Apa Itu Resistance Training dan Cara Memulai Latihan yang Baik

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Resistance training adalah latihan yang dapat membuat otot menjadi lebih kuat jika dilakukan secara rutin. Jenis latihan ini bisa kamu coba lakukan jika ingin mendapatkan tubuh yang lebih kuat dan fleksibel.

Selain itu, melakukan resistance training juga akan membantu melatih ketahanan dan keseimbangan tubuh. Hal ini tentu bisa membuat tubuh makin kuat untuk melakukan olahraga secara konsisten.

Melansir Better Health, bagi pemula yang baru akan mencoba resistance training, sebaiknya melakukannya 2-3 kali seminggu agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Setelah itu, cobalah untuk mengistirahatkan otot kurang lebih 48 jam untuk meningkatkan kekuatan otot.

Supaya kamu lebih paham, sebaiknya baca dulu penjelasan soal resistance training dan cara memulainya di bawah ini, ya!

Apa Itu Resistance Training?

Apa Itu Resistance Training - freepik.jpg

Resistance training adalah bentuk latihan yang melibatkan beban dari alat, tali, atau gravitasi untuk meningkatkan kekuatan otot. Biasanya, resistance training juga dikenal dengan sebutan strength training atau weight training. Namun, strength training biasanya lebih fokus untuk membangun kekuatan tubuh agar tubuh lebih bugar.

Saat diperlukan, prinsip resistance training didasarkan para persepsi bahwa otot akan bekerja untuk mengatasi gaya resistensi. Jika dilakukan berulang kali secara konsisten, otot-otot tubuh akan menjadi lebih kuat.

Rangkaian latihan yang dilakukan mencakup latihan kekuatan yang bisa meningkatkan fungsi sendri, kepadatan tulang, kekuatan otot, tendon dan ligamen. Lebih banyak repetisi (12—15 repetisi) dalam setiap set latihan akan lebih membantu memberikan hasilnya.

Cara Memulai Resistance Training

Cara Memulai Resistance Training - freepik.jpg

Kamu bisa memulai resistance training tanpa membeli alat atau perlengkapan latihan. Ada beberapa gerakan latihan yang bisa dilakukan tanpa alat. Namun, untuk memulai resistance training, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Lakukan sebagai rutinitas

Kunci utama dari kesuksesan resistance training adalah memulainya sebagai salah satu rangkaian olahraga rutin kamu. Jadi, kamu tidak merasakan ada tambahan menu latihan dari rutinitas olahraga yang biasa dilakukan. Jenis latihan yang termasuk sebagai resistance training di antaranya sebagai berikut. *-*Bicep curls *-*Chess press *-*Standing row *-*Squat *-*Floor bridge

2. Konsultasi dengan ahli

Jika belum pernah melakukan rutinitas latihan di atas sama sekali, pastikan untuk bicara atau konsultasi dulu pada ahli. Kamu bisa berkonsultasi pada dokter atau personal trainer di gym untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai tingkat kebugaran dan riwayat kesehatan.

Hal ini juga penting untuk diprioritaskan jika kamu sedang berada dalam kondisi medis tertentu, ya. Pastikan kamu mengetahui cara aman untuk berolahraga secara bertanggung jawab.

3. Menjaga form tubuh

Pertimbangkan untuk mengurangi beban jika tidak bisa menjaga form tubuh secara optimal. Hal ini dapat mendukung kamu untuk tetap mencapai target latihan yang baik. Agar mampu menjaga form tubuh yang tepat, kamu bisa menjadwalkan latihan dengan personal trainer terlebih dahulu.

4. Selalu melakukan pemanasan

Lakukan pemanasan sebelum kamu memulai latihan. Kamu bisa memulai pemanasan sederhana seperti jalan kaki atau bersepeda ringan sekitar lima menit. Lakukan gerakan peregangan dinamis seperti memutar lengan, mengayunkan lengan, mengayunkan kaki, atau jumping jacks.

5. Berhenti jika merasakan nyeri

Resistance training bukan termasuk latihan yang ringan, tapi rangkaian latihan tersebut tidak perlu menyakitkan. Intinya, latihan harus selalu bisa disesuaikan dengan kemampuan setiap orang tanpa harus merasa tersiksa. Saat kamu merasakan nyeri atau tidak nyaman saat berlatih, berhentilah dan lakukan evaluasi untuk menghindari terjadinya cedera.

Kesimpulan

Resistance training merupakan jenis latihan yang terdiri atas rangkaian latihan beban untuk memperkuat otot seperti chest press, squat, atau bridge. Semua rangkaian latihan tersebut harus dimulai sebagai rutinitas, dikonsultasikan dengan ahli, dan tidak dipaksakan.

Agar bisa memulai latihan dengan baik, kamu juga bisa berlatih dengan bantuan dari seorang personal trainer (PT). Daftarkan diri menjadi member FIT HUB agar dapat menikmati berbagai fasilitas gym lengkap dan berbagai akses kelas gratis yang nyaman!