Tips Menerapkan Healthy Lifestyle untuk Menyambut 2024

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Membuat resolusi tahun baru sebaiknya ditentukan dengan target yang realistis. Hal ini akan membuat kamu lebih mawas diri dalam menjalani setiap progressnya. Buatlah target yang realistis, tapi juga menyeluruh, terutama untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Tubuh yang sehat tidak terbatas pada hal-hal yang terlihat secara fisik, loh. Begitu pula dengan upaya untuk menjaga kesehatan. Rajin olahraga atau diet ketat bukanlah cara agar tubuh tetap sehat. Yuk, MinHub akan berikan tips healthy lifestyle yang harus kamu jadikan resolusi baru di tahun baru!

Rekomendasi Healthy Lifestyle Tahun Baru

Rekomendasi Healthy Lifestyle Tahun Baru - freepik.jpg

Kamu tidak perlu menetapkan target untuk menurunkan berat badan secara drastis untuk punya resolusi tahun baru. Tips healthy lifestyle berikut ini bisa kamu lakukan untuk dapat kembali fokus pada kesehatan dan menjalani rutinitas setelah pesta tahun baru.

1. Disiplin jadwal tidur dan bangun

Tidur memiliki peran yang penting untuk tubuh. Mungkin saja belum kamu belum menyadari bahwa kamu belum mencukupinya. Tidur dapat membantu meningkatkan energi, mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan membuat kulit lebih sehat.

Nasihat untuk mendapatkan kualitas tidur sudah dijelaskan di mana-mana. Namun, satu hal yang banyak disepakati adalah fakta bahwa tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

Karena itulah, kamu bisa mencoba menetapkan pengaturan waktu tidur dan bangun lewat gadget. Pengingat ini mungkin mulanya memaksa kamu untuk melakukan rutinitas baru yang terasa tidak nyaman. Namun, disiplin atas hal tersebut bisa mendorong kamu untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Pilih olahraga yang kamu suka

Jika rutinitasmu sudah berlangsung dengan baik, kamu bisa menambahkan olahraga sebagai salah satu aktivitas yang menyenangkan. Pilih olahraga yang kamu suka dan hal ini bisa saja berbeda dengan preferensi orang lain. Hal terpenting adalah konsisten dengan rutinitas itu.

Mencoba macam-macam olahraga yang belum pernah dicoba sebelumnya tentu bisa jadi resolusi tahun barumu. Namun, mencoba satu jenis olahraga hingga mahir belum tentu bisa jadi “tugas” yang menyenangkan untuk dilalui.

Alih-alih menganggap olahraga sebagai tugas, kamu bisa mencoba beberapa kelas olahraga yang berbeda. Jika sudah mencoba beberapa kali, mungkin kamu menemukan salah satu atau beberapa jenis olahraga yang kamu sukai. Menikmati beberapa jenis olahraga berbeda mungkin justru baik untuk meminimalisasi stres pada otot yang berisiko cedera.

3. Luangkan waktu bersosialisasi

Banyak hal yang berubah dan memengaruhi rutinitas harian setelah masa pandemi. Kamu mungkin menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja di depan komputer. Terlepas dari pentingnya waktu istirahat, kamu juga harus meluangkan waktu untuk bersosialisasi.

Hal paling mudah untuk dilakukan adalah meluangkan waktu makan bersama dengan keluarga setidaknya satu hari dalam seminggu. Namun, kamu juga bisa meluangkan waktu untuk sekedar bertanya kabar pada teman-teman lama, baik dengan bertemu secara tatap muka maupun hanya sekedar panggilan telepon.

Meluangkan waktu bersosialisasi mengembalikan kodrat sebagai manusia yang pada dasarnya merupakan makhluk sosial. Meluangkan waktu untuk berinteraksi secara rutin akan tetap membantu kamu mendapatkan support system yang baik.

4. Kurangi screen time

Mungkin kamu sering kali tidak sadar jika sudah membuka media sosial lebih dari 30 menit. Nah, hal ini biasanya juga memicu adanya stress, ketakutan, dan kekhawatiran karena konten yang kamu lihat terlalu banyak melalui media sosial.

Jika sudah meluangkan lebih banyak waktu untuk berinteraksi, kamu juga bisa mengurangi screen time, loh. Hal ini akan mengistirahatkan diri kamu dari rasa takut atas pekerjaan yang belum selesai atau sekedar mengurangi hasrat belanja online.

5. Minum air dan makan sayur lebih banyak

Selain rutinitas harian, kamu juga bisa mengatur asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan kamu minum cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Gunakan tumbler dan minum air untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan fungsi ginjal yang lebih baik.

Kamu tidak perlu melakukan diet ekstrim untuk bisa hidup sehat. Menambahkan porsi sayuran ke dalam menu harian kamu juga sudah menjadi salah satu resolusi tahun baru yang lebih baik. Makan sayuran bisa jadi salah satu cara mengurangi inflamasi, mengurangi risiko penyakit kronis, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah healthy lifestyle yang bisa kamu terapkan sebagai resolusi tahun baru. Meski hanya dimulai dari hal-hal sederhana, rutinitas ini bisa menjadi gaya hidup baru yang lebih baik di tahun baru. Untuk memotivasi kamu menemukan olahraga yang paling disukai, daftar jadi member FIT HUB saja dan coba banyak kelas menarik bersama coach profesional!