Apa Itu Pull Up, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Kamu yang mau membuat tubuh lebih kuat jangan sampai kelewatan untuk melakukan pull up secara rutin. Gerakan pull up adalah latihan tubuh bagian atas dengan mengangkat badan menggunakan kekuatan otot tangan. Latihan yang satu ini memang ditujukan untuk melatih otot tubuh bagian atas sekaligus membentuknya.

Untuk melakukannya, kamu butuh pull up bar sebagai pegangan. Kalau tidak punya di rumah, kamu bisa datang ke gym yang menyediakan fasilitas lengkap untuk melakukan gerakan ini. Nah, coba deh lakukan gerakan pull up ini secara rutin. Ada banyak manfaat yang baik buat tubuh kamu, loh.

Manfaat Pull Up untuk Tubuh

Manfaat Pull Up untuk Tubuh - freepik.jpg

Pull up bisa menguatkan banyak otot, khususnya tubuh bagian atas. Bukan hanya itu, melakukannya juga bisa menjaga kesehatan mental. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menguatkan otot tangan

Gerakan pull up berfokus pada lengan dan bahu sehingga otot-otot di sinilah yang akan terlatih lebih banyak. Perlu latihan secara teratur untuk membuat bagian tubuh ini lebih kuat.

Pasalnya, pull up akan cukup menantang untuk pemula. Kamu bisa lakukan sedikit dorongan untuk membuat gerakan pull up lebih ringan pada awalnya.

2. Menguatkan otot punggung

Punggung juga jadi bagian tubuh yang mendapatkan kerja berat saat pull up. Sisi baiknya, kamu bisa membuat punggung lebih tegak dan kuat setelah melakukan pull up.

Salah satu variasi gerakan yang bisa dilakukan adalah wide pull up. Gerakan ini juga akan membuat punggung kamu lebih lebar dan kokoh.

3. Meningkatkan kekuatan tubuh

Secara tidak langsung, pull up akan membuat tubuh lebih kuat secara keseluruhan. Tubuh kamu akan lebih mudah dalam menghadapi tantangan yang datang.

Sebut saja hantaman, benturan, atau pukulan. Melakukan pull up secara rutin juga membuat kamu lebih mudah mengangkat beban berat.

4. Mengencangkan genggaman

Pull up membuat kamu perlu menggenggam bar lebih kuat saat mengangkat badan. Latihan inilah yang akan melatih genggaman tangan agar lebih kuat.

Latihan pull up cocok untuk kamu yang gemar berolahraga tenis, golf, bowling, dan wall climbing.

5. Menjaga kesehatan mental

Latihan kekuatan otot dan daya tahan tubuh juga bisa berdampak baik pada kesehatan mental. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Lifestyle Medicine mengungkapkan, pull up bisa mengurangi gejala gangguan kecemasan dan depresi.

Bukan hanya itu, latihan otot juga bisa meningkatkan rasa percaya diri sehingga kamu bisa tampil lebih baik di hadapan umum.

Cara Melakukan Pull Up

Cara Melakukan Pull Up - freepik.jpg

Kamu perlu pull up bar atau besi memanjang sebagai tumpuan untuk mengangkat tubuh. Berikut cara melakukan pull up.

  1. Berdiri di bawah pull up bar
  2. Raih pull up bar dengan dua tangan menghadap depan
  3. Pastikan jarak tangan tidak terlalu jauh atau sedikit lebih lebar dari bahu
  4. Angkat badan dengan menggunakan kekuatan tangan sampai kepala dada mendekati bar dan kepala lebih tinggi dari pegangan
  5. Turunkan kembali tubuh sambil mempertahankan supaya tangan tidak sampai lurus sempurna
  6. Angkat tubuh kembali hingga kepala ke atas bar
  7. Lakukan 8-10 repetisi sebagai permulaan.

Kesimpulan

Pull up punya banyak manfaat untuk mengencangkan berbagai otot tubuh sekaligus membuat tubuh lebih tahan banting. Selain itu, latihan penguatan otot ini bisa menjauhkanmu dari risiko gangguan kesehatan mental.

Supaya bisa melakukan latihan pull up lebih rutin, kamu bisa mendaftar jadi member FIT HUB sekarang juga. Dapatkan harga menarik dan paket membership sampai dengan 24 bulan. Enaknya lagi, kamu bisa latihan di banyak cabang FIT HUB di seluruh Indonesia tanpa tambahan biaya.