Ikuti 8 Cara Diet Sehat Alami untuk Menurunkan Berat Badan dengan Ampuh

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, saat ini sudah banyak sekali cara diet sehat dan alami yang bisa diikuti.

Bukan hanya memberikan manfaat penurunan berat badan, tapi cara diet yang sehat dan alami juga memberikan manfaat lain dengan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Hal yang paling sulit adalah menemukan cara diet yang paling cocok untuk kamu. Kamu harus menemukan diet yang cocok agar bisa menikmati prosesnya dan terbiasa. Jadi, diet tidak akan menjadi sesuatu yang sulit dilakukan dan kamu akan lebih konsisten.

Nah, berikut adalah beberapa jenis cara diet sehat dan alami yang bisa kamu ikuti sesuai dengan kebutuhan.

8 Cara Diet yang Sehat dan Alami

8 Cara Diet yang Sehat dan Alami - freepik.jpg

Mengutip dari Healthline, diet seharusnya dilakukan bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga sebagai cara untuk memperbaiki kebiasaan makan. Selain itu, harus berfokus pada kesehatan dan kebutuhan tubuh, serta meningkatkan gaya hidup sehat.

Walaupun banyak cara diet yang terkesan sulit, ada juga beberapa pilihan cara diet yang lebih berkelanjutan, sesuai, juga efektif untuk dilakukan.

Banyak yang menyebutkan bahwa diet alami sebenernya berfokus pada apa yang kamu makan, bagaimana pola makan, dan perubahan gaya hidup. Diet bukan hanya tentang mengurangi dan menghindari makanan saja.

Agar diet kamu tetap sehat, berikut adalah 10 cara diet yang sehat juga alami untuk kamu pertimbangkan:

1. Mediterranean Diet

Mediterranean diet sudah dikenal sebagai salah satu cara diet yang telah terbukti ampuh sehat dan alami. Diet ini bahkan dijadikan standar untuk pemenuhan nutrisi, pencegahan penyakit, dan kesehatan untuk jangka waktu yang lama.

Diet ini dilakukan berdasarkan kebiasaan makan orang-orang di Italia dan Yunani. Dalam mediterranean diet, kamu bisa mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, ikan, kacang-kacangan, dan olive oil.

Kamu bisa mengonsumsi telur dan olahan susu hanya dalam batas tertentu, selain itu daging merah juga dibatasi. Itulah mengapa saat memutuskan melakukan diet ini, kamu harus memastikan kebutuhan vitamin D dan kalsium tetap terpenuhi.

2. Diet Rendah Karbohidrat (Low-carb)

Low-carb diet atau diet rendah karbohidrat adalah salah satu cara diet yang paling populer untuk menurunkan berat badan secara sehat dan alami. Ada banyak tipe dari cara low-carb diet, seperti diet keto serta diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Pada diet rendah karbohidrat ini, kamu harus mengurangi konsumsi karbohidrat dan berfokus pada protein tinggi juga lemak sehat.

Diet rendah karbohidrat ini memberikan banyak manfaat salah satunya yang terpenting adalah mencegah faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

3. Plant-based atau Diet Flexitarian

Dikutip Forbes Health, jika kamu ingin memulai konsumsi makanan yang plant-based tapi tetap ingin memakan daging, diet flexitarian mungkin bisa jadi pilihan cocok.

Diet ini dikenal juga dengan semi-vegetarian atau plant-based diet. Cara diet flexitarian ini dinilai sehat dan alami karena fokus pada konsumsi buah, sayur, olahan susu, telur dan hanya merekomendasikan sedikit porsi daging dengan frekuensi yang rendah.

Selain mengurangi berat badan, diet ini juga bermanfaat untuk lebih memudahkan manajemen berat badan dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

4. Puasa Intermiten (Intermittent Fasting)

Intermittent fasting atau puasa intermiten adalah salah satu cara diet alami di mana kamu membuat jadwal makan dan berpuasa dalam satu hari.

Saat melakukan puasa intermiten ini, biasanya akan ada batasan kalori yang dikonsumsi selama jangka waktu tertentu, misalnya selama 8 jam.

Sampai saat ini intermittent fasting sudah dikenal sebagai cara diet yang alami juga sehat. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, intermittent fasting juga dinilai akan memberi manfaat kesehatan untuk tubuh dan otak.

Perlu diperhatikan bahwa cara diet ini efektif, asalkan kamu tidak makan berlebihan selama masa 'boleh makan' kamu berlangsung, itulah mengapa ada batasan kalori yang harus dipatuhi.

5. Makan dengan Wadah Lebih Kecil

Cara alami selanjutnya untuk menurunkan berat badan adalah dengan mulai mengganti wadah makan kamu dengan yang lebih kecil.

Penggunaan wadah atau tempat makan yang lebih besar akan membuat kamu cenderung meletakkan lebih banyak makanan di dalamnya, lho.

Pada wadah yang lebih besar, makanan kamu tentunya akan terlihat lebih sedikit, padahal jika dipindahkan ke wadah yang lebih kecil, bisa jadi sudah penuh atau banyak.

Itulah mengapa makan dengan wadah yang lebih kecil akan membantu kamu mengurangi porsi makanan dengan lebih natural.

6. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Salah satu cara diet alami yang juga sehat adalah dengan menambahkan protein atau fokus pada makanan tinggi protein untuk diet.

Protein yang kamu konsumsi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan juga ikut berkurang.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa konsumsi makanan protein tinggi untuk diet bisa mengurangi lebih dari 400 kalori per hari, lho.

7. Diet dengan Teh Hijau

Diet teh hijau adalah cara diet sehat dan alami yang mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang awam. Padahal, teh hijau dikenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan proses membakar lemak oleh tubuh dan ampuh untuk menurunkan berat badan.

Konsumsi teh hijau bisa meningkatkan pengeluaran energi kamu sampai dengan 4% dan membakar lemak selektif hingga mencapai 17%. Perlu diingat bahwa konsumsi teh hijau ini tanpa pemanis, ya!

8. Olahraga Kardio

Tidak ada diet yang lebih sehat dibandingkan diet yang juga diimbangi dengan olahraga teratur. Bukan hanya penurunan berat badan, kamu juga bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Untuk fokus penurunan berat badan sendiri, kamu bisa melakukan olahraga kardio seperti lari, jalan kaki, atau bersepeda. Kardio telah terbukti ampuh untuk membakar lemak, terutama lemak yang ada di perut.

Kesimpulan

Dalam menurunkan berat badan, penting untuk mengetahui cara diet seperti apa yang tepat sesuai dengan kemampuan serta tujuan yang ingin dicapai.

Cara diet yang sehat dan alami adalah dengan memperhatikan asupan makanan juga porsinya serta diimbangi dengan olahraga.

Sudah tahu diet apa yang cocok untuk kamu? Setelah tahu, jangan lupa untuk gabung member FIT HUB agar diet sehat kamu diimbangi dengan olahraga rutin dengan fasilitas dan akses kelas-kelas terbaik lainnya.

Yuk, daftar sekarang!