13 Manfaat Lari Pagi dan Cara Konsisten Latihannya

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Manfaat lari pagi yang utama dan terpenting adalah untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, aktivitas ini juga dapat memperbaiki mood sehingga dapat mengurangi stres.

Berlari saat pagi hari dapat memberikan rasa nyaman bagi banyak orang. Selain karena udaranya yang masih sejuk, kondisi tubuh yang masih segar rupanya membangkitkan produktivitas untuk menjalani hari.

Konsisten lari pagi juga bisa memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Jadi, tidak ada alasan buatmu untuk melewatkan aktivitas yang satu ini!

Nah, jika kamu penasaran bagaimana cara agar bisa konsisten lari pagi dan apa saja manfaat yang akan didapatkan ketika rutin menjalaninya, cek dulu informasinya berikut ini

Cara Konsisten Lari Pagi

Cara Konsisten Lari Pagi - freepik.jpg

Berlari di pagi hari mungkin memang sulit bagi sebagian orang, tapi rutintias ini bisa dilatih sesuai dengan kemampuan dirimu masing-masing.

Lari pagi tidak harus dimulai sebelum matahari terbit, kok. Nah, inilah cara untuk konsisten lari pagi sebagai latihan rutin.

- Membiasakan tidur di waktu yang sama dan bangun di waktu yang sama.

- Tidur dengan pakaian yang nyaman dipakai berlari atau siapkan pakaian sebelum tidur agar tidak repot di pagi hari.

- Langsung luangkan waktu berlari walaupun bangun lebih siang dari rencana.

- Temukan partner yang sudah biasa berlari pagi agar termotivasi.

- Jadikan rutinitas untuk 1-2 bulan berturut-turut.

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan - freepik.jpg

Tidak sedikit orang yang mulai lari pagi sebagai rutinitas olahraganya, hal ini tentu dilakukan karena mereka mendapatkan manfaat yang dirasakan. Berikut inilah manfaat lari pagi untuk kesehatan.

1. Tidak banyak gangguan

Saat berlari pada pagi hari, kamu bisa mengatur waktu dengan lebih sedikit gangguan yang terjadi.

Jika berolahraga di siang atau sore hari, notifikasi dari ponsel mungkin akan mulai muncul dan mengganggu fokus olahraga.

Karena itu, lari pagi bisa membuat kamu lebih fokus untuk meluangkan waktu berlari dengan pikiran yang lebih tenang.

2. Meningkatkan produktivitas

Lari pagi direkomendasikan karena bisa menjernihkan pikiran sebelum beraktivitas.

Secara mental, orang yang terbiasa berlari bisa lebih fokus hingga sekitar 2 jam setelah berlari. Hal ini akan membantu kamu lebih fokus, bersemangat, dan siap mengambil keputusan.

3. Mengaktifkan metabolisme

Berlari juga bisa membantu membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan. Saat kamu berlari, metabolisme tubuh juga akan meningkat sebelum akhirnya memproses makanan dan rutinitas sehari-hari kamu.

4. Membentuk kedisiplinan

Kedisiplinan membawa banyak manfaat bagi rutinitas dan gaya hidup sehat. Saat sudah terbiasa disiplin lari pagi, kamu juga bisa mengatur waktu dengan lebih baik.

Selain itu, kecil kemungkinan kamu akan membuat alasan saat sudah memiliki janji sehingga hidup teratur.

5. Mengurangi risiko serangan jantung

Berdasarkan penelitian, berlari secara konsisten beberapa mil per minggu bisa mengurangi risiko kematian dini.

Latihan kardiovaskular ini bisa memperkuat kesehatan jantung dan paru-paru, membangun daya tahan, dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Lari pagi juga bisa melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

6. Mengendalikan nafsu makan

Meski termasuk aktivitas jangka panjang yang sering kali membuat sebagian orang merasa lapar, berlari juga dinilai dapat mengurangi asupan kalori.

Hal ini dialami oleh orang-orang yang napsu makannya justru berkurang setelah berlari dengan perut kosong pada pagi harinya.

7. Membakar lebih banyak lemak

Seperti olahraga lainnya, lari pagi juga membakar kalori, tapi lari pagi secara khusus juga meningkatkan pembakaran lemak.

Kardio puasa yaitu lari pagi dengan perut kosong terbukti meningkatkan persentase relatif oksidasi lemak sehingga kalori yang terbakar di pagi hari adalah lemak tubuh.

8. Menurunkan tekanan darah

Perubahan gaya hidup sehat biasanya akan berdampak baik untuk mengelola tekanan darah tinggi.

Lari atau jogging bisa menjadi cara efisien untuk menjaga tekanan darah karena jantung memompa lebih banyak darah sehingga menurunkan tekanan pada arteri.

9. Menyiapkan diri untuk pertandingan

Ingin ikut lari maraton atau mencoba fun run? Biasakan diri dengan berlari pagi untuk menghadapi suasana race yang sebenarnya.

Jika sudah biasa berlatih pada pagi hari, tubuh akan mampu beradaptasi dengan lebih baik untuk mencapai garis finish.

10. Suhu udara yang lebih nyaman

Bagi kamu yang ingin mendapatkan suasana latihan dengan suhu lebih sejuk, lari pagi tentu menjadi pilihan.

Suhu udara yang lebih nyaman dan alami ini juga biasanya didambakan tubuh yang terbiasa berlari di atas treadmill.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur nyenyak adalah salah satu indikator tubuh yang sehat dengan kualitas isitrahat yang optimal.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan hasil yang lebih optimal pada orang yang berlari di pagi hari dibandingkan orang yang berlari di siang atau malam hari.

12. Memperbaiki kesehatan mental

Saat berlari, tubuh akan melepaskan endorfin yaitu hormon bahagia yang bisa membawa kamu pada suasana hati yang lebih baik.

Tidak hanya itu, lari pagi bahkan bisa memberikan efek positif pada pikiran seperti pengelolaan stress yang lebih baik, lebih percaya diri, dan mengurangi kecemasan.

13. Kepuasan pribadi

Bagi diri kamu sendiri, berhasil lari pagi tentu akan memberikan kepuasan tersendiri.

Tidak hanya bangga atas jarak lari yang ditempuh, tapi juga merasa lebih puas karena berhasil mengalahkan kemalasan untuk berkomitmen bangun lebih pagi dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas lainnya.

Kesimpulan

Manfaat lari pagi merupakan kepuasan yang bisa didapatkan dengan tubuh yang lebih produktif, metabolisme yang baik, hingga kualitas mental dan suasana hati yang prima.

Hal ini bisa didapatkan dengan berkomitmen untuk mengawali hari berlari di pagi hari. Selain rutinitas lari pagi, kamu juga perlu melatih ketahanan tubuh, kelenturan, dan rutinitas fisik secara optimal dengan aktitvitas olahraga lain.

Kamu bisa bergabung menjadi member FIT HUB untuk menggunakan fasilitas gym yang lengkap dan mengikuti berbagai kelas gratis!