7 Jenis Suplemen yang Perlu Diketahui untuk Tingkatkan Performa di Gym

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Suplemen gym biasanya dijadikan solusi untuk menunjang performa olahraga di pusat kebugaran. Konsumsi suplemen yang sesuai dengan dosis dan waktu yang tepat akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi tubuh saat berolahraga.

Tentunya konsumsi suplemen yang bertujuan meningkatkan performa olahraga perlu disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan. Biasanya orang-orang yang berolahraga di gym sudah cukup akrab dengan berbagai suplemen yang perlu dikonsumsi.

Ingin tahu lebih banyak seputar suplemen yang bisa menunjang aktivitas olahraga di gym? Baca artikel ini sampai habis dan tentukan sendiri apa yang kamu butuhkan ya!

Jenis Suplemen yang Menunjang Performa Olahraga

jenis suplemen - freepik.jpg

Saat ini sudah banyak brand yang menjual suplemen olahraga dengan manfaat yang berbeda-beda. Beda brand dan kandungan, tentu berbeda pula manfaat yang diberikan pada tubuh.

Ada beberapa zat dalam suplemen yang bisa menunjang performamu saat berolahraga. Berikut di antaranya:

1. Protein

Menurut EverydayHealth, protein memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Jika dilihat dari perspektif aktivitas olahraga, protein baik karena dapat meningkatkan pertumbuhan perbaikan otot.

Selain itu, protein juga dapat menghambat nafsu makan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Health menyebutkan bahwa sebagian besar orang mendapatkan cukup protein dari makanan.

Tetapi untuk atlet yang memiliki intensitas dan waktu olahraga yang tinggi, diperlukan konsumsi protein lebih banyak lagi.

Hal ini tentu untuk meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan sel otot sehingga tubuh akan lebih baik performanya.

2. Creatine

Creatine juga adalah salah satu jenis suplemen yang cukup populer di kalangan penggiat olahraga. Suplemen ini memiliki manfaat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk olahraga intensitas tinggi seperti sprint dan angkat beban.

Banyak atlet yang mengonsumsi suplemen gym dengan tingkat creatine tinggi untuk menambah energi serta menambah massa otot mereka.

3. Leucine

Selain creatine, ada juga suplemen bernama leucine. Leucine bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti telur, ikan, daging, dan susu.

Namun fungsi leucine kurang lebih menyerupai creatine dengan tambahan dapat mempertahankan massa otot. Jadi, jika creatine dapat meningkatkan energi dan massa otot, leucine berperan untuk mempertahankannya.

4. Caffeine

Tidak hanya dapat menghilangkan rasa kantuk, ternyata caffeine adalah salah satu suplemen yang dapat menunjang aktivitas olahraga khususnya di gym.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tiga dari empat atlet mengonsumsi caffeine sebelum atau saat sedang melakukan kompetisi olahraga.

Ternyata ada beberapa alasan yang membuat caffeine bisa menjadi suplemen penunjang performa olahraga.

Caffeine memiliki kemampuan mempertahankan glikogen otot atau berinteraksi dengan sistem saraf dengan cara yang menguntungkan.

5. Sodium Bikarbonat

Kandungan ini adalah salah satu suplemen yang bisa ditemukan di rumah. Beberapa member di gym biasanya menggunakan sodium bikarbonat untuk meningkatkan performa.

Suplemen gym berjenis ini umumnya berupa tablet atau kaplet. Selain itu, penjelasan lebih lanjut mengatakan bahwa suplemen ini dapat mengurangi penumpukan asam laktat dari latihan yang eksplosif.

Asam laktat yang menumpuk akan memberikan efek seseorang bisa kelelahan saat berolahraga.

6. Fat Burner

Ingin membakar lebih banyak lemak saat berolahraga? Kamu berarti perlu suplemen yang tergolong fat burner.

Buat yang memiliki tujuan berolahraga untuk menurunkan berat badan dan kadar lemak, gunakan suplemen gym berjenis fat burner saat berolahraga.

Cara kerja fat burner sendiri adalah dengan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Hal ini berdampak bukan hanya pada turunnya berat badan tetapi juga lebih sehat dan bugar.

Akan tetapi perlu diperhatikan, konsumsi suplemen fat burner wajib mengikuti dosis yang dianjurkan. Apabila kamu masih ragu, konsultasikan tujuan olahraga dan nutrisi kepada dokter gizi atau personal trainer terlebih dahulu.

Tujuannya, tentu untuk mendapatkan dosis yang optimal sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

7. BCAA

Selesai latihan, biasanya suplemen yang digunakan para penyuka olahraga di gym adalah BCAA.

Suplemen ini berguna untuk menjaga tidak terjadinya penyusutan pada otot. Jadi, otot yang sudah terbentuk sebagai hasil latihan akan tetap terjaga.

Konsumsi suplemen BCAA sesudah latihan di gym sesuai dosis yang dianjurkan ya!

Tips Mendapatkan Manfaat dari Suplemen

Sekarang kamu sudah mengetahui beberapa suplemen gym yang bisa menunjang aktivitas olahraga. Untuk memaksimalkannya, ada sedikit tips agar konsumsi suplemenmu bisa mendapatkan manfaat yang diharapkan. Berikut beberapa tipsnya.

  • Konsumsi suplemen sesuai dengan dosis dan waktu yang dianjurkan secara rutin. Jangan memodifikasi dosis sembarangan agar tidak membahayakan kesehatan.
  • Suplemen adalah penunjang aktivitas. Oleh karena itu untuk mendapatkan progress aktivitas olahraga yang dilakukan, tetaplah berlatih dan memberikan tantangan untuk diri sendiri.
  • Walaupun sudah mengonsumsi suplemen, jangan lupa tetap perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Pastikan kebutuhan nutrisi tubuh tetap terjaga.

Kesimpulan

Banyaknya jenis suplemen gym untuk penunjang olahraga, tentu kamu juga perlu sadar aktivitas olahraga yang dilakukan rutin juga perlu dipertimbangkan.

Mengonsumsi suplemen secara rutin jika dikombinasikan dengan olahraga yang kurang tepat, tentu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan rutin berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, serta mengonsumsi suplemen kebugaran, otot-ototmu akan terbentuk dengan sempurna. Hasilnya, tubuhmu akan semakin ideal dan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah merawatnya.

Salah satu cara merawatnya adalah dengan melakukan latihan di gym. Pilih gym dengan fasilitas lengkap seperti FIT HUB yang tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Dengan fasilitasnya yang lengkap, tujuan kesehatanmu akan lebih mudah tercapai.

Dengan harga membership yang bersahabat, kamu bisa mencoba FIT HUB tanpa pikir panjang. Ingin mencobanya? Segera claim free trial mu hari ini lewat link ini ya!