18 Makanan Pengganti Nasi yang Menyehatkan dan Mengenyangkan

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Meskipun menjadi makanan pokok sehari-hari, mengonsumsi nasi dalam jumlah terlalu banyak juga tidak disarankan, khususnya untuk kamu yang sedang diet. Maka dari itu, mencari bahan makanan pengganti nasi bisa kamu pertimbangkan untuk asupan karbohidrat setiap hari.

Tertarik untuk mencoba mengganti nasi dengan bahan makanan lain? Dalam artikel ini, kamu akan menemukan berbagai macam alternatif nasi yang tidak hanya enak, tapi juga sarat akan nutrisi.

Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini!

18 Bahan Makanan Pengganti Nasi

Inilah beberapa bahan makanan pengganti nasi yang bisa kamu jadikan sebagai penambah asupan karbohidrat tiap harinya:

1. Kentang

Kentang - freepik.jpg

Kentang adalah bahan makanan serbaguna yang dapat diolah dalam berbagai cara. Kentang kaya akan karbohidrat kompleks dan serat, menjadikannya pilihan yang memuaskan dan menyehatkan sebagai pengganti nasi.

Kamu bisa merebusnya untuk membuat sup atau salad atau memanggangnya untuk membuat kentang panggang yang renyah. Sebagai makanan pengganti nasi, kamu bisa mengolah kentang menjadi kentang tumbuk atau kentang goreng yang gurih.

2. Ubi

Ubi kaya akan beta-karoten, serat, dan vitamin C, membuatnya menjadi pilihan yang lezat dan bergizi sebagai makanan pengganti nasi. Ubi juga merupakan bahan makanan yang dapat diolah dalam berbagai cara.

Kamu bisa merebusnya, memanggangnya, atau menghaluskannya menjadi puree. Cobalah memanggang ubi dengan sedikit minyak zaitun dan rempah-rempah untuk hidangan yang lezat dan sehat.

3. Quinoa

Seperti informasi yang dilansir dari situs Healthline, quinoa adalah biji-bijian yang kaya akan protein, serat, dan nutrisi penting lainnya. Kamu bisa memasaknya seperti nasi dan menggunakannya dalam berbagai hidangan.

Selain itu, quinoa memiliki rasa ringan dan tekstur yang kenyal. Maka dari itu, quinoa cocok untuk digunakan dalam salad, sup, atau hidangan utama.

4. Beras Merah dan Beras Hitam

Beras Merah dan Beras Hitam - freepik.jpg

Beras merah dan hitam memiliki nutrisi yang lebih baik daripada beras putih. Kedua beras tersebut juga mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral.

Dengan kandungan nutrisinya, beras merah dan beras hitam menjadi pilihan yang lebih sehat untuk alternatif pengganti nasi. Cobalah untuk mengolah beras merah atau beras hitam dalam hidangan seperti nasi goreng sebagai variasi yang unik.

5. Beras Jagung

Beras jagung adalah variasi beras yang terbuat dari jagung. Tidak hanya itu, beras jagung juga menawarkan rasa yang unik dan berbeda dari beras biasa, dengan tekstur yang kenyal dan aroma yang khas.

Dengan ciri khasnya yang unik, beras jagung bisa menjadi pilihan alternatif nasi yang menarik. Jadi, kamu bisa mengubah rutinitas makanmu dan menambahkan variasi pada hidangan.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang merah, atau lentil adalah sumber karbohidrat yang baik dan dapat digunakan sebagai pengganti nasi.

Kacang-kacang tersebut kaya akan protein, serat, dan nutrisi penting lainnya. Dengan nutrisi yang banyak, kamu bisa menggunakannya sebagai alternatif nasi. Cobalah menggantikan nasi dengan kacang-kacangan dalam hidangan seperti sup atau tumis untuk variasi yang sedap.

7. Pasta

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa pasta adalah alternatif yang mudah dan lezat untuk nasi. Kamu bisa memilih dari berbagai jenis seperti spaghetti, penne, atau fusilli untuk beraneka ragam masakan.

Kamu juga bisa mengolah pasta dengan berbagai saus dan bahan tambahan. Dengan banyaknya pilihan pasta, kamu bisa membuat menu makanan yang berbeda dan tidak membosankan.

8. Sayuran

Sayuran - freepik.jpg

Sayuran seperti brokoli, wortel, atau bayam bisa dijadikan pengganti nasi dalam hidangan. Caranya, kamu hanya perlu memotongnya menjadi potongan kecil atau menghaluskannya menjadi puree.

Selain memberikan nutrisi yang baik, sayuran juga menambahkan warna dan tekstur yang menarik pada hidanganmu. Kamu bisa menggunakan sayuran sebagai alternatif nasi dalam hidangan seperti stir-fry atau sup untuk variasi yang segar dan menyehatkan.

