5 Tips Aman Olahraga saat Haid yang Perlu Diketahui Wanita

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Haid seharusnya bukan jadi penghalang untuk olahraga. Malahan, kamu sangat disarankan buat tetap olahraga saat haid untuk mengurangi rasa sakit yang muncul di bagian perut.

Tentu saja kamu harus memilih olahraga supaya bisa tetap nyaman melakukannya, lebih baik lagi kalau kamu datang ke gym untuk melakukan olahraga saat sedang haid.

Pasalnya, kamu bisa melakukan olahraga ringan dengan alat yang tersedia. Kamu hanya perlu mengatur intensitas latihannya saja.

Tips Olahraga Saat Haid

Tips Olahraga Saat Haid - freepik.jpg

Lakukan persiapan sebelum datang ke gym. Berikut sejumlah tips berolahraga saat haid yang perlu diperhatikan.

1. Memilih pakaian yang nyaman

Bagian yang perlu diperhatikan tentu saja celana. Pastikan kamu cukup nyaman untuk melakukan banyak gerakan saat berolahraga.

2. Selalu bawa peralatan khusus menstruasi

Barang yang tidak boleh kelupaan adalah pembalut, celana dalam, dan sabun pembersih. Pastikan semua itu ada dalam tas gym kamu.

3. Selalu menjaga cairan tubuh

Olahraga saat haid cenderung lebih melelahkan. Karena itu, pastikan kamu selalu mengonsumsi air minum di sela-sela olahraga.

4. Sedia penghilang rasa sakit

Tidak ada yang tahu kapan rasa sakit tersebut datang. Baiknya kamu selalu bawa penghilang rasa sakit saat pergi berolahraga.

5. Tidak memaksakan diri

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk kamu berolahraga, kok. Kalau memang bisa dan dirasa mampu, ya lakukan. Kalau tidak, kamu boleh beristirahat di rumah dan kembali ke gym setelah masa menstruasi berakhir.

PIlihan Olahraga Saat Haid yang Aman Dilakukan

PIlihan Olahraga Saat Haid yang Aman Dilakukan - freepik.jpg

Kamu bisa memilih sejumlah olahraga yang punya intensitas ringan di saat haid datang, Berikut olahraga terbaik yang bisa dilakukan saat haid.

1. Jalan kaki

Treadmill bisa jadi sahabat kamu di gym saat sedang haid. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan berjalan santai. Jalan kaki santai ini juga bisa membantu meningkatkan mood yang bisa berubah seketika saat haid. Di samping itu, jalan kaki sekitar 15—20 menit juga menjaga kerja jantung tetap baik.

2. Bersepeda

Selain treadmill, kamu juga bisa memanfaatkan sepeda statis di gym, loh. Pilihan olaraga ini juga cukup santai, tapi tetap bisa bikin kamu berkeringat. Mengayuh sepeda juga membantu mengurangi rasa sakit yang muncul saat haid.

3. Light lifting

Siapa bilang saat haid tidak boleh angkat beban? Kamu masih bisa menggunakan dumbell dengan bobot yang relatif ringan, kok. Atur jumlah repetisi dan set jika memilih olahraga yang satu ini, ya. Jika dirasa ada rasa sakit yang muncul, kurangi bebannya atau hentikan gerakan yang dilakukan.

4. Aerobik

Jika dirasa sanggup, kamu bisa juga ikut kelas aerobik saat sedang haid. Olahraga kardio ini juga dirasa cukup baik untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul Ketika menstruasi. Selain itu, aerobik juga membuat mood tetap baik setelahnya. Mengikuti kelasnya juga membuat tidur lebih berkualitas di malam hari.

5. Yoga dan pilates

Kamu malah disarankan untuk ikut kelas yoga atau pilates sebelum datang waktu haid. Pasalnya, dua jenis olahraga ini membantu membuat tubuh lebih rileks sehingga menurunkan risiko kram perut atau nyeri payudara. Di samping itu, yoga dan pilates juga mencegah kamu lebih cepat lelah saat haid nantinya.

Lanjutan aktivitas yoga dan pilates saat sudah memasuki masa haid. Namun, kurangi intensitas dari biasanya. Pastikan juga kamu sudah cukup beristirahat sebelum mengikuti kelasnya.

Nah, kamu yang tetap ingin olahraga saat haid bisa bergabung bersama FIT HUB. Di sini, ada banyak kelas yang bisa membantu kamu tetap nyaman berolahraga. Nah, tunggu apa lagi? Segera daftar jadi member dan nikmati segala fasilitas gym yang tersedia.