Banyak Manfaatnya, Ini 15 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Melakukan olahraga kardio di rumah bisa membantu kamu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Gerakan untuk jenis olahraga ini pun tergolong cukup sederhana sehingga bisa dilakukan di rumah.

Memang ada juga jenis olahraga kardio yang membutuhkan banyak alat bantu dan biasanya dilakukan di gym. Namun, kamu tetap bisa melakukan beberapa jenis olahraga kardio dengan gerakan sederhana yang simple dan alat yang bisa ditemukan di rumah, lho.

Dari Medical News Today mengutip dari studi American College of Sport Medicine menyebutkan bahwa setiap orang setidaknya harus melakukan aktivitas fisik selama 150-300 menit setiap minggu. Itulah mengapa olahraga kardio di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Olahraga kardio sendiri merupakan salah satu jenis aktivitas fisik yang bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung secara maksimal sejalan dengan proses pembakaran lemak dan kalori tubuh.

Nah, artikel di bawah ini akan membahas mengenai jenis-jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan di rumah. Simak sampai selesai, ya!

15 Jenis Olahraga Kardio untuk di Rumah

Mengutip dari Peloton, berikut adalah beberapa jenis olahraga kardio yang tetap bisa kamu lakukan di rumah:

1. Jumping Jacks

Jumping Jacks - freepik.jpg

Jumping jacks merupakan jenis kardio yang akan memberikan efek ke seluruh tubuh kamu. Namun, perlu diingat sebagai pemula, tidak apa-apa untuk tidak langsung melompat dan melakukan jumping jacks secara berkala. Bukan hanya bermanfaat untuk fisik, melakukan jumping jacks ternyata juga baik untuk mengurangi stres, lho.

2. Skipping/Lompat tali

Lompat tali atau skipping merupakan salah satu olahraga kardio yang tingkatnya sudah menengah karena gerakannya yang lebih kompleks. Olahraga ini memiliki banyak manfaat termasuk melancarkan pernapasan, membakar kalori tubuh hingga menjaga kesehatan jantung.

3. Burpees

Burpees juga termasuk latihan yang tingkat kesulitannya menengah karena menggabungkan squat, push-up serta lompat/vertical jump. Olahraga ini juga menargetkan seluruh tubuh atau full body exercise.

4. Mountain Climbers

Mountain climb juga merupakan salah satu jenis full body exercise. Latihan ini membantu kamu meningkatkan detak jantung dan memperkuat sebagian besar kelompok otot di tubuh. Kamu bisa melakukannya di atas matras dengan nyaman di rumah.

5. High Knees

High Knees - freepik.jpg

High knees adalah latihan fisik yang akan membuat detak jantung kamu meningkat. Gerakan ini dilakukan dengan cara mengangkat kaki secara bergantian dengan cepat, seperti berlari di tempat.

6. Squat Jump

Squat jump juga menjadi bagian dari olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah dan berguna untuk melatih kekuatan otot kaki kamu. Gerakan ini dilakukan dengan cara melompat lalu mendarat dengan posisi setengah jongkok/posisi squat.

7. Jogging in Place

Jogging in place atau jogging di tempat adalah salah satu latihan kardio yang efektif untuk meningkatkan detak jantung dan cocok untuk pemula. Gerakan ini juga biasanya digunakan untuk pemanasan sebelum masuk ke latihan lainnya.

8. Kickboxing

Olahraga kardio di rumah yang selanjutnya adalah kickboxing. Latihan ini memadukan dua gerakan yaitu memukul dan menendang serta bermanfaat untuk membakar kalori. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, kamu harus melakukannya pada intensitas yang tepat.

9. Yoga

Yoga - freepik.jpg

Saat ini, banyak orang yang melakukan yoga baik di studio khusus maupun di rumah karena gerakannya yang cenderung sederhana. Olahraga ini ternyata juga termasuk kardio yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, yoga juga sudah terbukti dapat mengurangi stres serta baik untuk kesehatan mental.

10. Naik Turun Tangga

Jika dalam keseharian kamu naik turun tangga, siapa sangka itu juga bisa dikategorikan latihan kardio. Naik turun tangga 3-4 kali dengan intensitas tertentu bisa menjadi pilihan olahraga kardio di rumah, lho. Namun, perlu hati-hati juga saat melakukannya agar kamu tidak berakhir cedera.

11. Zumba/dancing

Ingin pilihan olahraga kardio yang lebih menarik dan seru? Kamu bisa melakukan zumba atau dancing di rumah. Kamu bisa menonton video tutorial di YouTube dan lakukan zumba/dancing sesuai dengan kemampuan kamu.

Tidak perlu terburu-buru, kamu bisa melakukan zumba atau dancing untuk pemula terlebih dahulu agar ada penyesuaian tubuh, setelahnya kamu bisa melakukan peningkatan intensitas latihan.

12. Muay Thai

Muay Thai akhir-akhir ini sedang sangat populer. Olahraga yang berasal dari Thailand ini bisa kamu lakukan di rumah dengan memanggil pelatih atau melihat tutorial dari YouTube untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

13. Bear Crawl

Bear crawl atau gerakan merangkak ini ternyata termasuk ke dalam full body exercised. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan bahwa postur dan posisi tubuh kamu sudah sesuai sebelum memulainya, ya.

14. Jalan Kaki

Jalan Kaki - freepik.jpg

Jalan kaki di sekitar rumah juga bisa kamu lakukan untuk memenuhi target aktivitas fisik harian. Tidak memerlukan alat tertentu, kamu juga bisa melakukan latihan ini dengan bantuan alat seperti treadmill.

15. Lateral Shuffles

Lateral shuffles adalah gerakan pemanasan yang biasa dilakukan oleh para pemain sepak bola. Gerakan ini sederhana dan bisa membakar kalori jika dilakukan dengan intensitas yang terus ditingkatkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa olahraga kardio di rumah yang bisa kamu coba lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Olahraga kardio akan membuat tubuh kamu lebih terasa sehat karena memenuhi aktivitas fisik yang dianjurkan.

Beberapa gerakan dalam olahraga kardio memang bisa dilakukan di rumah. Namun, kamu juga bisa melakukannya di gym yang menyediakan alat dan fasilitas yang lengkap jika ingin hasil latihanmu lebih maksimal.

Menjadi anggota gym seperti FIT HUB juga akan memberimu keuntungan karena latihan bisa lebih terarah dengan bantuan dan arahan dari personal trainer yang sudah profesional.

Jadi, jika kamu ingin mencoba mendapatkan pengalaman olahraga yang maksimal, segera jadi member FIT HUB sekarang juga. Yuk, klik di sini untuk bergabung!