Apa Itu Diet Endomorph, Arti, dan Pengaruhnya untuk Turunkan Berat Badan

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Buat kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mengetahui tipe tubuh dan melakukan diet endomorph adalah salah satu solusi efektif agar diet kamu berhasil.

Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, mengetahui tipe tubuh endomorph bisa membantu untuk memilih latihan olahraga yang sesuai dan mengembangkan gaya hidup yang lebih sehat.

Lantas, apa itu endomorph dan bagaimana cara dietnya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Endomorph

Pengertian Endomorph - freepik.jpg

Dikutip Healthline, William Sheldon, seorang peneliti dan psikolog asal Amerika mengenalkan klasifikasi dan perbedaan tipe tubuh atau body types pada tahun 1940-an.

Dalam riset tersebut, ia menyimpulkan bahwa dari kerangka dan komposisi tubuh manusia, setiap individu memiliki tipe tubuh (body type) atau somatotype tertentu. Hal itu menentukan apakah kita termasuk yang memiliki tubuh lebih berat, lebih ramping, atau di antara keduanya.

Berdasarkan somatotype, terdapat tiga tipe tubuh manusia yaitu:

1. Ectomorph

Tubuh jenis ini memiliki karakteristik tinggi ramping juga sedikit lemak dan otot. Tipe tubuh ini biasanya memiliki kesulitan untuk menambah berat badan karena memiliki metabolisme tubuh yang tinggi.

2. Mesomorph

Tipe tubuh mesomorph berada di tengah-tengah antara ectomorph dan endomorph. Seseorang dengan tipe tubuh ini biasanya atletis, kuat, dan padat. Orang-orang dengan tipe tubuh mesomorph juga tidak sulit menurunkan berat badan.

3. Endomorph

Tipe tubuh endomorph adalah tipe tubuh yang memiliki banyak lemak tubuh atau fat dan sedikit otot. Walaupun secara fisik tipe tubuh ini akan terlihat besar dan berat, bukan berarti tipe tubuh endomorph sudah pasti memiliki obesitas.

Karena klasifikasi tipe tubuh inilah mengapa setiap individu yang ingin melakukan diet atau memiliki tujuan kebugaran tertentu perlu memiliki program diet dan latihannya masing-masing.

Mengenal Diet Endomorph

Melansir dari Medical News Today, diet endomorph adalah diet yang cocok dilakukan untuk orang-orang dengan tipe tubuh endomorph.

Banyak sumber yang menjelaskan terkait apa itu diet endomorph. Namun, secara general diet endomorph adalah bentuk diet di mana setiap porsi makanan mengandung protein, sayur-sayuran, dan lemak sehat.

Beberapa contoh jenis makanan yang tinggi protein atau memiliki lemak sehat dan bermanfaat untuk diet endomorph adalah sebagai berikut:

- daging ayam

- beberapa jenis ikan terutama fatty fish

- telur dan putih telur

- kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, dan kenari

- daging merah.

Tipe tubuh endomorph yang cenderung lebih besar dan berat membuat orang-orang dengan tipe tubuh ini harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi makanan dan memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh saat ingin diet.

Endomorph memiliki metabolisme yang lambat sehingga mudah menambah berat badan. Jika hanya berolahraga saja tanpa diet makanan dan gaya hidup ataupun sebaliknya, akan sulit bagi pemilik tipe tubuh endomorph untuk menurunkan berat badan.

Melalui diet endomorph, kamu bisa membuat rencana dan jadwal olahraga yang tepat serta mengatur konsumsi kalori per hari dan mempertahankan bentuk tubuh ideal juga meningkatkan kebugaran.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Diet Endomorph

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Diet Endomorph - freepik.jpg

Sebelum kamu melakukan diet endomorph, ada baiknya untuk memperhatikan tiga hal penting di bawah ini:

1. Pantangan Makanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis makanan protein tinggi dan lemak sehat yang bisa menjadi rekomendasi menu makanan selama diet endomorph.

Nah, selain makanan yang dikonsumsi kamu juga harus mengetahui jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat diet endomorph:

- makanan olahan atau instan

- kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang polong

- konsumsi gula dan garam

- susu serta produk olahannya

- oat, gandum, dan barley

- kentang

Kamu juga tidak perlu menghindari karbohidrat, hanya saja pilihlah karbohidrat kompleks dan hindari karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti, dan pasta.

2. Jenis Olahraga

Kesulitan menurunkan berat badan yang dialami oleh tipe tubuh endomorph menyebabkan sangat pentingnya olahraga dalam proses diet ini.

Karena metabolisme yang lebih lambat, tentu kamu harus tetap bergerak dan olahraga untuk memberikan dampak kesehatan lebih baik di tubuh kamu.

Tipe tubuh endomorph cenderung sulit untuk menghilangkan lemak tubuh hanya dengan mengubah pola makan dengan diet saja.

Jika kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan dengan diet endomorph, tentu latihan dan olahraga kardio serta latihan kekuatan akan membantu membakar kalori, membangun massa otot, serta bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Kamu harus fokus pada latihan yang kontinu sehingga membuat kamu bergerak. Lakukan olahraga selama 30-60 menit dengan intensitas 2-3 kali dalam seminggu.

Selain itu, jenis olahraga yang bisa kamu pilih juga melingkupi resistance training, latihan gabungan untuk melatih otot, serta latihan yang membangun massa otot.

3. Penyesuaian Pola Makan dan Olahraga

Nah, karena sekarang kamu sudah tau jenis makanan yang bisa dikonsumsi serta pantangan makanannya hingga olahraga yang dianjurkan, kamu perlu menyeimbangkan itu semua.

Melakukan diet endomorph berarti penyesuaian pola makan dan olahraga untuk menghilangkan kelebihan lemak tubuh yang memiliki kemungkinan membahayakan bagi kesehatan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam upaya menyeimbangkan pola makan dan olahraga ini adalah jangan langsung dilakukan dengan ekstrem.

Misalnya, kamu benar-benar menghilangkan karbohidrat dari porsi makananmu, jika begitu kamu akan mengalami fatigue atau mual dan pusing karena kehilangan energi.

Berfokuslah pada jenis makanan yang seimbang serta melakukan olahraga secara rutin agar mendapatkan hasil diet yang efektif dan sehat.

Kesimpulan

Endomorph adalah salah satu tipe tubuh somatotype yang berarti tipe tubuh yang cenderung besar dengan metabolisme rendah. Diet endomorph dilakukan oleh orang-orang dengan tipe tubuh ini untuk memaksimalkan hasilnya.

Seperti yang dijelaskan di atas, jika kamu memiliki tipe tubuh endomorph, perlu adanya keseimbangan antara pola makan dan olahraga.

Agar kamu bisa menjaga pola olahraga yang baik, kamu bisa gabung member FIT HUB dan dapatkan akses gym dengan fasilitas terbaik dan PT yang profesional.