Emang Boleh Puasa-Puasa Cardio?

Pilihan Olahraga Setelah Sahur - freepik.jpg

Boleh gak sih lari atau sepedaan saat puasa pas perut lagi kosong-kosongnya? Selain haus ada ga si resiko terhadap kesehatan? Artikel ini akan mungkin menjawab kalian runners dan bikers yang berpikir untuk vakum latihan karena puasa. Sedikit spoiler ini kabar baik untuk kalian yang bertujuan untuk kurus atau fatloss.

Penelitian yang dilakukan tahun 2022 di Sport Medicine Laboratory, Guanxi Normal University China menemukan bahwa latihan aerobic (Cardio) pada kondisi puasa akan memberikan manfaat penurunan bobot lemak, BMI dan berat badan. Kardio saat puasa terbukti meningkatkan metabolisme lipid dalam tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan sensitivitas reseptor sel terhadap insulin. Ditemukan juga bahwa kardio saat puasa tidak menimbulkan rasa mual.

Nah, dari penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa latihan kardio saat puasa bermanfaat bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan, punya masalah dengan profil lemak dalam tubuh dan beberapa penderita diabetes tipe 2.

Namun, salah satu penghambat dan resiko dari latihan kardio saat puasa adalah dehidrasi dan kehausan. Oleh karena itu kamu dapat mempertimbangkan 3 hal durasi latihan 15-30 menit, waktu latihan 1-2 jam sebelum berbuka dan menurunkan pace/speed kamu ke intensitas sedang - moderat.

Jika ingin latihan kardio di FIT HUB juga bisa kok, kita menyediakan beberapa alat functional seperti battling ropes, kettlebell, cone, dip bar dll untuk melatih cardio endurance. FIT HUB juga menyediakan trainer yang bisa melatih cardio boxing dengan kamu.

Sampai ketemu di FIT HUB gym ya..

Referensi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9674552/ https://doi.org/10.1017/S0007114516003160