Apa Itu Olahraga Kardio dan Macam-macam Contohnya

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Selalu merasa tidak ada waktu untuk melakukan olahraga? Kalau kamu berada di posisi seperti itu, tampaknya perlu mencoba jenis olahraga yang bernama kardio.

Olahraga kardio bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan olahraga ini bisa kamu lakukan hanya di rumah saja.

Gerakannya pun bisa dibilang sangat sederhana. Meski begitu, olahraga kardio membantu meningkatkan kerja jantung supaya mampu memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh.

Tidak hanya itu saja, jenis olahraga ini juga bisa bantu kamu untuk membakar kalori dan cadangan lemak yang ada di dalam tubuh.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari olahraga kardio yaitu:

- Meningkatkan kapasitas paru-paru

- Meningkatkan kekuatan tulang

- Menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi

- Membantu menurunkan level stres dan risiko depresi

Macam-Macam Latihan Kardio

Macam-Macam Latihan Kardio - freepik.jpg

Gym merupakan tempat terbaik untuk melakukan latihan kardio mengingat ada banyak alat fitness yang bisa digunakan. Berikut jenis latihan kardio yang bisa kamu lakukan di gym.

1. Jalan cepat dan jogging di treadmill

Treadmill bisa dimanfaatkan untuk banyak jenis latihan kardio. Kamu bisa mengeset kecepatan untuk berjalan atau lari di atasnya. Bukan hanya itu, kemiringan treadmill pun bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Menambah kemiringan akan membuat kamu seolah-olah berjalan menanjak. Jenis latihan ini juga akan memacu kerja jantung ke arah yang positif.

2. Bersepeda

Mengayuh sepeda statis juga menjadi latihan kardio yang cukup aman. Pasalnya, lutut dan pergelangan kaki tidak perlu menopang bobot tubuh layaknya saat kamu berlari.

Level kayuhan sepeda statis di gym pun bisa diatur dan disesuaikan. Kamu bisa membuatnya lebih tinggi seperti sedang bersepeda di perbukitan.

Bisa juga membuatnya lebih ringan untuk menambah kecepatan saat mengayuh pedalnya.

3. Jalan di elliptical machine

Kamu juga bisa latihan kardio dengan menggunakan elliptical machine. Alat fitness ini akan membantu kamu untuk menggerakkan kaki dan tangan sekaligus sehingga membuat tubuh lebih cepat panas.

Level dari ayunan kaki dan tangan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan latihan. Biarpun kegunaan alat ini mirip dengan treadmill, latihan kardio dengan elliptical machine tidak terlalu membebani lutut.

4. Lompat tali

Lompat tali pada dasarnya melatih kecepatan dan kelincahan tubuh. Jenis latihan ini mendorong tubuh untuk bergerak kembali setelah melakukan gerakan sebelumnya.

Di samping itu, olahraga yang satu ini juga terhitung kardio mengingat lompat tali membuat kerja jantung lebih terpompa.

5. Jumping jack

Tidak selalu latihan kardio membutuhkan alat. Kamu bisa cukup memanfaatkan bobot tubuh dan menggerakkannya untuk memacu kerja jantung.

Jumping jack jadi salah satu paket lengkap untuk olahraga kardio. Kamu akan melakukan sebuah lompatan, plank, push up, dan latihan otot perut dalam rangkaian gerakan. Jumping jack juga bisa dipakai untuk pemanasan sebelum sesi latihan utama.

6. Rowing

Banyak orang mengira rowing machine hanya dipakai untuk mengencangkan otot bisep saja.

Faktanya, kamu juga bisa mendapatkan olahraga kardio dengan memanfaatkan mesin yang satu ini.

Melakukan gerakan layaknya mendayung ini juga bisa memompa jantung dan membakar lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Gerakan ini juga bisa melatih tangan, punggung, dan kaki.

7. Dancing

Bukan tanpa alasan ada kelas dancing di gym untuk mereka yang mau latihan kardio. Aktivitas ini akan membuat jantung bisa terpacu dengan gerakan-gerakan yang pastinya menyenangkan.

Selain itu, melakukan gerakan berirama akan membantu menguatkan seluruh otot tubuh sekaligus melunturkannya.

Nah, kamu yang mau ikut beragam kelas kardio bisa langsung daftar menjadi member FIT HUB. Terdapat kelas Fit Cycle, Fit Rush, BODYCOMBAT, dan POUNDFIT buat kamu yang mau latihan kardio di gym.