Cara Menaikkan Massa Otot dengan Efektif dan Cepat

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Banyak orang berpikir cara menaikkan massa otot itu hanya tentang datang ke gym dan angkat beban saja.

Ya, mungkin ada benarnya, tapi tidak 100% semuanya tentang latihan angkat beban. Masih ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan massa otot dengan cara yang lebih efektif.

Kamu juga memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Massa otot juga dipengaruhi oleh gaya hidup, loh.

Karena itu, kamu perlu memperhatikan setiap keputusan yang dijalani untuk mencapai body goals yang diharapkan.

Cara Menaikkan Massa Otot yang Efektif

Cara Menaikkan Massa Otot yang Efektif - freepik.jpg

Untuk membuatnya lebih efektif, kamu disarankan untuk melakukan semua langkah di bawah ini untuk menaikkan massa otot.

1. Mengonsumsi Protein

Protein jadi asupan paling penting untuk membentuk massa otot. Nutrisi ini jadi komponen yang dipakai oleh tubuh sebagai fondasi pembentukan otot.

Kamu bisa mendapatkan protein dari banyak jenis makanan. Sebut saja daging ayam, daging sapi, telur, dan kacang kedelai. Disarankan untuk mengonsumsi 1 gram protein untuk setiap 0,5 kg berat badan.

Baca Juga: 5 Latihan Otot Punggung yang Bisa Kamu Lakukan di Gym

2. Mencukupi Asupan Nutrisi

Masalah yang sering muncul dalam pembentukan massa otot adalah orang berhenti pada protein saja. Mereka lupa bahwa karbohidrat dan lemak juga dibutuhkan untuk pembentukan otot.

Biarpun begitu, cukupi asupannya. Disarankan hanya mengonsumsi sekitar 0,22—0,68 gram lemak untuk setiap 0,5 kg berat badan agar tubuh tetap memiliki tenaga.

3. Selalu Cukupi Cairan Tubuh

Air putih bisa bisa menjaga kamu dari konsumsi makanan berlebihan. Tanpa cairan yang cukup, perkembangan otot akan terhambat.

Karena itu, kamu perlu selalu mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya. Pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih saat bangun tidur, sebelum makan, setelah beraktivitas, dan sebelum tidur.

4. Kelola Stres Dengan Baik

Stres hanya akan mengganggu sistem kerja sel yang ada di seluruh tubuh. Belum lagi ada hormon yang akan muncul saat stres sehingga menghambat perkembangan massa otot.

Karena itu, pastikan kamu bisa mengelola stres dengan baik saat menjalani program pembentukan massa otot. Lakukan relaksasi saat dirasa level stres sudah meningkat.

5. Tidur yang Cukup

Membentuk massa otot memang perlu olahraga dan asupan nutrisi yang cukup. Namun, semua itu akan sia-sia kalau tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Pastikan kamu mendapatkan tidur sekitar 7—8 jam setiap malam. Saat tidur, tubuh akan melakukan perbaikan jaringan yang rusak akibat aktivitas.

Asupan protein yang tepat ditambah dengan tidur yang berkualitas merupakan cara terbaik untuk menaikkan massa otot.

6. Fokus Dengan Latihan Pengembangan Massa Otot

Meningkatkan massa otot bukan hanya datang ke gym dan mulai angkat beban. Kamu perlu tahu dulu bagian mana otot mana yang ingin dilatih.

Tentukan dulu jenis latihan yang tepat, jumlah repetisi yang akan dilakukan, serta bobot yang akan digunakan.

Lebih baiknya lagi jika massa otot yang dilatih bisa lebih seimbang antara bagian tubuh atas dan bawah.

Baca Juga: Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Biceps

7. Hindari Latihan yang Berlebihan

Massa otot yang membesar kadang jadi candu buat Sebagian orang. Hal ini yang membuat mereka lupa diri sehingga menambah porsi latihan yang lebih berat lagi.

Bukannya fitness goal yang didapat, tubuh kamu malah berisiko cedera. Cedera ini yang juga kerap menjadi penghalang pembentukan massa otot.

Karena itu, atur pola latihan yang tepat untuk membentuk massa otot. Supaya lebih terpola dengan baik, kamu bisa bergabung menjadi member FIT HUB sekarang.

Kamu bisa berlatih dengan personal trainer yang siap membantu kamu buat membentuk pola latihan pembentukan massa otot yang tepat.