9. Roti

Roti gandum utuh atau roti lainnya bisa menjadi pengganti nasi dalam hidangan. Roti gandum utuh kaya akan serat dan nutrisi. Maka dari itu, roti menjadi makanan yang dijadikan favorit oleh banyak orang.

Dengan nutrisi dan serat yang tinggi, roti menjadi pilihan yang menyehatkan sebagai pengganti nasi. Kamu bisa menggunakan roti untuk membuat sandwich dan aneka olahan makanan lezat lainnya.

10. Biji-bijian

Biji-bijian seperti bulgur, barley, atau gandum juga bisa dimasak dan digunakan sebagai pengganti nasi. Biji-biijan tersebut menawarkan variasi nutrisi dan tekstur yang menarik, serta memberikan rasa yang khas pada hidanganmu.

Biji-bijian bisa kamu gunakan sebagai pengganti nasi. Khususnya, dijadikan bahan olahan seperti salad atau sup. Rasanya juga enak dan pastinya menyehatkan.

11. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe tentu tidak asing di telinga orang Indonesia. Faktanya, tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang baik dan bisa menjadi alternatif yang lezat untuk nasi.

Tahu dan tempe juga sangat mudah untuk divariasikan dalam berbagai bentuk hidangan. Contohnya, kamu bisa mengolah tahu dan tempe untuk tumis, kari, atau panggang.

12. Couscous

Couscous - freepik.jpg

Couscous merupakan semacam gandum yang kecil dan bisa dimasak dengan cepat sebagai pengganti nasi. Rasanya yang ringan dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam hidangan Mediterania dan Timur Tengah.

Ada banyak variasi hidangan dengan couscous. Kamu bisa mencampur couscous dengan sayuran panggang, kacang-kacangan, atau protein untuk hidangan yang lezat dan bergizi.

13. Beras Kedelai

Beras kedelai adalah produk yang terbuat dari kedelai dan bisa menjadi pengganti nasi yang kaya akan protein. Tekstur dari beras kedelai sendiri cukup lembut. Maka dari itu, beras kedelai menjadi salah satu makanan pengganti nasi.

Dengan rasanya yang khas, beras kedelai cocok untuk digunakan dalam berbagai hidangan. Contohnya, kamu bisa mengolahnya sebagai bahan makanan tumis, sup, atau salad.

14. Polenta

Polenta adalah hidangan tradisional Italia yang terbuat dari jagung giling kasar. Polenta dapat dimasak menjadi bubur yang lembut atau didinginkan hingga mengeras. Kemudian polenta dipotong-potong untuk dipanggang atau digoreng.

Polenta memiliki rasa yang ringan dan dapat menyerap berbagai bumbu dan saus. Sehingga, banyak orang menggunakan polenta sebagain makanan pengganti nasi.

15. Sereal

Banyak dari kita yang sering sarapan dengan sereal. Rasanya yang manis dan kadang juga gurih, membuat sereal menjadi salah satu makanan pengganti nasi yang populer.

Sereal seperti oatmeal, sereal gandum utuh, atau sereal lainnya sangat mudah dan cepat untuk diolah. Selain menjadi sarapan yang sehat, sereal juga bisa digunakan dalam hidangan seperti bubur atau kue untuk variasi.

16. Singkong

Singkong - freepik.jpg

Singkong sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu bahan makanan pengganti nasi di Indonesia. Singkong adalah umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat dan dapat diolah dalam berbagai cara.

Kamu bisa merebusnya, menggorengnya, atau membuatnya menjadi tepung singkong untuk digunakan dalam berbagai resep. Singkong juga bisa dijadikan camilan seperti keripik singkong atau diolah menjadi hidangan tradisional seperti tiwul.

17. Beras Shirataki

Beras shirataki terbuat dari konjac yam dan terkenal karena kandungan kalorinya yang sangat rendah dan tinggi serat. Beras ini memiliki tekstur yang kenyal dan dapat digunakan sebagai pengganti nasi dalam berbagai hidangan.

Beras shirataki sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani diet rendah kalori atau ingin mengontrol asupan karbohidrat. Kamu bisa menggunakan beras shirataki dalam hidangan seperti nasi goreng, salad, atau sup untuk variasi yang sehat dan rendah kalori.

Kesimpulan

Mulai dari biji-bijian hingga sereal, itulah 18 makanan pengganti nasi yang bisa kamu coba di rumah. Meskipun sudah mencoba untuk mengurangi konsumsi nasi, kamu juga harus tetap berolahraga agar tubuhmu berada dalam kondisi yang ideal.

Di FIT HUB, kamu bisa mengikuti beragam kelas olahraga rutin dengan instruktur yang berpengalaman. Ada pula personal trainer yang akan membantumu untuk mencapai tubuh yang ideal dengan berolahraga.

Yuk, daftar jadi member FIT HUB sekarang!