5 Cara Memilih Sepatu Gym yang Nyaman untuk Olahraga

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Supaya aktivitas olahragamu bisa berjalan dengan aman dan nyaman, jangan lupa untuk menggunakan sepatu gym yang tepat. Pasalnya, penggunaan jenis sepatu yang salah dapat meningkatkan risiko cedera ketika kamu sedang berolahraga.

Kenyamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu untuk berolahraga. Selain itu, selalu pastikan juga untuk memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah, jika kamu membutuhkan sepatu yang khusus digunakan untuk berolahraga di gym, sebaiknya ketahui dulu jenis dan tips memilihnya di bawah ini, ya!

Jenis Sepatu Gym Berdasarkan Jenis Olahraga

Jenis Sepatu Gym Berdasarkan Jenis Olahraga - freepik.jpg

Tujuan orang yang datang ke gym tentunya berbeda-beda, ada yang ingin latihan treadmill, ikut kelas zumba, latihan angkat beban, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa jenis sepatu gym yang bisa digunakan berdasarkan jenis olahraganya.

1. Running shoes

Gunakan sepatu berlari hanya untuk berlari dan hindari penggunaan untuk aktivitas latihan lain.

Menggunakan sepatu lari untuk latihan di gym seperti angkat beban mungkin akan berpengaruh pada performa latihan dan stabilitas secara keseluruhan.

Sepatu lari biasanya memiliki midsole yang lebih tebal ketimbang training shoes karena didesain lebih nyaman dan empuk untuk berlari. Karena itu, sepatu lari bukan pilihan yang baik untuk angkat beban.

2. Training shoes

Training shoes adalah jenis sepatu olahraga yang paling luas dan dirancang untuk berbagai aktivitas dan pemakaian sehari-hari.

Namun, training shoes biasanya tidak dikhususkan untuk latihan angkat beban berat atau melakukan HIIT yang sangat berat.

Sol tengah pada training shoes lebih tebal dan konstruksi bagian atanya non-specialized.

Jika digunakan untuk latihan secara umum rasanya tetap empuk dan nyaman. Sepatu ini cocok untuk dipakai sehari-hari, olahraga yang sangat santai, atau sesekali lari pendek.

3. Cross-training shoes

Umumnya, cross-training shoes memiliki sol tengah dengan kepadatan sedang hingga tinggi yang bertujuan untuk memberikan stabilitas saat digunakan.

Sepatu ini cocok untuk latihan angkat beban dan konstruksi atasnya sedikit lebih tahan lama untuk beragam latihan.

Kenakan jenis sepatu ini jika kamu memvariasikan latihan setiap minggu. Sepatu ini cukup tahan lama untuk mengangkat beban, latihan HIIT, latihan atletik, dan kelas-kelas gym.

Cara Memilih Sepatu Gym yang Bagus

Cara Memilih Sepatu Gym yang Bagus - freepik.jpg

Ada beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan saat akan membeli sepatu olahraga.

Tidak hanya ukuran yang pas, kamu juga bisa melakukan langkah-langkah berikut ini sebagai cara memilih sepatu gym yang bagus.

1. Tentukan ukuran yang tepat

Sebaiknya, kamu membawa kaos kaki yang sering dipakai berolahraga saat pergi ke toko sepatu.

Beberapa pendapat juga mengatakan untuk datang pada sore hari karena biasanya bentuk kaki sedikit membengkak setelah beraktivitas sepanjang harinya.

Pilih ukuran yang paling nyaman untuk digunakan, tapi pertimbangkan untuk naik setengah ukuran dan rasakan perbedaannya.

Jika membeli secara online, kamu bisa menggambar telapak kakimu di atas kertas dan mengukur panjang serta lebar kaki.

2. Rasakan kenyamanannya

Tidak hanya ukuran yang cocok dengan panjang dan lebar kaki, kamu juga bisa mencoba sepatu sambil sedikit berjalan-jalan di toko.

Hal ini penting agar kamu merasa nyaman untuk menggunakan sepatu saat banyak bergerak di gym. Nah, itulah alasan kamu juga perlu membawa kaos kaki yang biasa dipakai beraktivitas.

3. Pertimbangkan lengkung kaki (arch)

Kamu juga perlu mengetahui jenis lengkungan kaki untuk memilih sepatu yang tepat. Cara mudah mengetahuinya adalah membuat “stempel” kaki di atas kertas untuk memeriksa jejaknya.

Kamu bisa mencelupkan telapak kaki ke dalam air dan melihat hasil jejak kakinya. Jejak kaki sedikit menunjukkan bahwa lengkungan kakimu tinggi, sebaliknya jejak kaki yang terlihat besar menunjukkan lengkung kaki rendah.

4. Perhatikan bagian jari kaki

Saat merasakan bagian toe box, idealnya sepatu olahraga memiliki ruang 0,2—0,6 inci. Jika kamu melihat sisi kaki menonjol pada bagian atas.

Kemungkinan sepatunya terlalu sempit. Sepatu tidak boleh meluncur ke atas atau bawah tumit, tapi juga harus cukup ketat agar mencengkram kaki dengan baik.

5. Pastikan bagian luar sepatu tidak licin

Bagian luar sepatu akan sangat berperan penting untuk menjaga traction sepatu saat dipakai berolahraga.

Jika berlatih di gym, kamu tidak boleh sampai tergelincir karena outsole sepatu yang licin.

Untuk membuat sepatu lebih stabil saat digunakan, kamu juga bisa mencari sepatu yang memiliki fitur strap dan tali sepatu.

Itulah beberapa pertimbangan untuk memilih sepatu gym baru di tahun baru. Sepatu yang nyaman akan mendukung resolusi tahun baru dengan tujuan hidup sehat yang lebih baik.

Nah, agar resolusi tahun baru lebih mantap, kamu juga bisa segera daftar jadi member di FIT HUB!