10 Rekomendasi Jus Buah yang Bermanfaat untuk Diet

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Selain berolahraga, mengatur pola makan secara tepat juga merupakan faktor penting dalam memaksimalkan program diet, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi jus buah diet.

Dikutip dari laman Healthline, minum jus buah sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, sekaligus dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jus buah sendiri sangat praktis untuk program diet, karena dapat menjadi sumber nutrisi tambahan bagi tubuh.

Lantas apa saja jenis jus buah yang tepat untuk diet? Yuk, intip beberapa rekomendasi jus buah diet yang menyehatkan berikut ini!

Rekomendasi Jus Buah Diet

Perlu diperhatikan, pilih jenis buah yang yang memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah. Pertimbangkan juga untuk mengonsumsi buah yang masih segar dan bebas dari bahan pengawet.

Untuk selengkapnya, berikut adalah 10 rekomendasi jus buah yang bermanfaat untuk program diet yang kamu jalani.

1. Jus Nanas

Jus Nanas - freepik.jpg

Jus nanas sangat cocok untuk program diet karena memiliki beragam manfaat yang dapat mendukung pengelolaan berat badan.

Nanas sendiri merupakan jenis buah yang memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga tepat untuk dikonsumsi selama program diet.

Selain itu, buah nanas juga kaya akan serat, yang mana kandungan tersebut dapat membantu mengontrol nafsu makan dengan meningkatkan rasa kenyang.

2. Jus Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang populer untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet.

Buah pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang efektif dalam mendukung metabolisme tubuh, ini penting terutama untuk meningkatkan pembakaran kalori selama diet.

Di sisi lain, pisang juga memiliki rasa manis alami yang dapat memuaskan hasrat untuk mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang berlebih.

3. Jus Bit

Melansir Forbes, mengonsumsi jus bit disebutkan mampu mendukung penurunan berat badan. Sebab, minuman ini kaya akan kandungan antioksidan yang menyehatkan bagi tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam buah bit efektif untuk menangkal peradangan yang terkait dengan kondisi obesitas karena dapat mendorong pemecahan sel-sel lemak di dalam tubuh.

Buah bit juga dapat meningkatkan jumlah mikrobioma terutama bakteri baik di usus yang berperan dalam penurunan berat badan.

Selain dapat digunakan sebagai campuran salad buah, kamu juga bisa mengonsumsi jus bit secara langsung atau mencampurkannya ke dalam smoothie.

4. Jus Ceri

Jus Ceri - freepik.jpg

Rekomendasi jus buah selanjutnya yang juga tidak kalah efektif untuk membantu mengoptimalkan program diet adalah jus buah ceri.

Jus ceri sendiri sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan nutrisi seperti zat besi dan kalium. Kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imun tubuh sekaligus baik untuk pengelolaan berat badan.

Terdapat berbagai jenis buah ceri yang bisa kamu pilih, seperti ceri hitam dan ceri asam yang mengandung lebih banyak kandungan antosianin yang membantu meningkatkan proses anti peradangan dalam tubuh.

5. Jus Delima

Selain lezat dan menyegarkan, jus buah delima juga merupakan minuman sehat yang mampu mendukung program diet, lho!

Jus delima kaya akan nutrisi yang dapat memberikan efek antiobesitas, antikanker, serta antiinflamasi.

Untuk membuat jus delima juga cenderung mudah, kamu bisa menambahkan air dingin atau es batu ke dalam blender untuk sensasi minum jus yang lebih nikmat.

6. Jus Jeruk

Bukan suatu rahasia bahwa buah jeruk merupakan makanan yang kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan.

Kandungan vitamin C pada jus jeruk merupakan elemen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk membakar lemak. Dengan kata lain, konsumsi vitamin C sangatlah baik untuk memperlancar penurunan berat badan.

Selain itu, jus jeruk juga memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga mampu membantu tubuh tetap terhidrasi selama program diet.

7. Jus Semangka

Jus Semangka - freepik.jpg

Layaknya buah jeruk, jus buah semangka juga mengandung banyak air yang penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengonsumsi jus semangka juga dapat membantu mengurangi asupan kalori berlebih, membuatnya sebagai minuman yang sehat sekaligus mengenyangkan.

8. Jus Apel

Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu juga bisa menjadikan buah apel sebagai bahan dasar untuk membuat jus.

Apel sendiri mengandung senyawa pektin yang tinggi, yaitu serat yang dapat membantu mengurangi rasa lapar sehingga tepat untuk mengendalikan nafsu makan selama diet.

Buah ini juga dapat mengatur kadar gula dalam darah, sekaligus penting untuk mencegah lonjakan insulin dalam tubuh yang pada gilirannya dapat menjadi penyebab lemak berlebih pada tubuh.

9. Jus Jambu Biji

Jambu biji merupakan jenis buah yang kaya akan nutrisi penting untuk meningkatkan metabolisme, sistem pencernaan, serta baik untuk sistem imun tubuh.

Meskipun memiliki rasa manis, jus jambu biji ternyata memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk menstabilkan kadar gula darah dan mencegah keinginan makan secara berlebihan.

10. Jus Lemon

Jus Lemon - freepik.jpg

Lemon merupakan jenis buah yang kerap dijadikan sebagai bahan dasar jus karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Jus lemon juga dikenal dengan sifat detoksifikasinya, yang berperan dalam membuang racun di dalam tubuh sekaligus menjaga fungsi organ yang penting untuk penurunan berat badan.

Kesimpulan

Mengonsumsi jus buah diet merupakan langkah bijak yang bisa kamu lakukan agar program diet yang dijalani dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Selain menjaga pola makan, melakukan latihan fisik secara teratur juga sangat diperlukan sebagai bagian dari pengelolaan berat badan yang sehat dan berkelanjutan.

Yuk, bergabung menjadi member FIT HUB untuk mendapatkan beragam jenis pelatihan dan pendampingan yang tepat dari personal trainer.

Coba program free trial dari FIT HUB sekarang juga!