Apa Itu Circuit Training? Ini Contoh dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Circuit training adalah salah satu inovasi jenis latihan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Tak heran, latihan ini dianggap cukup efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik sehingga diminati oleh banyak orang.

Dengan kombinasi yang unik dari latihan kekuatan, kardiovaskular, dan interval, circuit training menawarkan tantangan yang intens dan hasil memuaskan. Latihan ini juga bisa dilakukan dengan dan tanpa alat pendukung, sehingga lebih fleksibel.

Untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu circuit training, simak ulasan berikut ini, ya.

Apa Itu Circuit Training?

Dilansir dari Verywell Health, circuit training atau latihan sirkuit adalah jenis latihan yang melibatkan perputaran latihan. Dalam satu putaran sirkuit, kamu akan menjalani serangkaian latihan yang berbeda dengan istirahat yang sedikit atau tanpa istirahat sama sekali.

Konsep ini tidak hanya menantang secara fisik, tetapi juga menghadirkan variasi yang menyenangkan dalam rutinitas latihan. Dengan circuit training, kamu bisa menyelesaikan setiap rangkaian aktivitas dengan jumlah pengulangan atau waktu tertentu.

Dengan rangkaian latihan yang relatif cepat, seluruh sesi circuit training biasanya dapat diselesaikan hanya dalam 30–45 menit.

Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan di World Academy of Science. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa para subjek yang melakukan circuit training, berhasil meningkatkan kekuatan otot, kelincahan, dan daya tahan kardiovaskular mereka.

Manfaat Circuit Training

Manfaat Circuit Training - freepik.jpg

Dengan melakukan circuit training, kamu tak hanya mendapatkan manfaat untuk otot dan sistem kardiovaskular, tapi juga beberapa keuntungan berikut ini.

1. Membuat Olahraga Jadi Lebih Efisien

Jika waktu menjadi kendala untuk berolahraga di pagi hari, circuit training adalah pilihan yang tepat. Dengan melakukan olahraga ini, kamu dapat mengatur sesi latihan yang efisien dalam waktu singkat.

Tentunya, hal ini bisa menjadi terobosan baru dalam rutinitas olahraga kamu.

Circuit training juga memungkinkan peningkatan massa otot dengan mudah melalui latihan kekuatan seperti angkat beban. Ini berarti kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan latihan kekuatan yang lebih panjang dalam waktu yang lebih singkat.

Selain itu, fleksibilitas latihan sirkuit memungkinkan kamu untuk fokus pada tujuan tertentu. Jika ingin membakar lemak dan meningkatkan kondisi kardiovaskular, kamu dapat menyesuaikan sesi latihan untuk lebih menekankan pada kardio.

Begitu juga jika ingin fokus pada pengembangan otot tertentu di bagian tubuh atas atau bawah, tentunya kamu dapat mengatur latihan yang sesuai dengan tujuan tersebut.

Dengan demikian, circuit training adalah solusi yang efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, bahkan ketika waktu terbatas. Jadi, jangan biarkan kesibukan sehari-hari menghalangi kamu untuk tetap aktif dan sehat.

2. Bermanfaat untuk Pasien Penderita Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien penyakit jantung atau cardiovascular disease (CVD) aman untuk melakukan circuit training untuk kesehatan tubuh mereka.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Michael H. Kelemen dan dipublikasikan dalam jurnal The American College of Cardiology. Penelitian ini melibatkan 40 partisipan yang dibagi menjadi 2 kelompok dan berlangsung selama 3 bulan.

Hasilnya, dalam kedua kelompok tersebut, perubahan yang paling mencolok terlihat ketika menggunakan treadmill. Grup eksperimen menunjukkan peningkatan ketahanan yang signifikan, dengan peningkatan sebesar 12 persen.

Sementara itu, penelitian baru-baru ini juga menunjukkan temuan yang hampir serupa. Sebuah penelitian dalam jurnal Elsevier melaporkan bahwa circuit training dapat mendukung kesehatan pembuluh darah dan tekanan darah. Hal ini cocok bagi individu dengan masalah kardiovaskular.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Circuit training adalah metode latihan yang juga efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena melatih berbagai aspek fisik seperti kekuatan, kelincahan, dan kecepatan.

Jurnal dari International Scholarly and Scientific Research & Innovation menunjukkan bahwa program ini dapat meningkatkan VO2Max.

VO2Max sendiri merupakan ukuran kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen, serta meningkatkan kekuatan otot, kelincahan, dan daya tahan tubuh selama berolahraga.

4. Membantu Program Penurunan Berat Badan

Jurnal Kedokteran Diponegoro juga menyatakan bahwa program circuit training terbukti mampu mengurangi Indeks Massa Tubuh (IMT).

Dalam penelitian tersebut, 14 anak yang mengalami obesitas mengikuti program circuit training selama periode 6 minggu. Mereka melakukan latihan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Hasilnya, 7 anak mengalami penurunan IMT, 5 mengalami peningkatan, dan 2 tidak mengalami perubahan. Walau demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan karena tidak dapat memantau aktivitas subjek secara langsung.

Contoh Circuit Training

contoh Circuit Training - freepik.jpg

Kamu bisa memulai latihan circuit training dengan melatih tubuh bagian bawah terlebih dahulu. Lalu melanjutkan ke latihan tubuh bagian atas kemudian ke latihan inti.

Dalam hal ini, kamu dapat melanjutkan dengan latihan tubuh bagian bawah lainnya dan menyelesaikan circuit dengan gerakan tubuh bagian atas.

Biasanya, setiap latihan dilakukan dengan jumlah repetisi tertentu, misalnya 8 hingga 20 atau untuk jangka waktu tertentu, misalnya 30 hingga 60 detik.

Menurut National Academy of Sports Medicine, setelah kamu menyelesaikan lima latihan tersebut, kamu bisa beristirahat sejenak. Setelah istirahat sekitar 90 detik hingga dua menit, kamu bisa mengulangi seluruh rangkaian sebanyak tiga hingga lima putaran.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah paham kan bahwa circuit training memiliki potensi yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari circuit training, pastikan untuk merancang sesi latihan yang sesuai dengan tepat. Perhatikan tingkat kebugaranmu, sesuaikan intensitas, jumlah putaran, dan latihan sesuai dengan tujuan latihan.

Untuk itu, berlatih dengan personal trainer di gym seperti di FIT HUB lebih direkomendasikan. Ditunjang dengan fasilitas yang memadai, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Mau coba? Daftar jadi member FIT HUB di sini, yuk!