Pengertian Cardio Dance dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Cardio dance adalah salah satu jenis workout yang bisa kamu coba, jika ingin mencari olahraga yang menyenangkan. Faktanya, cardio dance tak hanya asik dan menyenangkan saja, karena juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Healthline juga menyebutkan jika rutin melakukan cardio dance, nantinya kesehatan mental juga ikut terjaga. Pasalnya, olahraga ini dapat menurunkan stres, membuat mood jadi baik, dan meningkatkan kualitas tidur.

Cardio dance juga bisa dilakukan sebagai salah satu latihan harian, loh! Namun, kamu tetap bisa menyeimbangkannya dengan jenis latihan-latihan lain agar tidak bosan.

Nah, jika kamu penasaran dengan olahraga yang satu ini, simak dulu rangkuman selengkapnya berikut!

Apa Itu Cardio Dance?

Apa Itu Cardio Dance - freepik.jpg

Melansir dari Shape, cardio dance adalah latihan kardiovaskular yang menggunakan gerakan berbasis tarian dengan energi tinggi dan diiringi dengan musik.

Kelas cardio dance biasanya berdurasi 45—60 menit dan mirip dengan kelas aerobik. Beberapa kelas cardio dance berbasis gerakan koreografi yang bisa dipelajari di kelas.

Jenis cardio dance lainnya bisa hanya meniru gerakan intruktur dengan lagu yang diputar di kelas.

Cardio dance terdiri atas gerakan warm up agar tubuh mulai bergerak, diikuti dengan beberapa gerakan stretching, lalu bagian dance yang penuh energi.

Tergantung kelasnya, ada pula yang menargetkan latihan core yang kemudian ditutup dengan gerakan pendinginan.

Manfaat Cardio Dance untuk Tubuh

Manfaat Cardio Dance untuk Tubuh - freepik.jpg

Nah, kalau sudah mengetahui tentang latihannya, kamu juga perlu mengetahui efek latihan ini bagi kesehatan. Berikut inilah manfaat cardio dance yang bisa didapatkan oleh tubuhmu.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Alissa Tucker melalui shape.com menyebutkan bahwa cardio dance bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Latihan kardio seperti jumping jack, squat, dan side shuffles disamarkan sebagai gerakan tarian.

Latihan kardio klasik seperti popy pop atau shimmy yang merupakan gerakan klasik dapat membantu memperkuat kesehatan jantung dan paru-paru.

Nah, kalau gerakan kardio dijadikan sebagai kombinasi gerakan dance, tentu lebih banyak orang yang tertarik, ‘kan?

2. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Menari juga bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan sistem koordinasi tubuh kamu, loh.

Seiring bertambahnya usia, wanita yang aktif melakukan latihan aerobik berbasis tarian menunjukkan keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik.

Peningkatan keseimbangan dan koordinasi ini didapatkan dari pengulangan berbagai gerakan melangkah dalam tarian. Efeknya, jenis latihan ini juga mengurangi risiko terjatuh.

3. Meningkatkan ketangkasan dan fleksibilitas

Selain meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, cardio dance juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan gerak tubuh semakin lincah.

Penelitian terhadap para pemain ski mengalami peningkatan jangkauan gerak pinggul, mobilitas sendi, dan fleksibilitas tulang belakang yang mengurangi nyeri punggung.

Hal ini dipercaya karena adanya program pelatihan tari yang mereka lakukan untuk meningkatkan postur, fleksibilitas, dan koordinasi.

4. Membantu fungsi ingatan

Saat melakukan kelas cardio dance, koreografi yang dilakukan akan membuat pikiran terlibat saat mempelajari gerakannya.

Hal ini membantu mencegah penurutnan fungsi kognitif dengan membantu pengembangan jalur saraf baru di otak.

Hal ini juga akan berdampak makin baik jika ada gerakan-gerakan yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Untuk jangka panjang, latihan seperti ini juga akan membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

5. Meningkatkan mood

Secara umum, aktivitas fisik sering kali dikaitkan dengan tingkat stres dan kecemasan. Pada dasarnya, olahraga bisa merangsang produksi hormon endorfin.

Endorfin berperan untuk mengatur perasaan senang yang bisa meningkatkan mood saat beraktivitas.

Saat kamu menikmati kelas cardio dance dengan tersenyum dan tertawa, secara instan hal tersebut akan ikut meningkatkan suasana hati.

Orang yang lebih senang menari juga menunjukkan lebih banyak perhatian dan lebih sejahtera secara psikologis.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kelas cardio dance. Jadi, jangan ragu untuk mencoba latihan ini untuk mendapatkan efek yang positif bagi tubuh, ya!

Kamu juga bisa mencoba mengikuti kelasnya di FIT HUB dengan klik link ini!