Panduan Persiapan Olahraga POUNDFIT Bagi Para Pemula

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Olahraga POUNDFIT menjadi salah satu olahraga yang populer dilakukan sebagai latihan yang trendy. Meski begitu, POUNDFIT mungkin dikenal sebagai jenis latihan yang baru bagi sebagian orang. Tidak heran jika kamu ingin mencari tahu segala hal tentang persiapan POUNDFIT.

POUNDFIT termasuk salah satu olahraga kardio yang dilakukan dalam format kelas dengan menggunakan stik drum. Dengan musik yang keras dan suasana yang penuh energi, POUNDFIT cukup populer di kota besar untuk pengalaman yang memompa adrenalin.

Menariknya lagi, POUNDFIT sering kali dilakukan dengan musik yang populer sehingga para peserta makin mudah menikmatinya. Nah, untuk mengetahui panduan dasar tentang POUNDFIT yang perlu disiapkan para pemula, simak terus artikel berikut, ya!

Apa yang Terjadi di Kelas POUNDFIT?

POUND FIT-min.JPG

Daftar untuk ikut kelas POUNDFIT bukan hal yang sulit, tapi apa yang akan kamu lakukan selama sesi latihan? Sesi POUNDFIT akan berlangsung dengan pemanasan di awal kelas, diikuti dengan lagu upbeat yang lebih bersemangat ke latihan inti.

Sepanjang sesi latihan, instruktur akan memberikan contoh kombinasi gerakan terlebih dahulu, lalu kamu bisa meniru gerakan berulang setelahnya. Biasanya, 10-15 menit sesi kelas diluangkan untuk sesi pendinginan bagi para peserta.

Panduan Olahraga POUNDFIT

Memulai olahraga POUNDFIT tidaklah sulit karena kamu bisa memilih banyak kelas sesuai dengan preferensi. Nah, agar lebih percaya diri datang ke kelas POUNDFIT, berikut ini panduan yang bisa kamu ikuti.

1. Perlengkapan yang dibawa

Sesi kelas biasanya akan dimulai di atas matras karena ada beberapa gerakan core yang dilakukan sambil duduk atau berbaring. Karena itu, kamu disarankan untuk membawa matras sendiri. Beberapa kelas mungkin menyediakan matras, tapi membawa matras sendiri akan lebih baik agar sesi berjalan lancar.

Kelas POUNDFIT bisa dilakukan dengan atau tanpa alas kaki, tapi sebaiknya kamu tetap bersiap dengan alas kaki yang nyaman saat datang ke kelas. Jika kelas dilakukan di luar studio, penggunaan alas kaki diperlukan meski ada juga yang memilih bertelanjang kaki.

2. Penggunaan ripstix

Sempatkan untuk datang beberapa menit lebih cepat dari jadwal kelas jika baru datang untuk pertama kali. Biasanya, instruktur akan meletakkan stik bernama ripstix di depan area latihan yang bisa diambil dan dipakai oleh peserta selama sesi latihan berlangsung.

Sebelum sesi dimulai, kamu juga akan diberi tahu cara memegang ripstix yang benar agar tidak cedera atau lepas dari genggaman. Ripstix digenggam di bagian tengah agar tidak terlempar dan melukai peserta lain. Setelah sesi POUNDFIT selesai, jangan lupa untuk mengembalikan ripstix ke tempat semula, ya.

3. Gerakan sesuai irama musik

POUNDFIT menggunakan kombinasi beberapa lagu berdurasi 2-4 menit. Selain pilihan lagu yang hits, irama musiknya juga dikalibrasi dengan cermat. Tujuannya agar mencapai puncak interval dan rangkaian pembakaran lemak yang diperpanjang agar kamu mendapatkan latihan terbaik dalam rentang waktu singkat.

Sejumlah penelitian telah membuktikan efek bermain drum yang ampuh dalam meningkatkan fungsi otak dan menghilangkan stres. Karena itulah, banyak orang yang rela meluangkan waktu sepulang kerja untuk melakukan latihan POUNDFIT.

Irama yang dihentakkan dari ripstix akan meresap ke seluruh otak untuk meningkatkan fokus, meningkatkan keterampilan berpikir dan pengambilan keputusan. Efek lain yang bisa didapatkan dari permainan “drum” saat POUNDIFT juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi nyeri kronis, kecemasan, dan kelelahan.

Jika dilakukan pertama kali, mungkin kamu masih kesulitan menghitung repetisi yang diberikan instruktur. Namun, cobalah untuk mengalihkan fokus pada ritme musik sepanjang latihan. Hal ini akan meningkatkan ritme, waktu, koordinasi, kecepatan, ketangkasan, daya tahan, dan musikalitas.

Kesimpulan

Olahraga POUNDFIT tidak hanya populer karena sedang tren atau hits di kota-kota besar, tapi sesi latihannya memang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Tidak hanya melatih ketangkasan dan koordinasi, irama musik POUNDFIT juga baik untuk kesehatan mental.

Untuk melakukan POUNDFIT, kamu bisa membawa matras, menggunakan alas kaki yang nyaman, dan mengikuti irama musik selama sesi latihan. Jika kamu bergabung jadi member FIT HUB, kelas POUNDFIT juga bisa diikuti secara gratis dengan tingkat kesulitan yang cocok dengan berbagai preferensi kamu!