Cara Menggunakan Sepeda Gym yang Benar untuk Postur Tubuh

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Berlatih menggunakan sepeda statis yang ada di gym secara rutin dapat menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Menurut Healthline, mengendarai sepeda statis sangat baik untuk menjaga kardiovaskular, otot tubuh bagian bawah, dan manfaat kesehatan lainnya.

Olahraga dengan sepeda statis ini juga sangat cocok untuk kamu yang mau menurunkan berat badan. Pasalnya, mengayuh sepeda statis selama satu jam dapat membakar hingga 600 kalori.

Nah, tertarik untuk mencoba berlatih sepeda statis di gym? Sebelumnya, cari tahu dulu cara menggunakan sepeda statis untuk menunjang kebugaran dan menjaga postur tubuh di bawah ini, yuk!

Cara Menggunakan Sepeda Statis di Gym

Cara Menggunakan Sepeda Statis di Gym - freepik.jpg

Sama seperti alat fitnes yang lain, sepeda statis juga perlu dipakai dengan benar supaya kamu dapat manfaatnya. Berikut sejumlah panduan cara menggunakan sepeda statis untuk para pemula.

1. Lakukan pengaturan sepeda.

Mengeset sepeda wajib dilakukan sebelum kamu menggunakannya. Mulai dengan sejajarkan tinggi jok dengan panggul kamu.

2. Lutut tidak boleh terlalu lurus saat mengayuh

Coba naik sepeda dan kayuhlah pedalnya. Saat mengayuh, lutut kamu tidak boleh terlalu menekuk karena itu berarti posisi jok terlalu rendah.

Setelan duduk pun tidak boleh membuat kaki kamu terlalu lurus pada ujung kayuhan pedal.

3. Atur pegangan sepeda

Ada jenis sepeda gym yang bisa diatur pegangannya. Pastikan pegangannya tidak terlalu jauh dari jok hingga membuat kamu tubuh kamu membungkuk.

4. Mulai dari resistensi yang paling rendah

Sepeda gym memiliki resistensi yang juga bisa diatur, mulai dari paling ringan hingga paling berat.

Resistensi ini akan mempengaruhi beban saat pedal dikayuh. Kalau baru pertama kali menggunakannya, pastikan kamu mengesetnya pada resistensi yang paling rendah.

5. Lakukan pemanasan

Duduk di atas sepeda dan mengayuh pedalnya dengan kecepatan penuh sangat tidak disarankan.

Kamu perlu melakukan pemanasan dulu sebelum memeras keringat dengan sepeda gym. Pemanasannya dilakukan di atas sepeda, kok.

Kayuhlah dengan perlahan sambal membiasakan tubuh dengan gerakan yang dilakukan. Setelah itu, tambah resistensi sepeda secara perlahan.

6. Tetap kayuh untuk pendinginan

Melakukan olahraga di atas sepeda statis juga harus ditutup dengan pendinginan. Kamu tidak perlu turun dari sepeda, kok. Tetap kayuh sepeda sambil menurunkan resistensi ke paling rendah sambil mengayuh dengan kecepatan perlahan.

Kamu juga bisa melakukan peregangan (stretching) pada bagian tubuh yang bekerja selama bersepeda. Kamu bisa menarik tangan ke segala posisi, menggoyangkan bahu, dan juga menarik punggung ke belakang.

Tujuan Menggunakan Sepeda Gym

Tujuan Menggunakan Sepeda Gym - freepik.jpg

Beda tujuan, beda juga bentuk latihan dengan menggunakan sepeda statis di gym. Berikut tujuan yang bisa kamu pilih saat latihan dengan sepeda gym.

1. Untuk menjaga kebugaran

Kalau ingin mendapatkan tubuh yang bugar, olahraga yang dilakukan pastinya hanya dengan intensitas rendah ke sedang saja.

Kamu bisa membagi latihan ke dalam beberapa sesi, mulai dari pemanasan sampai pendinginan.

Lakukan pemanasan selama kurang lebih 5 menit, lalu tingkatkan resistensi dan tetap kayuh selama 10—20 menit. Dalam setiap 3—5 menit sekali, kamu bisa mengatur resistensi ke level rendah dan kembalikan ke level sedang.

2. Untuk menjaga daya tahan tubuh (endurance)

Kamu yang doyan olahraga cenderung mencari latihan yang bisa menjaga daya tahan tubuh. Untuk itu, kamu perlu memperpanjang interval perubahan resistensi bebannya. Tetap awali dengan pemanasan dengan resistensi rendah.

Lanjutkan latihan sepeda dengan meningkatkan resistensi dan tetap bertahan hingga 5—7 menit. Lalu, turunkan kembali dalam beberapa saat dan naikkan kembali resistensinya.

3. Untuk menurunkan berat badan

Kamu yang punya tujuan menurunkan berat badan pastinya perlu memilih resistensi tinggi. Dengan begitu, kalori yang terbakar juga akan lebih banyak.

Kamu tidak perlu meningkatkan kecepatan. Cukup kayuh pedalnya dengan benar dengan durasi latihan 20—30 menit.

Kalau memang bingung latihan sepeda sendiri, kamu bisa ikut kelas FIT CYCLE supaya bisa dapatkan fitness goal yang diinginkan. Yuk, daftar jadi member FIT HUB sekarang!