7 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga yang Penting Diketahui

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Setelah olahraga kamu tidak boleh melupakan pendinginan karena memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Menurut Verywellfit, pendinginan menjadi kesempatan untuk menurunkan detak jantung dan melemaskan otot yang tegang setelah berolahraga.

Mungkin rasanya kamu ingin segera istirahat setelah berolahraga berat, ‘kan? Namun, pastikan untuk tidak melewatkan pendinginan karena berperan penting untuk pemulihan tubuh.

Pendinginan juga bermanfaat untuk meminimalisasi risiko stres, mengurangi risiko kram otot, hingga memperbaiki suasana hati.

Nah, agar kamu tidak melewatkan pentingnya manfaat pendinginan setelah olahraga, simak penjelasan berikut ini!

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga - freepik.jpg

Pendinginan menawarkan sejumlah manfaat termasuk pemulihan yang lebih cepat setelah melakukan latihan.

Berikut ini manfaat pendinginan setelah olahraga yang bisa kamu dapatkan saat melakukannya secara rutin.

1. Mengurangi nyeri setelah olahraga

Pernahkah kamu merasakan nyeri yang baru terasa 24—48 jam setelah olahraga? Ternyata, hal ini wajar terjadi dan dikenal sebagai delayed onset muscle soreness.

Penyebabnya adalah robekan mikro yang mungkin terjadi pada serat otot dan bertahan beberapa saat.

Nah, pendinginan aerobik biasanya akan membantu meningkatkan sirkulasi pada otot yang dilatih saat olahraga.

Setelah melakukan pendinginan, kamu juga bisa menggunakan selimut berpemanas yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan membantu kerja otot.

2. Pemulihan

Berdasarkan artikel Very Well Health yang mengacu pada American Council on Exercise (ACE), asam laktat bisa menumpuk di dalam tubuh setelah melakukan latihan intens.

Agar bisa menghilangkannya, olahraga ringan seperti jalan kaki 10 menit dengan peregangan statis dapat lebih menyangga fisik untuk melakukan pemulihan lebih cepat.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Waktu untuk melakukan peregangan yang baik adalah saat otot terasa hangat setelah berolahraga Hal ini membantu meningkatkan fleksibilitas dan tingkat kebugaran tubuh.

Melakukan pendinginan juga meningkatkan rentang gerak dan kemampuan untuk kembali beraktivitas rutin sehari-hari.

4. Menurunkan detak jantung

Alasan paling penting untuk melakukan pendinginan adalah perannya untuk menurunkan detak jantung.

Detak jantung akan meningkat dan memompa lebih banyak darah ke tubuh saat berolahraga. Saat berhenti dari latihan, jantung akan melambat dan kembali normal.

Nah, tekanan darah yang turun terlalu cepat bisa menyebabkan risiko cedera. Contoh paling sering terjadi adalah saat kamu merasa pusing setelah turun dari treadmill.

Kamu sebaiknya melakukan pendinginan sebentar dengan jalan kaki selama 5 menit untuk menurunkan tekanan darah.

5. Mencegah cedera

Sama pentingnya dengan pemanasan, pendinginan setelah olahraga juga memiliki manfaat untuk mencegah cedera.

Saat otot masih dalam keadaan hangat, otot perlu diregangkan untuk memanjangkan serat otot yang mungkin mengalami tekanan selama latihan.

Sebesar upaya untuk mengencangkan otot, kamu juga harus merawat otot melalui stretching.

6. Meningkatkan kondisi mental

Olahraga akan meningkatkan endorfin di dalam tubuh dan pusat kesadaran tubuh harus dikembalikan dengan melakukan pendinginan.

Kamu akan kembali ke kondisi istirahat secara perlahan dengan memanfaatkan efek rileks dan euforia dari zat kimia saraf.

Selain meningkatkan kesehatan, olahraga juga menjadi pertanda suasana hati yang baik dan pikiran yang positif.

Pendinginan bisa menjadi momen refleksi untuk merenungkan pikiran dan diri sendiri sambil membiarkan tubuh memasuki proses recovery.

7. Membantu mencapai fitness goal

Jika berhasil pulih lebih cepat setelah latihan, kamu bisa kembali berlatih tanpa melewatkan jadwal latihan.

Kamu bisa kembali melakukan latihan fisik, mengikuti kegiatan lari maraton, atau aktivitas olahraga lainnya dengan baik dengan selalu meluangkan waktu untuk pendinginan.

Nah, banyaknya manfaat pendinginan setelah olahraga harus membuat kamu sadar akan pentingnya meluangkan waktu untuk melakukannya.

Jadi, selalu luangkan waktu untuk bisa melakukan sesi pendinginan di gym. Jangan ragu untuk menggunakan area gym yang kosong atau kelas yang sedang tidak dipakai saat latihan di FIT HUB, ya!