5 Manfaat Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga dan Cara Melakukannya

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Pemanasan sebelum olahraga terbukti memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Misalnya, dapat mengurangi risiko cedera ketika berolahraga serta meningkatkan rentang gerak tubuh sehingga lebih fleksibel.

Colorado State University juga mengatakan jika pemanasan menjadi bagian penting dari program latihan olahraga apa pun. Mulai dari olahraga kardio, latihan fleksibilitas, hingga latihan ketahanan, semuanya perlu pemanasan agar otot lebih lentur dan menghindari luka selama olahraga.

Pemanasan sendiri ada banyak jenisnya. Cukup sesuaikan jenis pemanasan dengan olahraga yang akan dilakukan setelahnya.

Untuk lebih jelasnya, cek seluk-beluk tentang manfaat pemanasan sebelum olahraga sekaligus tips melakukannya di bawah ini.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga - freepik.jpg

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan jika tidak melewatkan pemanasan sebelum berolahraga.

1. Meningkatkan kelenturan otot dan sendi

Otot dan sendi merupakan bagian yang paling banyak digunakan saat olahraga. Karena itu, kamu perlu membuatnya cukup siap melakukan kerja berat saat olahraga.

Caranya tentu saja dengan melakukan pemanasan paling tidak 10—15 menit sebelum berolahraga.

2. Mengurangi risiko cedera

Kalau otot dan sendi lebih siap, risiko cedera pun lebih kecil. Pasti kamu tidak mau dong mengalami cedera pas olahraga.

Karena itu, wajib pemanasan supaya otot dan sendi lebih siap dengan gerakan tiba-tiba hingga mengangkat beban yang cukup berat nantinya.

3. Menjaga detak jantung

Jantung yang dipacu secara tiba-tiba bisa sangat berbahaya. Kamu harus memacu jantung secara perlahan dengan cara pemanasan.

Jadi, jantung kamu tidak “kaget” saat tiba-tiba tubuh melakukan gerakan yang berat, seperti belari atau mengankat beban yang berat.

Menjaga kestabilan detak jantung pun membuat aliran darah dan oksigen tetap baik selama berolahraga.

4. Meningkatkan performa tubuh

Tubuh yang tidak siap untuk olahraga akan terasa kaku dan lemas. Pemanasan bisa menghilangkan rasa tersebut dan membuat badan lebih siap untuk beraktivitas fisik.

Dengan begitu, kamu bisa mengeluarkan kemampuan terbaik, baik yang terkait dengan kecepatan, kekuatan, dan kelenturan tubuh.

5. Menyiapkan mental

Pemanasan juga bisa jadi pembeda saat berolahraga. Gerakan-gerakan dalam pemanasan akan memacu kerja jantung, membuat kamu berkeringat, dan pastinya lebih fokus.

Dengan tubuh yang lebih siap, kamu bisa lebih yakin untuk melahap semua sesi latihan. Pada akhirnya, pemanasan akan memberikan manfaat yang lebih dari segala aktivitas olahraga yang kamu lakukan pada waktu tersebut.

Cara Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Cara Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga - freepik.jpg

Ada banyak jenis pemanasan yang bisa kamu lakukan. Kamu hanya perlu melakukan pemanasan yang sesuai dengan latihan yang akan dilakukan. Berikut jenis dan cara melakukan olahraga yang bisa kamu pilih.

1. Pemanasan dinamis

Jenis pemanasan satu ini terbilang cukup umum dilakukan. Pasalnya, sejumlah olahraga biasanya mengharuskan tubuh untuk lebih bergerak ketimbang hanya diam.

Jenis pemanasan ini terbilang hanya butuh waktu sekitar 5—10 menit untuk membuat tubuh berkeringat.

Mengingat ini baru sesi pemanasan, lakukan gerakan secara perlahan. Berikut beberapa cara melakukan pemanasan dinamis sebelum berolahraga.

  • Jalan cepat di treadmill
  • Naik turun tangga
  • Mengayunkan tangan ke kiri dan tangan dengan memutar pinggang
  • Mountain climbing
  • Jumping jack
  • Lunges
  • Squat

2. Pemanasan statis

Pemanasan statis berperan agar otot dan sendi lebih lentur. Pemanasan ini biasanya dilakukan untuk jenis olahraga yang tidak membutuhkan gerakan cepat yang tiba-tiba, seperti angkat beban.

Malahan, kamu disarankan angkat beban yang lebih ringan sebagai bentuk pemanasan untuk mengangkat beban yang lebih berat nantinya.

Alih-alih bicara tentang durasi, pemanasan statis ini lebih mengedepankan kesiapan dari otot dan sendi. Lakukan pemanasan statis dengan urutan di bawah ini.

  • Peregangan kepala dengan menoleh ke sisi kanan, kiri, atas, dan bawah
  • Peregangan bahu dengan menarik siku salah satu tangan dari bagian belakang kepala
  • Peregangan tangan dengan menarik kedua lengan ke atas dan bawah
  • Pegangan pinggang dengan melakukan gerakan memutar pinggang ke kanan dan kiri
  • Peregangan paha dengan mengangkat masing-masing kaki hingga paha menyentuh perut
  • Peregangan betis dengan mengangkat kedua tumit secara bersamaan

Setelah tahu tentang manfaat dan cara melakukan pemanasan, alangkah baiknya jika kamu mulai rutin berolahraga dari sekarang.

Yuk, daftar jadi member FIT HUB untuk membantu kamu lebih aktif untuk berolahraga. Dengan rutin olahraga, kesehatan tubuh bisa lebih terjaga dan pastinya dapat bentuk tubuh yang ideal juga.

Kamu bisa memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada di setiap lokasi FIT HUB. Para member juga bisa, loh, memanfaatkan ruangan kelas yang kosong buat pemanasan. Jadi lebih siap deh olahraganya!