Jadwal Olahraga yang Baik untuk Resolusi Tahun Baru

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Memulai tahun 2024 dengan resolusi baru bisa jadi salah satu motivasi untuk bisa membuat dirimu lebih baik.

Tahun baru mungkin jadi awal kesibukan baru kamu. Mungkin ada banyak rencana pendidikan, karier, dan pencapaian baru lain yang ingin kamu capai.

Namun, jangan lupakan pentingnya mengatur jadwal olahraga yang baik untuk mendukung tujuan barumu.

Kamu bisa menetapkan tujuan agar bisa mengatur waktu latihan yang realistis. Dengan kesibukan pada pagi hingga sore hari, sempatkan rutinitas di waktu lain dan lakukan secara konsisten.

Kali ini, MinHub akan share jadwal olahraga yang baik di tahun baru buat kamu yang punya kesibukan 9-to-6.

Rekomendasi Jadwal Olahraga yang Baik

Rekomendasi Jadwal Olahraga yang Baik - freepik.jpg

Olahraga yang baik adalah rutinitas untuk melakukan latihan secara konsisten. Karena itulah, kamu perlu mengatur waktu paling ideal di sela-sela kesibukan harian dengan cara berikut.

1. Bangun 30—60 menit lebih pagi

Memulai olahraga di pagi hari dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot sehingga menjadikan kamu lebih waspada.

Setelah olahraga, metabolisme tubuh juga akan meningkat sehingga secara alami akan memberikan dorongan energi sepanjang hari.

Jika kesulitan bangun lebih pagi, cobalah untuk mencobanya perlahan. Misalnya, coba dengan 15 menit lebih bagi, 20 menit, 30 menit, dan seterusnya.

Jangan paksakan secara ekstrim terutama saat kamu terlalu lelah melakukan aktivitas di malam harinya.

2. Latihan peregangan tubuh

Luangkan 5—10 menit untuk melakukan peregangan atau yoga sebagai warming up. Melatih kelenturan tubuh juga meminimalisasi risiko cedera saat olahraga.

Targetkan untuk belajar beberapa latihan singkat di tahun baru, kamu bisa menemukan banyak referensi secara online, kok.

3. Latihan kardio singkat

Usahakan untuk melakukan sesi kardio singkat sekitar 20—30 menit. Aktivitasnya bisa berupa jalan cepat atau joging, bersepeda, atau rutinitas olahraga di rumah seperti HIIT. High intensity interval training (HIIT) bisa kamu lakukan dari video latihan gratis.

Namun, kamu juga bisa ikut kelas latihan di gym seperti FIT HUB untuk mendapatkan latihan kardio singkat. Jika jadwal kelas tidak cocok, kamu bisa menggunakan treadmill untuk joging.

4. Strength training sore hari

Variasikan aktivitas latihan kamu dengan latihan di sepulang kerja, terutama jika kamu tidak sempat latihan pagi hari.

Sepulang kantor, kamu juga bisa mampir ke FIT HUB untuk memilih beberapa kelas yang seru untuk latihan core atau booty shaping, loh.

Bagi yang lebih suka berolahraga setelah bekerja, sisihkan waktu 40—50 menit untuk sesi latihan utama. Buat menu latihan yang berbeda-beda agar kamu tidak bosan latihan di gym.

  • Senin/Rabu/Jumat: strenght training yang berfokus pada kelompok otot berbeda setiap hari (kaki, lengan, atau core).
  • Selasa/Kamis: pertimbangkan sesi kardio yang lebih lama seperti berlari, berenang, atau bersepeda.
  • Gabungkan latihan seperti push-up, squat, lunge, plank, dan angkat beban untuk melatih kekuatan otot yang berbeda. Selalu luangkan setidaknya 5—10 menit untuk melakukan pendinginan dengan peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ketegangan otot.

5. Luangkan weekend workout

Kamu bisa berlatih untuk melakukan latihan yang durasinya lebih panjang di akhir pekan (weekend). Pilih aktivitas di luar ruangan agar kamu bisa menikmati suasana baru.

Datang ke gym bersama teman juga bisa jadi opsi yang menyenangkan agar bisa saling menyemangati.

6. Disiplin dengan jadwal latihan

Ingatlah untuk selalu disiplin dengan jadwal latihan yang sudah kamu tetapkan. Jika kamu kesiangan bangun, luangkan waktu di sore hari dengan durasi latihan yang sama.

Cara ini memberikan waktu pada tubuh untuk menyesuaikan diri. Kamu juga bisa menikmati proses latihan dan merasakan suatu pencapaian tertentu dengan tetap disiplin berlatih.

7. Lakukan “rest day”

Olahraga memang penting, tapi istirahat juga tidak kalah pentingnya. Peran istirahat justru bisa memberikan tubuh kesempatan untuk kembali pulih dan lebih berenergi saat berlatih selanjutnya. Dengan begitu, rutinitas olahraga kamu tidak akan terganggu.

Nah, itulah rekomendasi jadwal olahraga yang baik untuk resolusi tahun baru kamu! Jika ingin lebih disiplin berlatih dengan cara yang benar, kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk dibimbing oleh personal trainer (PT).

Mau mulai latihan dengan fasilitas gym yang lengkap di mana saja dan kapan saja? Yuk, daftar dulu saja jadi member FIT HUB sekarang!