Fat Burner: Pengertian, Cara Kerja, dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan selain dengan berolahraga. Nah, salah satu yang sering dicoba oleh banyak orang ialah dengan memanfaatkan fat burner atau pil pembakar lemak untuk menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah dan instan. Saat ini ada banyak jenis diet yang bisa dipilih sebagai cara menurunkan berat badan.

Selain konsumsi suplemen/pil, tentunya perubahan gaya hidup akan tetap diperlukan untuk memberikan hasil yang maksimal.

Lantas, apakah memilih untuk mengonsumsi pil pembakar lemak adalah pilihan yang salah? Agar kamu bisa memahami dengan baik, simak penjelasan selengkapnya tentang fat burner mulai dari pengertian hingga efek sampingnya di bawah ini, ya!

Pengertian Fat Burner

pengertian fat burner - freepik.jpg

Dikutip dari WebMD fat burner atau pil pembakar lemak adalah suplemen yang berisi padatan alami atau buatan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Suplemen ini disebutkan bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Saat ini, masih ada banyak penelitian yang dilakukan untuk melihat bagaimana efek jangka panjang yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan bahan-bahan yang ada dalam suplemen pembakar lemak.

Apakah suplemen pembakar lemak ini efektif untuk menurunkan berat badan? Jawabannya juga masih dalam penelitian. Walaupun sering digunakan untuk menurunkan berat badan, tidak banyak bukti yang bisa digunakan untuk membuktikan bahwa suplemen itu efektif.

Hal yang perlu diperhatikan adalah konsumsi suplemen pembakar lemak dapat 'mengganggu' konsumsi obat-obatan atau suplemen kamu yang lain. Berikut adalah kandungan yang ada dalam fat burner yang perlu menjadi perhatian sebelum mengonsumsinya:

  • Kafein: kafein adalah bahan yang umum digunakan dalam suplemen pembakar lemak karena bisa menstimulasi nervous system dan membantu membakar kalori.
  • Ekstrak teh hijau: ekstrak green tea membantu membakar kalori dan mengurangi lemak yang diserap dari makanan.
  • Karnitin: bahan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan memberimu energi.
  • Yohimbe: bahan dari tumbuh-tumbuhan yang biasa juga dipakai dalam suplemen pembakar lemak namun memberikan efek negatif seperti sakit kepala, cemas, dan meningkatkan aliran darah.

Cara Kerja Fat Burner

Bagaimana cara kerja suplemen pembakar lemak pada tubuh kamu?

Suplemen fat burner bekerja dengan cara meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan pengeluaran energi secara keseluruhan yang membuat berat kamu turun seiring berjalannya waktu.

Studi menyebutkan bahwa suplemen pembakar lemak tidak bekerja seperti yang kamu pikir. Suplemen itu tidak akan membuat lemak-lemak kamu langsung menghilang, melainkan membantu penurunan berat badan dengan cara lain, yaitu:

Melansir Healthline, suplemen pembakar lemak bisa menjadi salah satu alat pendukung dalam manajemen berat badan. Maksudnya, kamu bisa menggunakan suplemen pembakar lemak sebagai alat kontrol berat badan.

Dalam banyak kasus, konsumsi suplemen fat burner atas saran dokter bisa bekerja dengan efektif sebesar 5-10% pada proses penurunan berat badan.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan bahwa efektivitas cara kerja suplemen ini dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti obat-obatan lain yang kamu konsumsi, serta perubahan gaya hidup dan aktivitas fisik seperti olahraga yang teratur.

Efek Samping Konsumsi Suplemen Fat Burner

Efek Samping Konsumsi Suplemen Fat Burner - freepik.jpg

Konsumsi suplemen pembakar lemak bisa memberikan efek samping tertentu untuk kesehatan. Efek samping umum yang sering terjadi yaitu kecemasan, insomnia, dan masalah jantung.

Nah, berikut adalah beberapa efek samping lainnya dari suplemen pembakar lemak:

1. Alergi

Efek kesehatan yang pertama adalah kemungkinan timbulnya alergi. Efek ini bisa dikatakan adalah efek umum yang juga sering terjadi.

Bahan yang terkandung dalam suplemen pembakar lemak yang tidak cocok dengan tubuh kamu akan bereaksi dalam bentuk alergi.

Ini berkaitan juga dengan kapasitas dan sensitivitas tubuh terhadap bahan-bahan yang asing atau tidak pernah dikonsumsi sebelumnya. Efek alergi ini antara lain gatal-gatal dan sakit perut.

2. Masalah Jantung

Beberapa bahan yang terkandung dalam suplemen pembakar lemak dapat berbahaya untuk jantung. Bahkan karena hal tersebut, banyak suplemen pembakar lemak yang telah ditarik dari pasaran.

Salah satu bahan yang bisa menyebabkan masalah jantung adalah sibutramine yang bisa mengakibatkan stroke hingga serangan jantung.

3. Insomnia

Peningkatan detak jantung dan metabolisme yang disebabkan oleh suplemen pembakar lemak bisa mengganggu rutinitas tidur kamu.

Kandungan dari suplemen seperti kafein akan memberikan efek negatif kepada tidur kamu. Kamu bisa merasakan mual dan mengurangi imunitas tubuh karena kurang tidur.

Insomnia jadi salah satu efek yang paling sering ditemui sebagai efek mengonsumsi suplemen pembakar lemak ini.

4. Dehidrasi

Mayoritas suplemen pembakar lemak mengandung dehydrating agents atau bahan yang membuat dehidrasi dan berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu.

Apalagi di Indonesia dengan cuaca yang panas, mengonsumsi suplemen yang bisa menyebabkan dehidrasi akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Bukan hanya dehidrasi, kamu juga bisa merasakan sakit kepala yang luar biasa hingga pingsan karena hal ini.

5. Kerusakan Hati

Bukan hanya jantung, efek samping dari pil fat burner juga bisa menyerang hati. Bahkan pada tahun 2014 ada merek suplemen pembakar lemak yang ditarik dari pasaran karena menyebabkan kerusakan hati.

Dalam laporan yang dimuat oleh New England Journal of Medicine, pada tahun 2014 itu setidaknya ada 100 laporan kasus hepatitis (peradangan hati) karena suplemen tersebut.

Kandungan yang menyebabkan kerusakan hati itu disebut dengan aegeline yang belum diuji pada manusia saat itu.

Kesimpulan

Fat burner adalah suplemen pembakar lemak yang memiliki fungsi untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara manajemen/kontrol berat badan. Konsumsi suplemen ini tidak akan efektif jika tidak diikuti dengan perubahan gaya hidup yang lebih baik.

Kamu bisa mulai mengubah gaya hidup selain dengan diet juga dengan olahraga yang teratur dan gabung menjadi member FIT HUB agar olahraga jadi lebih mudah dan teratur. Yuk, daftar sekarang!