Jadwal Latihan Gym yang Ideal Buat Rutinitas di Tahun Baru

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Sambut tahun baru dengan rutinitas latihan baru di FIT HUB, yuk! Buat kamu yang sudah daftar jadi member atau baru mau daftar, MinHub akan kasih rekomendasi jadwal latihan gym yang cocok untuk membantu kamu lebih konsisten dalam mencapai fitness goal.

Tips untuk membuat jdawal latihan ini bisa jadi panduan agar kamu bisa tetap melakukan rutinitas olahraga dengan baik,jika ada jadwal harian yang terlewat.

Gunakan alternatif lain seperti menjaga jumlah intentitas olahraga lebih sering, bukan lebih panjang. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak artikel berikut ini!

Rekomendasi Jadwal Latihan Gym

Rekomendasi Jadwal Latihan Gym - freepik.jpg

Kamu tidak perlu memaksakan rutinitas latihan di tahun baru pada hari yang sama setiap minggunya. Mulailah dengan menetapkan aturan sederhana dari jumlah latihan rutin dalam seminggu seperti berikut ini:

1. Strength Training 2—3 Kali Seminggu

Untuk membangun massa otot, kamu harus melatih setiap kelompok otot sebanyak 2—3 kali seminggu.

Artinya, kamu harus melakukan full body workout dalam waktu tersebut. Beri waktu jeda 48 jam di antara setiap sesi untuk memberi waktu pemulihan otot.

Melatih kelompok otot di tubuh bagian atas dan bawah adalah fokus latihan yang ingin dilakukan banyak orang. Latihan itu termasuk otot bokong, paha depan, paha belakang, dada, bahu, punggung, dan lengan.

Kombinasikan dengan latihan keseimbangan seperti overhead press atau bench press serta pull-up.

Perlu diingat bahwa strength training bukan hanya tentang latihan beban atau alat di gym, menguasai bodyweight moves juga akan menantang otot-otot tubuh kamu.

Lakukan 12–15 repetisi per set jika baru memulai, tambah beban dan kurangi repetisi saat kamu sudah merasa lebih nyaman dengan gerakannya. Satu hingga dua set setiap latihan sudah cukup untuk bulan pertama, setelah itu barulah coba untuk menambahkannya.

Agar tidak bosan, lakukan kombinasi gerakan yang berbeda di setiap sesi kekuatan. Namun, pastikan untuk mengulangi gerakan yang sama setiap minggu.

2. Kardio 2—3 Kali Seminggu

Sama pentingnya dengan strength training, kardio juga harus dilakukan agar dapat menyeimbangkan rutinitas workout.

Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa olahraga kardio seperti joging, bersepeda, dan berenang. Latihan di dalam gym seperti kettlebell swings juga bisa dijadikan sebagai latihan kardio yang meningkatkan detak jantung.

Pilihan lain yang bisa dilaukan adalah interval training, beberapa gym seperti FIT HUB punya kelas HIIT, loh.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan variasi latihan lain seperti zumba atau cardio dance di kelas untuk mencari suasana baru dengan latihan bersama banyak orang.

Lakukan rutinitas tersebut dengan porsi yang sama dengan strength training. Hal ini akan membuat kamu tidak mudah bosan melakukan rutinitas olahraga.

3. Rest Day 2 Kali Seminggu

Istirahat sama pentingnya dengan berolahraga sehingga porsinya juga harus selalu kamu perhatikan. Rest day pada dasarnya bukan hanya berfokus pada pemulihan fisik, tapi juga mental.

Beberapa orang tetap memilih untuk melakukan active rest/recovery saat rest day, tapi hal terbaik adalah mengetahui kebutuhan fisik dan mental kamu.

Jika sedang merasa lelah, mengambil waktu istirahat tanpa melakukan aktivitas fisik pun tidak apa-apa. Jika memang memilih untuk melakukan active recovery, cukup luangkan 30—60 menit saja saat rest day.

Nah, itulah jadwal latihan gym yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu panduan workout di tahun baru.

Kamu boleh saja datang ke gym setiap hari, tapi tetap luangkan waktu untuk mengatur jadwal latihan sesuai porsi dan kemampuan, ya.

Jika kamu mengabaikan rest day, risiko cedera akan semakin tinggi, terutama jika kamu overtraining. Jadi, tetap bijak dalam memilih tujuan olahraga kamu, ya!