18 Buah yang Bagus untuk Diet dan Manfaatnya

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Untuk melengkapi asupan selama menurunkan berat badan, kamu dapat mengonsumsi ragam buah yang bagus untuk diet.

Buah jadi pilihan tepat untuk diet karena merupakan sumber serat, gula alami, dan air. Melansir PharmEasy, buah-buahan juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Makanya, yuk, cek dan konsumsi buah-buah diet yang kami rekomendasikan berikut ini!

18 Buah yang Bagus untuk Diet

Buah-buah berikut dapat menjadi sumber gula alternatif dan sumber serat utamamu.

1. Apel

Apel.jpg Apel menjadi makanan untuk diet yang paling populer karena rasa dan mudah untuk didapatkan. Dalam 100 gram apel diperkirakan terdapat 2,4 gram serat dan hanya 52 kalori. Apel juga dapat menjadi pelengkap makanan diet seperti oatmeal.

2. Stroberi

Stroberi adalah sumber vitamin C dan dipercaya dapat menjadi sumber air serta serat alternatif. Makanya, stroberi sering jadi pilihan buah untuk diet karena mengenyangkan.

Stroberi pun mudah diolah dan dicampurkan dalam program dietmu karena dapat dimakan langsung, dijadikan selai rendah gula, dan ditambahkan ke yoghurt.

3. Jeruk

Jeruk.jpg Jeruk punya kalori yang rendah dan sumber vitamin C paling populer. Buah satu ini juga dipercaya jadi sumber serat yang baik untuk pencernaan. Jeruk dapat dimasukkan dalam program dietmu sebagai jus jeruk, sumber gula harian, dan camilan.

4. Mangga

Mangga termasuk buah musiman yang dinanti-nanti karena rasanya enak dan disebut-sebut mengenyangkan, lho. Mangga juga termasuk dalam buah yang kaya vitamin C.

Selain itu, terkandung juga potassium dan beta-karoten yang baik untuk tubuh. Kamu dapat menikmati mangga secara langsung, dengan dijus, jadi topping yoghurt atau baru-baru ini sering jadi tambahan dalam salad.

5. Clementine

Clementine - freepik.jpg

Termasuk dalam jeruk, tapi clementine punya nutrisi pentingnya sendiri. Meski ukurannya lebih kecil dari jeruk biasanya, kandungan vitamin C-nya sudah dapat memenuhi 40% kebutuhan harianmu.

Clementine juga mengandung 35 kalori, lebih rendah dibanding jeruk pada umumnya (sekitar 47 kalori).

6. Blewah (cantaloupe)

Buah satu ini sering jadi es buah segar yang dinikmati untuk berbuka puasa. Namun, es buah biasanya diberi gula tambahan yang kurang baik saat kamu diet. Makanya, lebih baik blewah dinikmati secara langsung atau dijus tanpa gula.

Blewah dipercaya memiliki kandungan Vitamin A dan C. Blewah mengandung banyak air yang membantumu cepat kenyang.

7. Kiwi

Melansir Good Housekeeping, kiwi mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, potassium, antioksidan, magnesium, dan asam folat.

Kiwi pun dipercaya dapat membantu membuat tenang. Makanya, kiwi direkomendasikan sebagai camilan sebelum tidurmu, karena akan membantumu tidur lebih nyenyak.

8. Semangka

Semangka adalah buah untuk diet paling populer karena disebut-sebut jadi pengenyang. Hal itu disebabkan oleh kandungan air yang tinggi dalam semangka.

Selain air, semangka juga merupakan sumber mineral seperti potassium dan magnesium yang berfungsi sebagai elektrolit untuk menyeimbangkan tubuh dan kadar sodium selama diet.

9. Pir

Selain mengandung Vitamin C dan serat, pir juga buah yang punya kadar air tinggi lainnya. Makanya, pir dapat dimakan sebagai pelengkap menu makan saat diet.

