Manfaat Latihan Daya Tahan Otot (Muscle Endurance) Pada Orang Yang Berpuasa

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita loh teman-teman! Yaitu agar menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar. Lalu bagaimana untuk kita yang sedang berpuasa? Puasa bukan menjadi alasan untuk kita tidak melakukan aktivitas fisik ataupun latihan, justru dengan latihan dapat menunjang aktivitas kita sehari – hari selama bulan puasa.

Salah satunya adalah latihan daya tahan otot (Muscle Endurance). Mengapa demikian? Mari kita bahas

DSC05440.JPG

Latihan ketahanan otot atau muscle endurance bertujuan untuk melatih otot agar dapat berkontraksi secara repetitif dalam waktu yang lama juga dapat membantu pembakaran lemak lebih efektif. Namun kita juga perlu memperhatikan intensitas latihan selama kita berpuasa. Selama masa puasa, latihan endurance bisa dilakukan dengan intensitas yang cenderung rendah. Mengapa? Karena dapat menyebabkan tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energinya atau disebut sebagai oxidative.

Ada sebuah studi yang meneliti perbandingan jumlah sampel kelompok orang – orang yang hanya melakukan puasa dengan kelompok orang – orang yang berpuasa sekaligus melakukan latihan ketahanan. Hasil penelitian temukan fakta bahwa latihan ketahanan yang disertai dengan puasa saat Ramadhan dapat menurunkan kadar triglyceride dan very low density lipoprotein (VLDL) dan penghentian latihan akan menghilangkan adaptasi tersebut. Kesimpulannya, latihan ketahanan (pengeluaran energi minimal 500 Kkal) yang disertai dengan puasa Ramadhan dapat meningkatkan komposisi tubuh dan profil lipid (terutama triglyceride dan very low density lipoprotein) yang lebih baik dibandingkan dengan hanya kita melakukan puasa saja.

Melakukan latihan daya tahan otot (Muscle Endurance) selama bulan Ramadhan akan menambah tekanan metabolik dan secara teoritis hal ini dapat menghasilkan adaptasi yang cepat pada otot rangka sehingga dapat memaksimalkan pemanfaatan lipid dengan lebih baik. Oleh karena itu latihan ketahanan otot pun bermanfaat untuk program fat loss. Dan puasa sendiri memiliki dampak negatif yang tidak signifikan kepada performance endurance.

Yuk latihan muscle endurance bersama FIT HUB

Referensi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3289214/ https://brieflands.com/articles/jjcmb-76838.pdf https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09291016.2016.1276271 https://link.springer.com/article/10.2165/00007256-199316040-00004