7 Manfaat Plank untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Ada segudang manfaat plank yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukannya setiap hari. Enaknya lagi, gerakan olahraga yang satu ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Lebih baiknya lagi kalau kamu memasukkannya ke dalam workout plan setiap kali datang ke gym.

Gerakan plank bahkan bisa masuk ke banyak menu latihan, mulai dari awal, penutup, hingga menu utama latihan. Terlebih lagi, ada banyak variasi yang bisa dilakukan dari gerakan plank. Nah, cari tahu manfaat plank di bawah ini supaya makin senang melakukannya.

Manfaat Plank untuk Tubuh

Manfaat Plank untuk Tubuh - freepik.jpg

Pada dasarnya plank merupakan gerakan penguat otot tubuh. Namun, kamu bisa mendapatkan benefit dari sisi kelenturan dan pencegahan nyeri otot. Berikut penjelasan manfaat plank yang baik untuk tubuh kamu.

1. Menguatkan banyak otot tubuh

Melakukan plank berarti mempersingkat waktu olahraga kamu di gym. Pasalnya, kamu bisa melatih banyak otot hanya dengan gerakan plank.

Plank membuat kamu perlu menahan tubuh dengan menggunakan tangan. Hal ini tentu saja akan menguatkan otot tangan, bahu, dada, dan punggung. Belum selesai sampai di situ, plank ini juga membuat core muscle kamu bekerja lebih keras untuk menahan keseimbangan saat melakukannya.

Di sisi lain, plank juga memberikan tekanan pada bagian panggul dan paha secara bersamaan. Itu artinya, kamu melakukan banyak latihan otot hanya dengan menahan tubuh dengan cara plank.

2. Memperbaiki postur tubuh

Kamu yang kerap duduk seharian di balik meja mungkin sudah merasa tubuh sedikit bungkuk. Nah, melakukan plank secara rutin bisa membantu memperbaiki postur tubuh secara rutin.

Plank akan membuat otot punggung, dada, bahu, perut, dan leher menjadi lebih kuat. Dengan cara ini, kamu bisa menjaga tubuh tetap tetap tegak saat bangun dari duduk yang panjang. Selain itu, bagian bahu dan punggung juga tetap berada di posisi yang seharusnya dan tidak menguncup di depan.

3. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Plank secara tidak langsung juga akan membantu membuat tubuh lebih fleksibel. Gerakan yang satu ini akan mengencangkan otot inti yang terhubung dengan banyak jaringan otot lain. Otot-otot inilah yang akan membantu kamu bergerak hingga mengangkat beban.

Di samping itu, gerakan olahraga ini pun membuat paha Anda lebih kuat. Bagian kaki pun akan ikut terlatih saat melakukannya. Kamu yang melakukan olahraga yang mengedepankan kecepatan dan kelenturan tentunya harus lebih rajin melakukan plank.

4. Membantu mengecilkan perut

Banyak orang menganggap sit up jadi cara terbaik untuk mengecilkan atau membuatnya kotak-kotak (six-pack). Sayangnya, gerakan tersebut kurang efektif untuk mewujudkan mimpi perut indah yang kamu harapkan. Lebih baik merutinkan gerakan plank.

Kalau memang mau mengecilkan bagian perut samping, kamu bisa melakukan side plank. Gerakan ini serupa dengan plank. Hanya saja kamu melakukannya menyamping dengan bertumpu pada satu tangan dan kaki.

5. Meredakan nyeri punggung

Postur tubuh yang buruk bisa memicu rasa nyeri pada punggung bagian bawah (low back). Melakukan plank secara rutin akan membantu memperbaiki postur tubuh sehingga bisa mengurangi rasa sakit pada punggung.

Gerakan ini juga bisa membantu melancarkan peredaran darah bagian punggung. Jika kamu sudah mulai terlalu banyak duduk, segeralah datang ke gym dan lakukan plank.

6. Menjaga keseimbangan tubuh

Keseimbangan tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu, kamu disarankan untuk tetap menjaganya sejak dini. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki tubuh yang lebih seimbang.

Melakukan plank akan membuat kamu bisa menjaga keseimbangan tubuh untuk melakukan lebih banyak kegiatan. Kamu bisa bergerak lebih bebas, tidak mudah jatuh saat berjalan di medan sulit, sekaligus meminimalkan risiko cedera.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Membuat lebih banyak otot yang bekerja tentu saja akan sangat baik untuk metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik akan membantu tubuh untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak akibat aktivitas. Bukan hanya itu, metabolisme juga berpengaruh pada pencernaan tubuh.

Melakukan plank secara rutin akan metabolisme tubuh kamu tetap baik meskipun bertambah usia. Hal ini akan membuat kamu tetap segar dan rutin buang air besar setiap hari.

Kesimpulan

Melakukan plank secara rutin akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari otot yang kuat, tubuh yang fleksibel, dan metabolisme yang baik. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menggunakan matras dan tempat yang nyaman.

Nah, kamu bisa memanfaatkan matras untuk melakukan plank di gym dengan daftar menjadi member FIT HUB. Lebih enaknya lagi, kamu bisa memanfaatkan kelas yang kosong untuk melakukan seluruh workout plan demi mencapai fitness goal tahun ini.