Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh yang Lebih Baik di 2024

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Resolusi baru di 2024 pasti mau lebih sehat. Karena itu, kamu perlu tahu cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik.

Ada banyak cara meningkatkan metabolisme tubuh yang sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Metabolisme tubuh ini seperti sebuah mesin yang mengubah makanan menjadi energi untuk regenerasi sel dan menjaga organ bekerja dengan baik.

Segala aktivitas yang dilakukan akan sangat berpengaruh untuk metabolisme tubuh. Untuk alasan inilah, kita perlu melakukan aktivitas yang tepat dan bermanfaat untuk tubuh.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh - freepik.jpg

Sebagian besar aktivitas yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh bahkan bisa kamu lakukan dari rumah.

Kamu cukup melakukannya dengan rutin untuk menjaga proses kimiawi tubuh ini tetap berjalan normal. Berikut cara mudah untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Bernutrisi artinya kamu mendapatkan semua hal yang dibutuhkan oleh tubuh, baik itu kalori, protein, vitamin, hingga serat, dan mineral.

Kamu juga perlu memperbanyak asupan protein untuk membantu tubuh membakar kalori untuk dijadikan tenaga.

Di samping itu, perhatikan juga waktu makan dan porsinya. Makan terlalu banyak dan tidak dibarengi dengan aktivitas fisik yang cukup malah akan memperlambat metabolisme tubuh. Tubuh malah tidak membakar kalori dan menyimpannya menjadi cadangan lemak di tubuh.

2. minum air yang cukup

Tubuh butuh air untuk menjalankan proses metabolisme. Karena itu, kamu butuh asupan air putih yang cukup setiap harinya. Sesuaikan jumlah asupan air minum dengan berat badan dan aktivitas yang dilakukan.

Tubuh akan memberi tahu saat kamu kurang minum. Salah satunya dengan merasa lapar, lemas, dan cairan urine berwarna kekuningan.

3. Konsumsi kafein

Sebuah studi yang dirilis di Sciencedirect menyebutkan bahwa kafein bisa membantu proses metabolisme lebih cepat.

Kafein membantu membakar kalori sekaligus mempercepat pembuangan sisa makanan dari tubuh.

Kamu bisa mendapatkan asupan kafein dari kopi dan juga teh. Disarankan untuk mengonsumsinya bukan berarti kamu bebas minum kopi atau teh kapan pun.

Tetap perhatikan reaksi tubuh setelah kamu meminumnya untuk menjaga tubuh tidak mendapatkan efek samping dari kafein. Sebut saja sulit tidur, kelelahan, hingga diare.

4. Memilih makanan pedas

Untuk sebagian orang, makanan pedas bisa jadi sangat menyiksa. Namun, ada sisi baik dari makanan pedas yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Kandungan capsaicin yang membuat rasa pedas bisa mendorong pembakaran kalori dan membuat tubuh berkeringat

Di samping itu, mengonsumsi makanan pedas juga bisa meningkatkan kerja jantung. Kondisi ini cukup baik untuk mendorong metabolisme tubuh tetap baik.

5. Lebih banyak berdiri

Anggapan “sitting is the new smoking” sangat benar adanya. Mereka yang lebih sering duduk memiliki metabolisme tubuh yang lebih lambat.

Bukan hanya itu, duduk terlalu lama juga meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan jantung.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa bangun sebentar setelah duduk selama satu sampai satu setengah jam.

Lebih baik lagi jika kamu mau berjalan kaki setelah duduk lama untuk membuat tubuh lebih rileks.

6. Mengelola stres

Mengelola stres dengan baik merupakan cara meningkatkan metabolisme tubuh yang juga cukup ampuh.

Saat stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol atau yang disebut juga hormon stres. Hormon inilah yang membuat aliran darah dan saluran pencernaan menjadi terganggu. Cara ampuh untuk mengelola stres adalah berolahraga dan terhubung dengan orang lain.

Lebih baik lagi jika kamu bisa menjauhkan diri dari penyebab stres. Selain itu, istirahat yang cukup juga jadi cara untuk menurunkan level stres.

7. Olahraga secara rutin

Mengangkat beban akan membuat metabolisme meningkat. Begitu juga dengan aktivitas olahraga kardio, seperti joging, bersepeda, dan dancing. Aktivitas ini akan melatih otot sekaligus membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Lebih baik lagi jika kamu mau meningkatkan level olahraga dengan mengikuti kelas High-Intensity Interval Training (HIIT).

Jenis olahraga ini akan membuat kinerja jantung lebih baik sekaligus mendorong metabolisme tubuh.

Nah, untuk kamu yang mau olahraga dengan lebih rutin, yuk gabung menjadi member FIT HUB. Kamu bisa memanfaatkan seluruh alat fitnes sekaligus ikut kelas HIIT buat dukung resolusi sehat di 2024.