengan pembesaran di seluruh tubuh, mulai dari lengan, kaki, perut, dan bokong.

  3. Memperbanyak konsumsi air putih untuk meningkatkan metabolisme dan pencernaan tubuh. Dengan begitu, sisa makanan yang ada di dalam tubuh juga bisa dikeluarkan.

  4. Olahraga secara teratur minimal 30 menit per hari. Lakukan olahraga yang berfokus pada pengencangan bagian tubuh.

  5. Istirahat yang cukup setiap hari minimal 7-8 jam. Dengan istirahat yang cukup, tubuh tidak akan memberikan sinyal lapar lebih sering.

Cara Mengecilkan Bokong

Cara Mengecilkan Bokong - freepik.jpg

Cobalah untuk memilih gym yang menawarkan alat fitness lengkap untuk membantu kamu melakukan olahraga mengecilkan bokong.

Berikut latihan yang bisa kamu lakukan di gym.

1. Jalan menanjak

Jalan kaki sudah bisa dihitung sebagai olahraga yang bisa membantu mengecilkan bokong.

Lebih baiknya lagi jika kamu bisa melakukan jalan menanjak yang terbukti bisa membakar kalori lebih banyak lagi.

Gerakan jalan menanjak ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan treadmill.

Kamu hanya perlu menambah kemiringan dan berjalanlah dengan kecepatan normal selama 10-15 menit. Sebagai alternatif, kamu bisa naik turun tangga.

2. Squat

Gerakan squat akan bantu mengencangkan betis, paha belakang, dan juga bokong. Kamu hanya perlu melakukannya dengan benar dan rutin.

Jika memungkinkan, cobalah untuk membawa dumbbell sambil melakukannya.

Berikut cara untuk melakukan squat yang benar:

  • Berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu
  • Angkat kedua tangan lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan atau bisa membawa dumbbell
  • Turunkan bokong ke bagian belakang seperti orang akan duduk
  • Pertahankan lutut supaya tidak maju ke depan melebihi ujung kaki
  • Kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan yang sama.

3. Lunges

Tidak jauh berbeda dengan squat, lunges juga punya manfaat untuk mengencangkan otot paha dan bokong.

Kamu pun bisa menambah beban dengan membawa dumbbell atau kettlebell di tangan.

Berikut cara melakukan lunges dengan benar:

  • Berdiri dengan satu kaki berada lebih di depan
  • Kamu bisa menaruh tangan di pinggang atau memegang beban
  • Tekuk lutut kaki yang ada di depan hingga membentuk sudut 90 derajat dan lutut kaki yang ada di belakang diturunkan hingga mendekati lantai
  • Tahan posisi tersebut dalam beberapa detik
  • Angkat kembali tubuh ke posisi semula dan lakukan dalam beberapa kali repetisi.

4. Side stepping

Bergerak ke kiri dan ke kanan dengan kecepatan yang tepat akan membantu mengecilkan bokong sekaligus berat badan.

Kamu hanya memerlukan sebuah pijakan yang tidak terlalu tinggi untuk ditaruh di tengah-tengah.

Berikut cara melakukan side stepping dengan benar:

  • Letakkan pijakan kaki di tengah
  • Posisikan salah satu kaki di pijakan dan kaki lainnya di lantai
  • Pindahkan kaki yang berada di bawah ke atas pijakan dan kaki yang di pijakan ke sisi samping secara bergantian
  • Lakukan gerakan tersebut dalam beberapa detik

5. Lateral band walk

Gerakan ini akan membantu menguatkan pinggul, lutut, sekaligus mengencangkan bokong.

Kamu bisa melakukannya sebagai pemanasan saat latihan di gym. Kamu juga hanya perlu resistance band untuk melakukannya.

Berikut cara melakukan lateral band walk yang benar:

  • Pasang resistance band di bagian paha
  • Lakukan setengah squat dengan menurunkan bokong sedikit sambil tetap menjaga tubuh tetap tegak
  • Lakukan gerakan melangkah ke samping secara perlahan
  • Melangkahlah ke kanan 10 kali dan 10 kali ke kiri
  • Lakukan gerakan ini dalam 2-3 set.

Kesimpulan

Olahraga yang tepat jadi solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan bokong.

Kamu bisa melakukan olahraga yang berfokus pada tubuh bagian bawah bisa membantu mengencangkannya.

Untuk olahraga yang rutin, kamu bisa menjadi member FIT HUB yang bisa dimanfaatkan di seluruh cabang di Indonesia.

Kamu pun bisa memanfaatkan alat fitness dan kelas yang lengkap setiap harinya. Dengan begitu, kamu bisa dapatkan tubuh ideal yang diidam-idamkan.