Jangan Bingung, Ini 26 Pilihan Makanan Sehat yang Baik untuk Diet!

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Mencari jenis makanan yang bisa kamu konsumsi saat sedang diet memang sedikit tricky. Mengutip dari Real Simple, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan makanan yang sehat ketika kamu sedang diet.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah setiap makanan sehat biasanya sederhana, misalnya buah, sayur, dan biji-bijian. Yuk, simak 26 rekomendasi makanan diet di bawah ini!

26 Rekomendasi Makanan untuk Diet

26 Rekomendasi Makanan untuk Diet - freepik.jpg

1. Telur

Telur putih memiliki kandungan protein tinggi dengan kalori yang minim. Walaupun kuning telur sering kali dikatakan tidak sehat, jangan dilewatkan karena kuning telur mengandung vitamin B12 dan vitamin A yang baik untuk tubuh kamu.

2. Nasi Merah/Brown Rice

Dikutip Healthline, banyak populasi penduduk dunia memiliki makanan pokok nasi, termasuk Indonesia. Agar lebih sehat untuk diet, ganti nasi kamu dengan nasi merah karena nutrisi, serat, dan vitamin yang lebih tinggi.

3. Jagung

Selain mengenyangkan dan mudah diolah, jagung juga kaya akan karbohidrat dan protein yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga cocok untuk diet.

4. Oat

Oat memiliki kandungan nutrisi beta glucans, yaitu serat yang kuat. Glucans ini memberi banyak manfaat termasuk menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk bakteri di usus.

5. Quinoa

Quinoa adalah tanaman herbal yang terlihat seperti biji-bijian. Bahan ini memiliki protein lengkap dan mengandung sembilan asam amino esensial yang akan memberimu energi lebih lama.

6. Roti Gluten-free

Roti Gluten-free - freepik.jpg Kalau kamu penggemar roti dan sedang melakukan diet, roti gluten-free bisa jadi pilihan makanan untuk diet karena lebih sehat untuk tubuh. Jika ingin lebih sehat, kamu juga bisa membuatnya di rumah dengan resep yang banyak ada di internet.

7. Kentang

Kentang memiliki kandungan potasium dan mengandung hampir semua nutrisi yang kamu butuhkan saat sedang menjalankan diet termasuk vitamin C. Kentang juga sumber serat yang baik dan lebih padat sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

8. Ubi manis

Ubi manis kaya akan antioksidan, vitamin A, dan nutrisi penting lainnya. Kamu bisa mengonsumsi ubi manis sebagai makanan untuk diet dengan cara dipanggang dan dihaluskan.

9. Alpukat

Dalam porsi setengah cup, alpukat dapat memenuhi hampir 20% kebutuhan serat kamu. Alpukat juga mengandung lemak baik yang menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

10. Yogurt

Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dengan penambahan bakteri hidup. Efek dari konsumsi yogurt hampir sama seperti susu, namun manfaat lebihnya adalah tambahan bakteri probiotik sehingga baik untuk dikonsumsi.

11. Pisang

Melansir dari Detik, pisang juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk diet. Hal ini karena pisang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup juga serat serta vitamin.

12. Bayam

Bayam - freepik.jpg Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang mudah ditemukan di Indonesia. Sayuran ini juga bisa menjadi alternatif makanan sehat untuk diet karena tinggi antioksidan. Kamu bisa mencampurnya dengan bahan lain untuk membuat smoothies.

13. Dada Ayam

Bukan rahasia lagi kalau dada ayam adalah jenis makanan yang bagus untuk diet. Kandungan proteinnya yang lebih tinggi membuat dada ayam sering menjadi pilihan/alternatif makanan diet.

14. Tahu dan Tempe

Mau makanan sehat yang terjangkau? Tahu dan tempe bisa jadi pilihan. Selain enak, kedua makanan ini juga tinggi protein, mengandung banyak nutrisi, tinggi antioksidan dan bersifat anti bakteri. Namun, perlu diingat bagaimana kamu mengolahnya juga penting, ya!

15. Ikan Bakar

Hindari makanan yang digoreng, konsumsi ikan bakar juga bisa membuat menu diet kamu lebih enak dan bervariasi. Ikan yang dibakar memiliki lebih banyak kandungan lemak baik, lho.

16. Kacang-kacangan

Kalau kamu tipe yang suka cemilan, saat sedang diet, ganti cemilan kamu dengan kacang-kacangan. Almond dan kacang mede misalnya, selain sehat untuk jantung, keduanya juga tinggi antioksidan.

17. Jamur

Enak dan mengenyangkan, jamur ternyata bisa menjadi pengganti daging-dagingan yang biasanya kamu konsumsi. Pilihan yang baik untuk makanan diet.

18. Wortel

Wortel - freepik.jpg Wortel adalah sayuran yang pengolahannya bisa sangat beragam dan baik untuk diet. Wortel mengandung banyak nutrisi, serat, dan vitamin K yang baik untuk tubuh kamu.

19. Brokoli

Dibandingkan dengan sayur-sayuran lainnya, brokoli adalah sayur dengan kandungan protein yang tinggi. Selain protein, brokoli juga kaya akan nutrisi, serat, dan vitamin C serta vitamin K.

20. Chia Seeds

Pasti kamu sudah sering menemukan chia seeds sebagai bahan makanan untuk diet. Misalnya saja, puding chia seeds dengan buah-buahan. Selain mengenyangkan, chia seeds dinilai sebagai pilihan penuh nutrisi untuk kamu yang sedang diet.

21. Blueberry dan Strawberry

Buah-buahan jenis berries seperti blueberry dan strawberry memiliki banyak kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Dua buah ini bisa jadi pilihan cemilan sehat buat kamu saat sedang diet.

22. Sarden

Ikan sarden adalah salah satu dari jenis ikan tinggi protein. Selain protein, sarden juga mengandung vitamin D dan B12 serta kalsium dan omega 3, itulah mengapa sarden bisa jadi pilihan sehat untuk menu makanan diet kamu.

23. Kiwi

Buah-buahan selanjutnya yang bisa jadi pilihan makanan saat kamu diet adalah kiwi. Kandungan vitamin C dari kiwi bahkan lebih banyak dari jeruk, lho.

24. Udang

Udang - freepik.jpg Buatmu pecinta seafood, kamu bisa mengonsumsi udang sebagai alternatif makanan saat diet. Udang memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah namun protein yang tinggi sehingga cocok untuk yang sedang diet.

25. Kembang Kol

Cauliflower atau kembang kol adalah sayuran yang sedikit mirip brokoli dari segi bentuk dan tekstur. Jika kamu tidak suka brokoli, kembang kol bisa menjadi pengganti yang baik dengan manfaat yang sama besar.

26. Apel

Pilihan makanan untuk diet yang terakhir dalam daftar ini adalah buah apel. Rasanya yang enak dan kaya akan vitamin, membuat buah ini menjadi pilihan banyak orang. Kamu bisa mengganti cemilan dengan makan apel saat sedang diet agar tubuh tetap sehat.

Kesimpulan

Ada banyak sekali jenis makanan untuk diet yang bisa kamu konsumsi. Mulai dari makanan olahan, buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, hingga ikan, dan seafood. Hanya saja, untuk mendapatkan diet yang berhasil, perlu diimbangi juga dengan bergerak dan berolahraga.

Kamu masih bingung mau olahraga apa? Yuk, gabung member FIT HUB dan dapatkan fasilitas yang lengkap dengan PT yang membantumu untuk mengetahui kebutuhan olahragamu.