9 Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu!

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Sebagai salah satu jenis olahraga bela diri yang populer, Muay Thai memiliki manfaat utama untuk melindungi diri. Selain itu, olahraga yang satu ini juga punya beragam kebaikan untuk kesehatan tubuh, lho.

Bahkan, Muay Thai juga disebut tak hanya mampu memelihara kesehatan fisik saja. Akan tetapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mental jika dilakukan secara rutin.

Meski begitu, Muay Thai juga memiliki risiko cedera yang serius. Karena itu, latihannya harus dilakukan secara teratur dengan bimbingan pelatih.

Nah, jika kamu penasaran dengan apa saja manfaat yang akan didapatkan tubuh ketika rajin berlatih Muay Thai, coba simak dulu penjelasannya di bawah ini!

Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan

Keunggulan Muay Thai - freepik.jpg

Seni bela diri memiliki keunikan teknik untuk melakukan serangan dan pertahanan diri. Inti yang membedakan Muay Thai dari seni bela diri lainnya adalah penggunaan empat pasang anggota badan.

Bukan hanya dua pasang yaitu tinju dan kaki, Muay Thai juga menggunakan lutut dan siku sebagai inti latihannya. Penggunaan lutut dan siku memungkinkan kamu untuk menyerang dengan jarak dekat, bersamaan dengan jarak jauh dan menengah.

Serangan juga bisa dilakukan dengan clinch yaitu gerakan grappling. Dalam Muay Thai, kamu bisa melakukan banyak serangan dan gerakan berturut-turut sebagai landasan fisik dan pengondisian yang baik.

Manfaat Muay Thai

Manfaat Muay Thai - freepik.jpg

Jika dilakukan secara konsisten, Muay Thai bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Tidak hanya itu, berikut ini manfaat Muay Thai yang bisa kamu dapatkan dari latihan konsisten.

1. Memperkuat sistem kardio

Saat melibatkan gerakan menyerang berturut-turut, kamu perlu memperkuat sistem kardio tubuh dengan baik.

Latihan akan dimulai dengan skipping, berlari, menendang, dan latihan kardio lain yang tiada habisnya. Secara tidak langsung, Muay Thai akan bermanfaat pada sistem kardiovaskular kamu.

2. Memperkuat lower body

Dalam seni bela diri ini, kaki dan betis juga mendapatkan penekanan ekstra. Tendangan berulang pada rutinitas latihan akan memperkuat otot-otot bagian bawah tubuh.

Hal ini tidak hanya memberikan kekuatan tendangan, tapi juga mengondisikannya dengan optimal.

3. Meningkatkan mobilitas pinggul

Syarat vital dalam melakukan sparring adalah memperhatikan mobilitas tubuh.

Tidak hanya fokus pada 1-2 pergerakan saja, Muay Thai justru melatih mobilitas lutut, siku, dan ketiga bidang gerak lainnya. Karena itulah, manfaat Muay Thai juga bisa dirasakan pada peningkatan mobilitas pinggul.

4. Memperkuat core muscle

Saat mempelajari pukulan dan tendangan berturut-turut, kamu bisa meningkatkan ketahanan dan keseimbangan tubuh.

Pada gilirannya, tendangan, rotasi, teknik bergulat, dan posisi bertahan akan membantu meningkatkan kekuatan core muscle kamu.

5. Mempercepat refleks tubuh

Menjaga core muscle yang kuat memberikan kemampuan agar kamu bisa menerima satu atau dua pukulan atau tendangan.

Namun, tujuan berlatih Muay Thai adalah untuk menhindari serangan dengan latihan keras. Karena itulah, latihan yang intens juga bisa meningkatkan refleks tubuh secara keseluruhan.

6. Mengurangi kecemasan

Konsekuensi gaya hidup saat ini adalah tingkat stress yang tinggi. Melalui latihan Muay Thai, kamu bisa mengendalikan stres dengan menggunakan model stress bucket.

Saat kamu melakukan gerakan tinju, tendangan, dan melakukan sparring dengan lawan, saat itu pula kamu melakukan upaya mengurangi kecemasan.

7. Meningkatkan fokus

Saat berlatih, kamu harus memiliki fokus penuh untuk melakukan gerakan dengan benar. Kamu harus menjaga tingkat konsentrasi yang tinggi dengan pikiran jernih.

Karena itu, latihan Muay Thai secara konsisten akan melatih kamu untuk meningkatkan fokus, tidak hanya pada latihan, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari

8. Meningkatkan percaya diri

Muay Thai memberikan dorongan yang kuat untuk membuat kamu nyaman dengan diri sendiri.

Tidak hanya dengan teknik pertahanan diri, kamu juga akan lebih bugar secara fisik. Muay Thai tidak hanya melatih tubuh dan pikiran, tapi juga refleks dan spontanitas dalam pengambilan keputusan.

9. Membentuk komunitas baru

Latihan seni bela diri ini tidak hanya bisa melatih kekuatan dan koordinasi tubuh. Kamu juga akan berlatih sparring hingga mendapatkan komunitas latihan baru.

Melakukan latihan Muay Thai dengan teman di tempat gym akan meningkatkan kemampuan. Kamu juga akan mendapat kepuasan tersendiri karena berkumpul dalam komunitas dengan ketertarikan yang sama.

Kesimpulan

Manfaat Muay Thai adalah memperkuat ketahanan, koordinasi, dan refleks tubuh secara keseluruhan dengan latihan dengan komunitas yang memiliki ketertarikan sama. Seni bela diri ini melatih empat pasang anggota badan untuk melatih mobilitas.

Kamu juga bisa melakukan latihan rutin di kelas Thai Boxing FIT HUB secara gratis, loh. Jadi, daftarkan dulu diri kamu menjadi member FIT HUB agar bisa mendapatkan berbagai akses kelas yang menarik dan area gym serta perlengkapan lengkap untuk berolahraga!