Apa Itu Circuit Training dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Latihan ketahanan fisik harus mencakup semua jenis latihan yang manfaatnya baik bagi kebugaran. Karena itu, program latihan biasanya mencakup menu latihan kardio, strength training, core, dan rest day. Setiap menu latihan akan memberikan dampak masing-masing.

Kamu juga bisa mencoba circuit training jika ingin memberikan melatih kardio dan ketahanan tubuh sekaligus. Circuit training akan cocok untuk latihan dengan durasi yang singkat, tapi tetap berdampak signifikan untuk kesehatan tubuh.

Apa Itu Circuit Training?

Apa Itu Circuit Training - freepik.jpg

Circuit training adalah jenis latihan yang melibatkan beberapa gerakan latihan yang menargetkan beberapa kelompok otot berbeda dengan jumlah pengulangan tertentu. Biasanya, sesi circuit training hanya berlangsung untuk 30-45 menit saja.

Untuk durasi latihan yang relatif cepat, circuit training lebih disarankan untuk peserta yang memiliki nilai ketangkasan menengah. Artinya, kamu harus cukup menguasai teknik beragam latihan dengan tingkat kekuatan dan kebugaran dasar yang baik.

Namun, circuit training juga boleh dilakukan oelh para pemula asalkan dipandu oleh seorang pelatih. Kamu juga bisa mengikuti kelas circuit training di gym agar gerakan latihan lebih terkendali sekaligus lebih termotivasi saat melakukan latihan bersama-sama.

Beberapa orang mungkin menggunakan istilah high impact intensity training (HIIT) saat melakukan circuit training, tapi sebenarnya keduanya berbeda. Perbedaan utama HIIT dengan circuit training adalah intensitas, lama istirahat, dan jumlah total waktu latihan.

Manfaat Circuit Training Bagi Kesehatan

Manfaat Circuit Training Bagi Kesehatan - freepik.jpg

Circuit training dapat menjadi latihan fleksibel yang disesuaikan dengan jenis, intensitas, dan durasi latihan yang diinginkan. Selain bisa dilakukan sebagai salah satu latihan yang menarik, berikut ini manfaat circuit training bagi kesehatan.

1. Lebih banyak kalori terbakar dalam waktu singkat

Circuit training akan mempersingkat waktu latihan dan memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori daripada melakukan gerakan latihan satu per satu. Waktu jeda yang lebih singkat dalam circuit training menjaga detak jantung tetap tinggi dan meningkatkan pembakaran kalori. Jika kamu sibuk, 30-60 menit latihan sudah bisa berdampak efisien.

2. Cocok untuk semua tingkatan

Gerakan circuit training juga bisa dibuat lebih mudah atau lebih sulit dengan memanipulasi urutan atau waktu jeda di antara latihan. Bagi pemula, coba mulai dengan melakukan latihan tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah secara bergantian atau istirahat 15-30 detik di antara latihan.

Jika merasa terlalu mudah, tingkatkan dengan melakukan beberapa latihan tubuh bagian atas berturut-turut dilanjutkan dengan beberapa latihan tubuh bagian bawah secara berturut-turut. Lakukan setiap perubahan kecil secara bertahap agar tubuh beradaptasi.

3. Membangun periode istirahat

Rangkaian gerakan latihan dalam circuit training memungkinkan kamu untuk tidak berlebihan saat melatih setiap kelompok otot. Baik dengan atau tanpa istraiahat, circuit training bisa melatih otot dada dan trisep saat memulai latihan, diikuti dengan rangkaian latihan lain dengan kelompok otot berbeda sambil mengistirahatkan otot dada dan trisep.

4. Meningkatkan kekuatan

Circuit training juga menjadi latihan yang efisien untuk kesehatan karena menggabungkan latihan yang menargetkan otot-otot tubuh bagian atas dan bawah. Hal ini akan membantu meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan jika dilakukan secara konsisten.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Meski dilakukan dengan atau tanpa jeda istirahat, circuit training juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selama sesi latihan, jantung akan memompa lebih keras untuk memasok darah yang kaya akan oksigen ke otot sehingga meningkatkan daya tahan.

Kesimpulan

Circuit training merupakan mdetode latihan yang melibatkan pengulangan beberapa jenis latihan dengan periode singkat dan tanpa jeda istirahat. Tidak hanya hemat waktu dan menargetkan seluruh otot tubuh, circuit training juga meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan tubuh secara keseluruhan, membakar kalori, dan cocok untuk semua tingkatan.

Jika ingin melakukan circuit training pertama kali, sebaiknya kamu mendapatkan panduan dari pelatih. Kamu juga bisa daftar jadi member FIT HUB agar bisa mengikuti kelas Circuit bersama dengan peserta lain sekaligus dipandu oleh pelatih berpengalaman.