Meskipun porsi makanan dikurangi, kamu akan tetap merasa kenyang dengan mengonsumsi buah pir. Satu buah pir mengandung 6 gram serat yang tentunya juga membantumu kenyang lebih lama.

10. Alpukat

Alpukat - freepik.jpg

Alpukat adalah salah satu buah dengan kadar gula terendah, tapi rasanya tetap enak. Pasti kamu sering melihat makanan diet yang menggunakan alpukat sebagai salah satu bahannya.

Sering dikonsumsi untuk sarapan, alpukat tetap bisa dikonsumsi kapan pun. Selain dikonsumsi dengan roti gandum, alpukat juga baik dikonsumsi sebagai smoothies, yang tentunya tanpa tambahan gula, ya.

11. Rasberi (raspberry)

Satu cup rasberi mengandung 5,6 gram serat dan hanya 50 kalori. Rasberi dapat jadi pilihan camilan enak dan sehat untuk mendukung diet. Kandungan antioksidan dan ragam vitaminnya juga baik untuk kesehatan tubuhmu.

12. Blackberry

Blackberry lebih enak dikonsumsi dalam kondisi dingin. Jadi, masukkan dulu dalam kulkas sebelum kamu mengonsumsinya. Buah yang jadi camilan untuk diet punya kandungan vitamin C tinggi, antioksidan, dan serat.

Blackberry juga punya rasa manis yang pas, jadi konsumsi gula harian juga tetap terjaga, dikutip dari Eat This.

13. Blueberry

Blueberry dipercaya jadi asupan yang baik sebelum olahraga. Dengan kandungan 36 gram serat dan hanya 85 kalori dalam 1 cup, blueberry cocok jadi camilan sehat. Blueberry pun lebih baik dikonsumsi dalam kondisi dingin, ya.

14. Ceri

Meski sering dijadikan dekorasi kue ulang tahun, buah ceri tetap dapat dikonsumsi sebagai buah yang bagus untuk diet. Ceri mengandung antioksidan yang dipercaya dapat membantu membakar lemak perut. Ceri dapat dinikmati langsung, dalam jus, dan salad buah.

15. Pepaya

Pepaya - freepik.jpg

Pepaya sering disebut sebagai super fruit karena perannya dalam menjaga kondisi pencernaan. Selain serat, pepaya juga kaya akan vitamin A, C, dan E yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan kulit.

16. Markisa

Buah selanjutnya yang bagus untuk diet dan dapat ditemukan dengan mudah adalah markisa. Sering dijadikan bahan sirup, markisa punya kandungan serat dan antioksidan yang tinggi. Makanya, lebih baik mengonsumsi markisa secara langsung, daripada minum sirup (sudah banyak gula tambahan).

17. Plum

Buah ini juga dipercaya jadi super food lainnya yang membantu diet. Plum kering juga sering dijadikan buah untuk melancarkan pencernaan selama diet. Selain itu, kandungan utamanya yaitu kalsium dan magnesium baik untuk tulang.

18. Delima (pomegranate)

Tidak hanya untuk mempercantik yoghurt dan smoothies, buah delima juga dapat menjadi camilan sehat selama diet. Delima memiliki kandungan 7 gram serat, serta kaya akan Vitamin C dan K.

Kesimpulan

Itulah ragam buah yang bagus untuk diet dan dapat jadi sumber nutrisi alternatif terbaik.

Meski begitu, sama seperti makanan lainnya, buah harus dikonsumsi dalam porsi yang tepat, ya. Kombinasikan juga dengan makanan diet lain untuk memaksimalkan nutrisi.

Selama mengonsumsi makanan dan buah diet, kamu juga harus mendukungnya dengan aktif berolahraga.

Untuk membantu kamu lebih aktif olahraga, yuk, coba penawaran khusus berupa free trial di pusat kebugaran FIT HUB!

FIT HUB sudah punya cabang di banyak kota, lho! Dalam program free trial kamu bisa konsultasikan kebutuhan olahragamu dan dapatkan program kesehatan dari membership consultant kami.

Klaim free trial-mu sekarang juga di link ini.