Karbohidrat Sebagai Sumber Tenaga Untuk Olahraga

Karbohidrat adalah sumber energi utama yang asupannya perlu dicukupi dengan baik untuk mendukung dan mengoptimalkan kinerja dari berbagai fungsi tubuh, dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup, tubuh akan mendapatkan energi yang diperlukan untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari termasuk aktivitas olahraga.

Konsumsi karbohidrat yang cukup sepanjang hari, membantu protein melakukan tugas utamanya yaitu untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot. Jika tubuh membatasi asupan karbohidrat, maka protein akan digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dan tidak digunakan untuk membangun massa otot.

Carbs-613046884-770x533-1.jpg

Banyak orang yang aktif latihan dan berolahraga hanya mengonsumsi protein setelah olahraga, padahal kombinasi asupan karbohidrat dan protein dibutuhkan untuk membantu dalam pemulihan.

Bagi atlet dan orang-orang yang aktif latihan, pola makan tinggi karbohidrat diperlukan untuk menopang kebutuhan aktivitas sehari-hari dan aktivitas latihan. Meskipun kebutuhan akan bervariasi berdasarkan komposisi tubuh setiap individu dan jenis latihan yang dilakukan, karbohidrat akan selalu menjadi sumber energi utama bagi tubuh kita. Berikut ini adalah waktu-waktu kapan saja kamu mengkonsumsi karbohidrat:

3-4 Jam Sebelum Latihan

Jika menggunakan metode ini, maka sumber karbohidrat kompleks sangat tepat untuk dikonsumsi. Pilihlah menu karbohidrat yang tinggi serat, seperti oatmeal ataupun beras merah.

1 Jam Sebelum Latihan

Mengkonsumsi karbohidrat pada 1 jam sebelum berlatih termasuk pada kategori yang terlambat dalam mengkonsumsi banyak serat. Cara ampuhnya adalah dengan menggunakan campuran ideal dengan serat yang rendah hingga medium dan dengan porsi yang secukupnya.

15 Menit Sebelum Latihan

Cukup pilih karbohidrat sederhana seperti buah-buahan kering ataupun minuman tinggi kalori

Saat Latihan

Saat latihan, kamu bisa mengkonsumi karbohidrat sebagai tambahan energi. Khususnya jika kamu berlatih dengan intensitas tinggi. Sumber karbohidrat dalam bentuk bar ataupun squish bisa menjadi pilihan tepat.

Pasca-Latihan

Sesaat selesai latihan, direkomendasikan untuk mengkonsumsi karbohidrat simple, karena jenis karbohidrat ini cepat diserap oleh tubuh sehingga bisa menggantikan energi yang sudah terpakai saat latihan. Buah-buahan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Referensi: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/4394 https://www.sfidn.com/article/post/cara-meningkatkan-power-latihan-fitness-dengan-karbohidrat-yang-tepat