Pilihan Healthy Food untuk Resolusi Sehat di Tahun Baru 2024

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Salah satu resolusi yang perlu ada setiap ganti tahun adalah menjalankan pola hidup sehat. Resolusi yang satu ini kerap sulit dilakukan, tapi bukan berarti tidak mungkin buat dicoba. Kamu bisa mulai dengan memulai mengonsumsi healthy food di rumah, kok.

Lebih baiknya lagi kalau menyantap makanan sehat bisa jadi kebiasaan yang dibawa setiap hari. Dengan begitu, resolusi lebih sehat bukan hanya sekadar wacana semata.

Alasan Perlu Memperbanyak Healthy Food

Alasan Perlu Memperbanyak Healthy Food - freepik.jpg

Saran untuk selalu memilih makanan yang sehat bukan cuma isapan jempol. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan sendiri oleh tubuh secara langsung. Berikut manfaat memperbanyak konsumsi healthy food.

1. Menjaga metabolisme tubuh

Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh juga akan melambat. Nah, salah satu cara menjaga metabolisme pastinya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Tentunya ditambah dengan olahraga dan aktivitas fisik lain.

2. Menjaga berat tubuh ideal

Perubahan bentuk tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh makanan, baik jenis maupun jumlah porsinya. Mengubah pilihan menu makanan menjadi lebih sehat bisa menjaga berat badan tetap ideal, loh.

3. Menurunkan risiko penyakit

Tidak ada orang yang suka dengan kondisi tubuh lemas dan tidak bertenaga. Terlebih lagi jika sampai terkena penyakit tertentu. Penyakit-penyakit berbahaya bisa muncul akibat mengonsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan. Karena itu, yuk mulai perbanyak pilihan healthy food dari sekarang.

Resolusi Bugar dengan Pola Makan Sehat

Resolusi Bugar dengan Pola Makan Sehat - freepik.jpg

Makanan sehat sebenarnya cukup banyak dan terjangkau, loh. Berikut pola makan sehat yang bisa kamu jadikan resolusi 2024.

1. Konsumsi sayur dan buah

Bisa dibilang, sayur merupakan mandatori dalam setiap piring makanan. Artinya, kamu harus selalu memasukkan sayur dalam setiap waktu makan, mulai dari pagi, siang, dan sore. Lalu, jadikan buah-buahan sebagai pilihan menu camilan di sela-sela waktu makan. Harga sayur dan buah cukup terjangkau, kok.

2. Perbanyak protein

Protein membantu pertumbuhan dan mengganti sel tubuh yang rusak. Sejumlah organ penting juga butuh protein untuk tetap sehat dan bekerja normal. Dapatkan protein alami dari kacang-kacangan, ayam, telur, dan ikan. Pastikan kamu memilih merebus atau mengukusnya untuk menjaga nutrisinya tidak hilang.

3. Perhatikan porsi makan

Semua yang berlebihan tetap tidak baik. Kamu tetap perlu menjaga porsi makan tetap normal. Kamu bisa menggunakan piring kecil saat makan agar tidak mengambil makanan yang terlalu banyak. Bisa juga dengan menyantap camilan sehat di sela waktu makan untuk membuat perut lebih kenyang.

4. Mengurangi asupan gula

Mengurangi asupan gula harian memang jadi tantangan yang paling sulit dilakukan. Terlebih buat kamu yang doyan mengonsumsi produk kemasan dan minuman kekinian. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah perbanyak konsumsi air putih untuk menurunkan keinginan konsumsi makanan dan minuman manis.

5. Tidak melewatkan waktu makan

Makan secara teratur akan lebih baik dibanding makan besar dalam satu waktu. Karena itu, kamu tidak boleh melewatkan waktu makan, mulai dari pagi, siang, dan malam. Melewatkan satu waktu makan akan membuat perut terasa sangat lapar sehingga berpotensi membuat kamu makan berlebihan.

6. Memasak makanan sendiri

Enaknya memasak makanan sendiri adalah kamu bisa memilih bahan sesuai dengan keinginan. Soal rasa, kamu pun bisa menyesuaikan rasanya dengan selera. Kamu juga tahu tentang kebersihan dan proses memasaknya. Selain itu, memasak sendiri makanan di rumah juga lebih hemat.

7. Kelola stres dengan baik

Ada hubungan antara stres dengan pola makan sehat. Saat stres, tubuh seolah “meminta” makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang terlalu manis atau asin. Jika dituruti terus, kesehatan badan kamu yang akan dalam bahaya. Karena itu, kamu perlu mulai mengelola stres dengan baik dari sekarang.

Salah satu cara mengelola stres yang bisa kamu lakukan adalah rutin berolahraga. Dengan berolahraga, kamu juga bisa dapatkan fitness goal 2024. Biar lebih nyaman olahraganya, yuk join member FIT HUB sekarang.